You are here
Home > Olah Raga >

Manfaat Olahraga Senam Irama untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Olahraga Senam Irama untuk Kesehatan Tubuh Anda
Bagikan Artikel Ini

Anda yang gemar senam aerobik barangkali mengetahui apa yang dimaksud dengan senam irama. Tak jauh beda dengan aerobik, manfaat olahraga senam irama pun amat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Bila tubuh Anda selalu bugar, maka tak akan gampang terkena beragam macam penyakit. Di samping itu tubuh yang bugar akan menunjang kelancaran kegiatan harian Anda.

Apa itu senam irama? Senam irama merupakan jenis olahraga yang memakai lagu dalam setiap gerakannya. Pada mulanya gerakan pada senam irama dibuat dengan irama yang lambat dan dilakukan secara berkelompok atau massal. Sesudah mengalami perkembangan lantas semenjak tahun 1984 senam irama jadi salah satu cabang pertandingan tingkat internasional. Berikut ini beberapa manfaat olahraga senam irama bagi kesehatan tubuh.

Membakar Kalori dan Lemak

Bila ditanya apa alasan para wanita ikut senam aerobik dan senam irama? Dapat dipastikan nyaris seluruhnya akan menjawab supaya tubuh tetap langsing dan terlepas dari kegemukan.  Memang alasan ini benar lantaran dengan melakukan senam irama maka tubuh akan selalu dinamis. Gerakan tubuh itu bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak yang terkandung di dalam tubuh.

Memperkuat Otot

Di samping berguna untuk membakar kalori dan lemak, Anda pun akan memperoleh tulang yang lebih kuat dengan rutin melakukan senam irama. Seluruh bagian dari senam irama yakni pemanasan, inti dan pendinginan dapat menyebabkan otot jadi lebih kuat.

Bila Anda rutin mengikuti dan melakukan senam irama, maka otot akan lebih kuat dan lentur. Hal ini lantaran seluruh gerakan dalam senam irama memerlukan kekuatan dan kelenturan otot untuk mendapatkan gerakan yang bagus. Otot yang kuat menunjang Anda tidak gampang cedera saat melakukan kegiatan berat.

Meningkatkan Kerja Jantung

Gerakan dalam senam irama ini ada yang berirama lambat dan ada juga yang cepat. Gerakan yang dilakukan dalam senam irama secara tidak langsung akan menunjang jantung memompa darah. Saat Anda melakukan gerakan dengan ritme yang cukup cepat, maka kerja jantung pun akan naik.

Jantung Anda akan memompa darah lebih kencang demikian pula sebaliknya saat irama lambat kerja jantung pun menurun. Itu berarti senam irama bermanfaat untuk menstabilkan kerja jantung sehingga jadi lebih sehat.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Apakah Anda sempat terbayangkan bila senam irama dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan otak? Barangkali masih banyak yang belum mengetahui akan manfaat yang satu ini.

Dengan melakukan senam irama membuat hormon epinefrin akan berkurang sehingga Anda dapat terlepas dari stres. Bila Anda stres maka umumnya akan menyebabkan kemampuan berpikir jadi berkurang pula. Senam irama menjadikan hormon penyebab stres yakni epinefrin diubah menjadi norepinefrin, yaitu hormon anti depresi.

Menyehatkan dan Memperkuat Tulang

Manfaat olahraga senam irama yang paling akhir ialah untuk kesehatan tulang. Mempunyai tulang yang sehat sama utamanya dengan kesehatan yang lainnya. Senam irama berguna pula untuk membentuk tulang Anda jadi lebih kuat dan sehat. Di samping menguatkan otot Anda, gerakan dalam senam irama pun otomatis akan memperkuat tulang.

Gerakan-gerakan dalam senam irama kebanyakan mengikutsertakan nyaris seluruh anggota tubuh, khususnya tangan dan kaki. Dengan tulang yang kuat Anda akan lebih gampang melakukan kegiatan harian, khususnya yang kerap mengerjakan aktivitas fisik berat.

Itu dia 5 manfaat olahraga senam irama. Sesudah mengetahui apa saja manfaat olahraga senam irama bagi kebugaran dan kesehatan tubuh, apakah Anda berminat untuk mencobanya? Dengan beragam manfaat dari olahraga senam irama, Anda dapat menjaga kesehatan dengan lebih maksimal dan dapat berolahraga secara lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Top