You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Tomyam Lezat Gurih ala Dapur Sendiri

Resep Tomyam Lezat Gurih ala Dapur Sendiri
Bagikan Artikel Ini

Salah satu jajanan dari Thailand yang terkenal di Indonesia adalah tomyam. Sajian lezat ini mempunyai perpaduan cita rasa yang khas dan kuat antara rasa asam pedas dengan kuah gurih yang menyegarkan. Biasanya, resep tomyam mengandung beragam seafood seperti udang, cumi,  bakso ikan dan berbagai sayuran seperti sawi.

Umumnya akan diberi tambahan jamur selaku isian supaya terasa lebih lezat. Berikut 5 resep tomyam ala rumahan yang dapat Anda coba di rumah bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini.

Tomyam Seafood

Untuk membuat tomyam seafood, Anda harus menyediakan 3 jenis bahan yang terdiri atas bahan kuah, bahan isian, dan bahan bumbu halus. Bahan kuah dapat Anda buat dari garam, daun jeruk, kecap ikan, lengkuas, kaldu udang, jahe, serai dan santan kental. Sesudah menyediakan bahan kuah, Anda butuh menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah kering, cabai rawit merah, dan bawang merah.

Bahan isiannya dapat Anda buat menurut selera. Sebagai referensi, Anda dapat membuat isian tomyam dari perasan jeruk nipis. daun ketumbar, daun jeruk, serai, tomat, cabai rawit, jagung, jamur, cumi-cumi, dan udang yang telah dihilangkan kepalanya. Sesudah seluruh bahan siap, air kaldu udang dididihkan lantas semua bahan yang telah disiapkan dimasukkan kecuali santan, aduk sejenak dan biarkan hingga mendidih.

Matikanlah api lantas disaring, panaskanlah kembali kuah kaldunya kemudian tuangkan bumbu halus dan biarkan hingga mendidih. Sesudah mendidih, tuangkan santan lalu tunggu lagi sampai mendidih kembali dan masukkanlah bahan isian. Aduklah dan biarkan hingga mendidih kemudian daun ketumbar, tomat, dan perasan air jeruk nipis dimasukkan lantas periksa rasa. Bila rasa telah pas dan tomyam matang, api dimatikan lantas hidangkan bersama potongan daun bawang.

Sup Tahu Tomyam

Resep yang kedua yang dapat Anda coba ialah sup tahu tomyam. Untuk membuatnya Anda butuh menyediakan beberapa bahan penting yang terdiri dari air, serai, seledri, pasta tomyam, jeruk nipis, daun jeruk, cabai merah, dan tahu putih.

Pertama-tama, masukkanlah serai, daun jeruk, cabai, perasan jeruk nipis, seledri, pasta tomyam, dan air, lalu didihkan. Bila telah mendidih, masukkanlah tahu dan biarkan sampai matang. Gunakanlah api kecil supaya tidak gosong. Sesudah matang, matikanlah api dan sup tahu tomyam siap disajikan dengan nasi hangat.

Tomyam Ayam

Anda harus menyediakan bahan utamanya yang terdiri dari bakso ayam, jagung muda, kecap ikan, pasta tomyam, wortel, dan ayam. Untuk bumbunya, Anda perlu menyediakan beberapa bahan yang terdiri dari lada, cabai rawit, garam, bawang putih, daun jeruk, dan bawang merah.

Pertama sekali, bawang putih dan bawang merah ditumis sampai mengeluarkan bau yang harum. Setelah itu daun jeruk dan ayam dimasukkan lantas ditumis kembali sampai sedikit keluar air pada ayam. Kemudian masukkanlah bahan lain seperti lada, cabai, garam, bakso, air, minyak ikan, dan wortel. Tambahkanlah pasta tomyam lalu diaduk dan dibiarkan sampai airnya sedikit berkurang. Paling akhir, jagung muda dimasukkan dan masaklah sejenak, angkatlah bila telah matang.

Tomyam Ayam Jamur Enoki

Resep pamungkas yang dapat Anda buat ialah tomyam ayam jamur enoki. Sediakan penyedap rasa, air, tomat, kaldu jamur, garam, serai, enoki, kubis, cabai rawit, telur rebus, pasta tomyam, dan daging ayam.

Pertama-tama, rebuslah dulu ayam hingga mendidih lantas masukkanlah pasta tomyam yang sudah dipersiapkan.

Masukkanlah serai dalam kuah itu kemudian tambahkan dan penyedap rasa, cabai, kaldu jamur, dan garam. Terakhir, masukkanlah jamur enoki, telur rebus, dan kubis. Periksa rasa, lalu api dimatikan kemudian hidangkan tomyam.

Demikian 4 resep tomyam yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah. Makanan ini amat cocok dihidangkan dengan nasi hangat yang enak. Bagaimana, Anda tertarik mencoba resep tomyam yang lezat ini?

Leave a Reply

Top