You are here
Home > Traveling >

Tips Travelling bagi Penyandang Disabilitas yang Aman dan Nyaman

Tips Travelling bagi Penyandang Disabilitas yang Aman dan Nyaman suara.com
Bagikan Artikel Ini

Travelling bagi penyandang disabilitas perlu perencanaan yang baik. Memilih dengan bepergian ke suatu tempat atau negara lain sebagai cara untuk refreshing. Memang perlu untuk sekedar bersantai dari segala rutinitas.

Namun, bagi penyandang disabilitas bisa menjadikan hal yang cukup menegangkan. Hal itu karena dapat menguji emosi, bahkan fisik. Meskipun begitu, pasti ada cara agar bisa melakukan travelling aman dan menyenangkan.

Tips Travelling bagi Penyandang Disabilitas

Apabila anda atau anggota keluarga penyandang disabilitas ingin melakukan travelling, maka perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini. Sehingga dapat melakukan travelling dengan nyaman. Selain itu, bagi penyandang disabilitas mendapatkan akomodasi yang sesuai.

Membuat Perencanaan yang Baik

Sebelum melakukan travelling perlu untuk membuat perencanaan yang baik. Hal itu sangat penting agar perjalanan anda lebih menyenangkan. Banyak orang melakukan travelling tanpa melakukan perencanaan aktivitas dengan benar. Sehingga perjalanannya menjadi tidak memuaskan.

Apabila anda berencana untuk melakukan liburan.  Dengan melakukan penelitian yang benar sebelum memesan dalam tujuan apapun. Memastikan bahwa tempat yang ingin dituju memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini bisa sangat bermanfaat tentunya. Perjalanan travelling bagi penyandang disabilitas akan semakin menyenangkan.

Melakukan Pemesanan Hotel

Apabila anda merencanakan perjalanan ke suatu tempat, pastikan terlebih dahulu untuk memesan hotel yang ramah disabilitas. Hotel-hotel tersebut biasanya menyediakan kursi dan peralatan yang dirancang khusus. Tentunya untuk para penyandang disabilitas.

Hal ini akan membuat liburan anda semakin menyenangkan. Melakukan beberapa hal seperti biasa bisa sangat menantang. Banyak hotel yang memiliki fasilitas orang dalam kondisi tertentu, dengan pelayanan yang luar biasa. Namun sebelumnya anda hanya perlu melakukan pencariannya melalui internet. Hal tersebut untuk bisa menemukan jenis hotel sesuai keinginan anda.

Ketahui Hak-Hak Anda

Anda tidak perlu panik dan harus tetap tenang. Dengan segala kesibukan yang ada di bandara. Hal itu karena pasti ada orang-orang yang membantu. Anda bisa menjumpai di beberapa tempat yang menyewakan jasa tersebut.

Selain itu, anda perlu menemukan agen perjalanan yang menawarkan jasanya. Jasa yang dapat membantu travelling bagi penyandang disabilitas. Bahkan apabila beruntung, anda bisa mendapatkan harga yang murah. Tentunya mendapatkan travelling yang telah disesuaikan dan memiliki akomodasi untuk penyandang disabilitas.

Bawalah Obat Ekstra

Saat anda pergi travelling tidak ada salahnya dengan membawa obat dengan dosis ekstra. Hal ini untuk memastikan bahwa saat bepergian tanpa rasa khawatir. Sebaiknya jangan sampai anda kehabisan obat. Sehingga tidak akan merepotkan orang lain.  Obat-obatan tersebut perlu untuk disimpan dengan benar, agar memastikan keamanannya.

Buat Catatan Dokter dan Informasi Kontak Saat Bepergian

Perlu memiliki catatan dokter berisi informasi penting. Mengenai suatu kondisi penyandang disabilitas akan membantu dokter, apabila terjadi sesuatu. Selain itu juga akan menghemat banyak waktu dalam tes. Hal itu apabila terjadi keadaan yang darurat.

Maka informasi kontak untuk dokter anda, juga dianggap penting. Untuk memungkinkan dokter lain mendapatkan informasi penting saat diperlukan.

Gunakan Penerbangan Langsung Tanpa Transit

Bagi penyandang disabilitas dianjurkan untuk tidak menggunakan penerbangan yang membutuhkan transit. Penerbangan seperti itu beresiko membuatnya kehilangan bagasi. Bahkan, bisa cedera saat masuk dan keluar dari pesawat.

Menggunakan penerbangan langsung akan mengurangi segala risiko. Selain itu menghemat banyak waktu dan energi. Penerbangan langsung memastikan agar tidak tersesat di bandara. Apabila sedang menunggu penerbangan lanjutan.

Dengan mengetahui tips travelling bagi penyandang disabilitas di atas. Sehingga bisa menjadikan travelling lebih nyaman dan menyenangkan.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top