You are here
Home > Politik >

Bursa Calon Menteri Jokowi, Sejumlah Tokoh Dinilai Tidak Meyakinkan

Bursa Calon Menteri Jokowi Sejumlah Tokoh Dinilai Tidak Meyakinkan bisnis.com
Bagikan Artikel Ini

Bursa calon menteri Jokowi menguat belakangan ini. Adanya wacana mengenai perombakan atau reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejumlah tokoh yang masuk bursa calon menteri untuk reshuffle dinilai tidak meyakinkan.

Menurut Direktur Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan bahwa rekam jejak calon menteri yang buruk. Tentunya akan mudah dituduh hanya sebagai politik akomodasi. Sedangkan untuk yang memiliki rekam jejaknya bagus, maka meminimalisir tuduhan politik akomodasi.

Penilaian Mengenai Bursa Calon Menteri Jokowi

Adanya reshuffle kabinet tidak bisa hanya digunakan sebagai balas jasa politik. Sehingga seseorang bisa untuk menjadi menteri. Pada periode kedua Jokowi ini dinilai sebagai pertaruhan dalam meninggalkan warisan.

Terlebih di tengah pandemi ini, pemerintah jangan sampai salah pilih menteri. Soal isu nama-nama yang sudah dikaitkannya akan menjadi menteri. Menurut Adi tidak ada sosok yang dinilai meyakinkan. Presiden Jokowi memerlukan sosok pemain baru yang segar dan cekatan.

Namun pihak Istana Kepresidenan sebelumnya angkat suara soal isu reshuffle kabinetnya. Istana memastikan Presiden Jokowi tidak melakukan perombakan kabinetnya besok.

Berikut Ini yang Diisukan Masuk Bursa Menteri Jokowi

Presiden Jokowi tentu memerlukan sosok baru yang cekatan. Terlebih saat ini yang masih menghadapi masa pandemi. Berikut ini sosok yang diisukan masuk bursa calon menteri Jokowi.

Abdullah Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas adalah seorang mantan bupati Banyuwangi. Saat ini yang diisukan masuk bursa menteri Jokowi. Figur Abdullah Azwar Anas sudah banyak dikenal sebagian masyarakatnya.  Terutama untuk wilayah Jawa Timur.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menjabat selama dua periode. Tentunya telah diakui kapasitas kepemimpinannya. Nama Abdullah Azwar Anas sudah sering masuk dalam pemberitaan. Baik dari nasional maupun regional.

Ia juga tercatat sempat masuk sebagai calon Gubernur Jawa Timur (Jatim). Selain itu, Presiden Jokowi juga pernah menyandingkan namanya. Saat itu satu dari empat calonnya sebagai kepala Badan Otorita ibu kota baru.

Isu terbaru, Abdullah Azwar Anas disebut masuk dalam bursa calon menteri Jokowi. Setelah adanya wacana Reshuffle Kabinet 2021 mencuat. Sebagai mantan Bupati Banyuwangi dua periode, berikut kekayaan dan profil Abdullah Azwar Anas.

Menjadi pejabat publik, Azwar Anas memiliki kewajibannya untuk melaporkan harta kekayaannya. Lapor kepada Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk laporan terakhirnya pada 31 Desember 2018.

Azwar Anas masuk dalam bursa calon menteri Jokowi, memiliki harta kekayaan dengan totalnya mencapai Rp 13.645.779.008. Harta tersebut terdiri atas 11 tanah yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, dua mobil, harta bergerak lain, surat berharga, kas, dan setara kas.

Azwar memiliki 11 tanah dengan totalnya mencapai Rp 4.486.875.000. Tanah tersebut tersebar di wilayah Banyuwangi dan Jakarta. Menurut LPKN yang dilaporkan, Azwar juga tercatat tidak memiliki hutang.

Abdullah Azwar Anas terlahir di Banyuwangi, 6 Agustus 1973. Pada masa kecilnya, Abdullah Azwar Anas yang besar dalam lingkungan agama kuat. Ia dikenal sebagai politisi. Orangtuanya bernama Muhammad Musayyidi dan Siti Aisyah. Memiliki pasangan Ipuk Fiestiandani dan seorang anak Ahmad Danial Azka.

