You are here
Home > Otomotif >

Sejarah Mercedes Benz Mewarnai Dunia Otomotif, Hingga Kini Masih Jaya

Sejarah Mercedes Benz Mewarnai Dunia Otomotif Hingga Kini Masih Jaya
Bagikan Artikel Ini

Sejarah Mercedes Benz memang cukup panjang bahkan telah menjadi nama besar dari industri otomotif dunia. Seperti yang kita ketahui, Mercedes Benz merupakan pabrikan mobil mewah asal Jerman yang telah hadir selama lebih dari satu abad.

Berbagai sejarah unik serta penting telah diukir oleh Mercedes sejak kelahirannya. Mulai dari soal nama, desain kendaraan, serta logo yang sangat ikonik.

Merek asal Jerman ini menjadi merek tertua di dunia dan masih bertahan hingga saat ini. Perusahaan berlogo bintang yang memiliki sebutan “Three Pointed Stars” ini memiliki sejarah yang cukup menarik untuk kita bahas.

Mengulik Sejarah Mercedes Benz

Asal usul sejarah dari Marsedes Benz sebenarnya bermula pada tahun 1886. Di mana Karl Benz telah mematenkan mobil dengan bahan bakar bensin pertama di dunia. Paten tersebut diberi nama dengan Benz Patent Motorwagen.

Kala itu, Karl Benz ditemani dengan Wilhelm Maybach serta Gottlieb Daimler mendirikan sebuah perusahaan. Pada awal mendirikan perusahaan, nama yang dipilih adalah DMG yakni Daimler Motoren Gesellschaft. Pada akhirnya DMG memperoleh pesanan dari pengusaha Jerman yang telah menetap di Paris bernama Emil Jellinek.

Kala itu, Emil meminta dengan khusus pada Wilhelm Maybach agar membuat mobil yang cepat, ringan, bahkan nyaman untuk dikendarai. Dari sinilah DMG dan pengusaha Emil Jellinek membangun fondasi untuk salah satu merek premium yang sangat populer dengan julukan Mercedes Benz.

Emil Jellinek adalah seorang penggemar mobil. Dia merupakan penyalur terbesar kendaraan Daimler kala itu serta telah mendaftarkan mobil-mobil tersebut pada ajang balap. Maka sejak itulah, seluruh kendaraan DMG diberi nama yang sama dengan putrinya, Mercedes.

Mobil pertama dengan sebutan nama itu adalah Mercedes 35 PS. Mobil ini langsung memenangkan hampir semua ajang adu cepat selama pekan balap Nice di tahun 1901. Kehadiran mobil ini tentunya langsung memukau masyarakat dengan desain baru yang sangat elegan.

Akhirnya, merek Mercedes pun secara cepat menjadi identik dengan inovasi bahkan kemewahan yang diusungnya di bidang otomotif. Mercedes 35PS tak hanya mencapai kesuksesan yang cukup spektakuler pada area balap, akan tetapi juga mobil modern pertama.

Dengan mengusung bentuk yang independen, mobil ini telah mengakhiri area jenis mobil kereta serta berhasil mengubah dunia mobilitas. Perjalanan Mercedes Benz pun terus bergulir dari masa ke masa. Beragam perubahan, mulai dari logo hingga desain mobil, turut mengawali perjalanan mereka mobil yang bermarkas di Stuttgart, Jerman tersebut.

Kode Mobil Mercedes Benz

Mengenai sejarah Mercedes Benz berlanjut pada kode yang dimiliki. Banyaknya line up yang diproduksi oleh merek ini membuat sebagian kalangan merasa kebingungan. Terutama untuk mengindentifikasi model antar seri A, C, S, dan  beberapa model lain yang dijual.

Penamaan dari mobil ini berlangsung hingga tahun 1994 degan menggunakan sistem alfanumerik. Angka ini menunjukkan adanya kapasitas mesin mobil apabila dikali 100 dengan diikuti huruf akan memberikan info mengenai tipe bodi serta mesin.

Ada beberapa mobil yang memang tak sesuai dengan penamaan alfanumerik tersebut. Akan tetapi, nomor ini diberikan hanya untuk menentukan posisi mobil dalam jajaran unit Mercedes Benz.

