You are here

Kolak Ubi Ungu, Makanan Khas Bulan Ramadhan yang Banyak Digemari

Kolak Ubi Ungu Makanan Khas Bulan Ramadhan yang Banyak Digemari
Bagikan Artikel Ini

Ada yang tahu apa makanan khas bulan puasa? Yap, pasti yang muncul pertama kali di benak anda pasti kolak. Biasanya kolak dihidangkan sebagai menu pembuka, dengan dilengkapi berbagai macam isi campuran. Salah satu usianya adalah ubi, bahkan kolak ubi ungu sangat digemari banyak orang.

Anda perlu mencoba kolak yang berbahan dasar ubi ungu, agar lebih merasa kenyang saat berbuka. Selain bisa dimakan langsung tanpa ditambah penyedap rasa, ubi juga mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Ubi sendiri mengandung karbohidrat dan serat yang melimpah. Di dalamnya juga, mengandung vitamin yang cukup baik untuk tubuh kita, seperti vitamin B3, B6, C, folat, kalium, dan magnesium.

Dengan adanya kandungan itu, ubi ungu dapat dipercaya untuk menurunkan berat badan hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Resep dan Cara Membuat Kolak Ubi Ungu

Selain kandungan manfaatnya yang baik untuk tubuh, ubi ungu juga dapat dijadikan hidangan yang enak dan lezat,  salah satunya adalah menjadi hidangan kolak. Anda bisa menambahkan buah lainya seperti pisang, singkong atau bahan lain sesuai selera.

Bagi anda yang ingin membuatnya dirumah, resep kolak yang berbahan dasar ubi ungu yang satu ini mungkin bisa membantu. Persiapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, kemudian ikuti petunjuk pembuatannya.

Resep dan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang harus disiapkan berupa:

  • 250 gram ubi ungu
  • 500 gram pisang
  • 500 gram singkong
  • 1300 ml santan encer
  • 200 ml santan kental

Tidak hanya itu anda juga harus menyiapkan:

  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok garam
  • 1 sendok vanili bubuk
  • 3 lembar daun pandan

Itulah, bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kolak ubi ungu. Anda juga bisa menambahkan berbagai bahan lain kesukaan.

Cara Membuat

Untuk cara membuatnya sendiri, juga cukup mudah, mari ikuti langkahnya.

  1. Pertama, anda bisa merebus singkong bersamaan dengan santan encer dan daun pandan hingga empuk. Di tahap ini anda juga bisa memasuka ubi ungunya sekalin.
  2. Setelah dirasa cukup matang, anda bisa memasukan santan yang lebih kental lalu aduk hingga merata. Jangan lupa untuk memasukan gula, vanili dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, anda bisa memasukan pisang, jangan lupa untuk mengaduknya terus hingga matang.
  4. Selesai, anda sekarang bisa menyanyikan kolak ubi ungu buatan anda sendiri.

Bagaimana cukup mudah bukan, mesti cara membuatnya sangat sederhana, tapi rasanya pasti sangat enak. Selain bisa dibuat kolak, ubi ungu juga bisa di buat bubur candil.

Ubi ungu juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi selain bisa menyantap kolak yang enak, anda juga bisa mendapatkan manfaat dobel.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Diantaranya, dapat menurunkan tekanan darah. Dapat menurunkan asam urat, ubi ungu dapat mengurangi kadar asam urat tinggi yang bisa menyebabkan encok.

Ubi ungu kaya akan antioksidan, didalam akar dan daun ubi inggi mengandung antosianin dan polifenol, yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Selanjutnya, mampu melindungi hati, faktanya efek dari ekstrak anthocyanin dapat membantu perlindungan pada hati.

Manfaat lain yakni mengatur gula darah, ekstrak yang terdapat dalam daun dan akar ubi ungu dapat mengurangi gula darah.

Jadi itulah resep dan manfaat yang diberikan ketika anda mengkonsumsi kolak ubi ungu. Selain memberi rasa kenyang, anda juga akan diberi manfaat ekstra. Semoga dengan ini puasa anda bisa terus lancar dan barokah.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top