Rapsel Ali

Rapsel Ali salah satu nama yang disebut masuk dalam bursa calon menteri Jokowi. Setelah adanya wacana Reshuffle Kabinet 2021. Mengenai Reshuffle Kabinet 2021 menjadi wacana hangat di publik saat ini. Nama Rapsel Ali pun mencuat menjadi salah satu sosoknya. Tentunya akan masuk dalam bursa menteri Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

Rapsel Ali yang lahir pada 6 Mei 1971. Ia merupakan anak dari tokoh masyarakat Sulawesi Selatan. Orang tuanya yang bernama H Muh Ali Gandong dan Hj Basdiaty. Muhammad Rapsel Ali diketahui sebagai anggota DPR RI fraksi Partai NasDem.

Rapsel yang merupakan pendatang baru dalam pemilu legislatif 2019. Namun telah sukses melenggang ke Senayan. Dengan perolehan suara sebanyak 43.382 dari Dapil Sulawesi Selatan I. Wilayah yang meliputi Makassar, Takalar, Gowa, Bantaeng, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar.

Suami dari Siti Nur Azizah ini masuk bursa calon menteri Jokowi,  seorang putra daerah Selayar. Perlu diketahui, Siti Nur Azizah merupakan putri dari Wakil Presiden Maruf Amin. Rapsel Ali juga memiliki karir sebagai pengusaha. Selain itu juga diketahui merupakan Ketua dari Mandala Racing Team Indonesia (MRTI).

Menteri yang Akan Direshuffle

Menurut Sekretaris Bidang Sosial dan Kebencanaan DPP PKB yang bernama Luqman Hakim. Sempat menyebutkan, menteri berinisial M akan di reshuffle dari kabinet. Dari sumber yang tidak boleh disebutkan namanya.

Apabila merujuk daftar menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju. Memang ada sejumlah menterinya yang berinisial M. Sejumlah menteri tersebut adalah Menko Polhukam Mahfud MD. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan namanya Muhadjir Effendy.

Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan yaitu Muhammad Lutfi. Selain itu juga Kepala Kantor Staf Presiden yaitu Moeldoko. Di antara keenam nama menteri tersebut. Muhammad Lutfi merupakan pendatang barunya Kabinet Indonesia Maju.

Penilaian Menurut Teuku Neta Firdaus

Sejumlah nama kini juga disebut-sebut akan masuk bursa calon menteri Jokowi. Direktur Eksekutif The Jokowi Center, Teuku Neta Firdaus memberikan dukungannya untuk Rapsel Ali. Untuk menjadi menteri investasi pada kabinet kerjanya Jokowi-Ma’ruf Amin.

Teuku Neta menyatakan, kader Partai NasDem tersebut layak dalam posisi Kabinet Kerja kedepannya.  Hal ini karena yang memiliki kapasitas dan integritasnya di dunia investasi.

Apabila Nasdem mengusulkan Rapsel Ali sebagai calon menterinya. Langkah tersebut dianggap sebagai langkah yang sangat tepat. Selama ini Nasdem memang tidak pernah salah dalam mencalonkan kadernya. Baik untuk kepala daerah maupun juga menterinya.

Seperti Ibu Siti Nurbaya yang sudah dua periode dalam kabinetnya Pak Jokowi. Memiliki kinerja yang baik, bersih dari korupsi, dan tidak ada yang aneh. Dengan hasil kerjanya yang sangat nyata.

Teuku Neta menilai dengan keberadaan Rapsel dalam jajaran kabinetnya. Tentunya akan mempertaruhkan segalanya. Sehingga akan mengembangkan misi dan visi Presiden Jokowi. Apalagi Rapsel yang berasal dari keluarga ulama. Diharapkan target amanah tersebut bisa ditunaikan secara tuntas.

Mengenai bursa calon menteri Jokowi menjadi wacana hangat di publik saat ini. Meskipun sejumlah tokohnya yang masuk bursa menteri dinilai tidak meyakinkan.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top