Setelah tahun 1994, mereka pun melakukan pembaharuan sistem dengan mengelompokkan kelas yang penamaannya hingga 3 huruf. Pada tahun 1998, Mercedes Benz menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat bernama Chrysler Corporation.

Jalinan kerja sama ini Asia, Chrysler menjalin kerjasama dengan beberapa produsen otomotif ternama seperti Hyundai, serta Mitsubishi. Dengan sejarah Mercedes Benz yang cukup panjang tersebut, nama besar ini masih terjaga hingga kini. Produsen otomotif sangat lekat dengan sebutan mobil mewah nan elegan ini, masih menjadi salah satu mobil premium di era modern saat ini.

Sejarah Mercedes Benz di Indonesia

Mercedes Benz juga memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sebelum resmi masuk ke Tanah Air ada 8 Oktober 1970, Mercedes Benz sudah lebih dulu hadir sekaligus menjadi kendaraan bermotor pertama di Indonesia.

Pada saat itu, Sultan Surakarta Pakoe Boewono X membeli Benz Vicotria Paeton langsung dari Eropa, tepatnya pada tahun 1894. Hal ini terjadi selang delapan tahun setela Carl Benz membangun mobil pertamanya Benz Patent-Motorwagen yang kala itu juga menjadi mobil pertama di dunia pada tahun 1886.

13 tahun berlalu, mobil Daimler datang ke Indonesia. Tepatnya pada tahun 1907. Kendaraan tersebut adalah Britze Daimler yang merupakan miliki Pakoe Boewono X. Selanjutnya pada 1934, Mercedes Benz Tipe 500 K yang hadir menggunakan supercharger masuk ke Tanah Air.

Lalu akhirnya pada tahun 1970, PT Stars Motors Indonesia yang merupakan hasil joint venture antara Daimler-Benz AG serta PT Gading Mas, resmi didirikan sebagai agen tunggal dari Daimler-Benz Indonesia.

Pada tahun 1973, PT German Motor Manufacturing memulai dalam memproduksi Mercedes Benz 200, 240 D serta 2680 dari seri Ol kendaraan W 115. Dalam hal ini, Mercedes Benz mulai beroperasi di pabrik perikatan lokal baru dengan lokasi Wanaheran, Bogor, Jawa Barat pada 1982.

Mercedes Benz terus secara lebih konsisten dalam menghadirkan berbagai jenis mobil berkualitas tinggi. Hingga akhirnya menjadi brand mobil mewah terlaris di Indonesia. Selain itu, pencitraan Mercedes Benz semakin diperkuat dengan hadirnya klub-klub Mercy di Indonesia yang berada di bawah naungan Mercedes Benz Club Indonesia.

Perubahan Logo Mercedez Benz

Seiring berjalannya waktu, logo dari Mercedez Benz pun juga mengalami perubahan. Pada 1900, DMG menambahkan simbol dagang yakni Three-pointed star atau bintang-sudut tiga yang melambangkan visi Gottlieb Daimler mengenai penggunaan mesin yang universal.

Pada 1913, bintang-sudut-tiga mulai dikombinasikan dengan cincin lebar bertuliskan “Mercedes”. Tulisan tersebut di ditambahkan dengan empat bintang kecil dalam lingkaran. Selanjutnya simbol ini menghiasi roda kemudi pada semua mobil Mercedes.

Lalu pada 1926 setelah DMG dan Benz & Cie bergabung, merek mobil dagang yang baru pun dibuat. Bintang-sudut-tiga tetaplah menonjol pada bagian tengah lalu nama Mercedes dipindah ke atas dari tepi lingkarannya dan tergantikan dengan nama Benz. Lalu lingkaran karangan bunga laurel Benz menggabungkan kedua nama tersebut. Dari sinilah, brand Mercedes Benz tercipta.

Sejarah Mercedes Benz lengkap, baik hadirnya di dunia pertama kali hingga sampai di Indonesia. Penggunaan nama “Mercedes Benz” terdaftar sebagai salah satu merek dagang dunia pada 7 Oktober 1927. Lalu logo sebagai merek dagang pada 28 Agustus 1928. Merek dagang inilah yang hingga kini melekat sangat erat di kalangan masyarakat.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top