You are here
Home > Berita Nasional >

Cara Mengolah Jagung Manis Menjadi Makanan Lezat

Cara Mengolah Jagung Manis Menjadi Makanan Lezat
Bagikan Artikel Ini

Umumnya olahan lezat apa yang Anda buat dengan bahan dasar jagung manis? Direbus, dibakar, ataukah dijadikan campuran dalam sebuah sup? Bagaimana caranya supaya pengolahannya tidak itu-itu melulu dan tak membosankan. Cobalah buat jagung manis jadi olahan yang tiak biasa, yang dapat dihidangkan untuk keluarga.

Nah, bagi Anda yang senang memasak atau hobi membuat cemilan sendiri, berikut 10 macam makanan berasal dari jagung manis yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah.

Jagung Serut Keju

Menyantap jagung rebus tampaknya telah biasa. Bila Anda bosan dengan olahan yang itu terus, cobalah membuat jagung serut dicampur susu dan keju. Cara membuatnya juga amat mudah. Jagung yang telah direbus cuma perlu diparut memakai pisau atau dapat dengan cara dipipil. Lalu campurkan jagung bersama parutan keju dan susu. Paduan rasa manis dari jagung dan susu ditambah gurihnya rasa keju parut membuat Anda ketagihan melahapnya.

Bolu Kukus Jagung

Selama ini bolu memang sering dijadikan sebagai cemilan juga buah tangan saat bertandang ke rumah sanak saudara. Bolu mempunyai beraneka ragam variasi yang lezat. Mulai dari ras pandan, cokelat, stroberi dan yang lainnya. Nah bila ingin membuat bolu yang agak berbeda, Anda dapat menambahkan jagung ke resep bolu kukus original yang akan Anda buat. Dijamin siapa pun akan suka menikmatinya. Untuk membuatnya tidak membutuhkan bahan yang rumit. Sama saja seperti membuat bolu biasa, cuma jagung mesti diparut lebih dulu sebelum diolah.

Salad Jagung dan Alpukat

Disamping menyehatkan, menu ini pun mudah sekali dibuatnya. Anda cuma perlu jagung yang telah dipipil dari batangnya dan buah alpukat yang sudah dipotong-potong dadu atau sesuai selera. Anda dapat mencampurkan madu ke dalamnya guna menambah rasa supaya lebih enak.

Bubur Jagung

Semua tentunya tahu bubur ayam, bukan? Tetapi, bila bubur jagung Anda telah tahu juga belum? Jagung tak cuma bisa dijadikan selaku nasi saja. Tetapi pula dapat diolah menjadi bubur yang tidak kalah nikmatnya dari bubur-bubur lainnya. Pilihlah jagung yang masih terlihat muda dan tidak perlu dihaluskan. Olahan lezat dengan bahan jagung ini amat pas dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari.

Pasta Jagung

Paduan lembut pasta dan gurihnya jagung jadi kombinasi yang tepat sekali. Cara membuatnya sama seperti pembuatan pasta kebanykan, cuma dibubuhkan jagung saja.

Lepet Jagung

Cara mengolah jagung selanjutnya adalah dengan membuat lepet. Umumnya lepet dibuat dari beras. Sekarang Anda mesti mencoba membuatnya pula, tetapi dengan bahan dasar jagung manis. Umumnya makanan ini dapat kita temui di pasar-pasar tradisional. Lepet jagung mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

Es Krim Jagung

Bila umumnya Anda menyantap es krim dengan rasa yang biasa, kini waktunya membelai lidah dan menghilangkan haus dengan es krim yang dibuat dari jagung manis. Terlebih, bahan-bahannya amat mudah didapat. Cuma gula, kuning telur, vanilla, heavy cream dan jagung manis telah siap mendinginkan tenggorokan Anda.

Puding Jagung

Umumnya puding mempunyai rasa vanilla dan cokelat. Tetapi, sekarang buatlah dengan variasi yang berbeda, puding dengan bahan jagung manis misalnya. Paduan rasa manis dan gurih dari puding jagung ini tepat sekali dijadikan sebagai sajian ketika berkumpul, baik dengan teman maupun keluarga.

Tumis Jagung

Untuk Anda yang tengah diet atau menjalankan gaya hidup sehat, menu yang satu ini dapat Anda coba. Supaya olahan jagung manis dapat lebih sehat, upayakan tak mengolahnya dengan minyak goreng terlampau banyak. Tetapi sebelumnya, jagung itu mesti direbus terlebih dahulu hingga setengah matang.

Kue Jagung dengan Madu

Penganan bernama kue jagung tergolong ke dalam makanan tradisional yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Untuk alternatifnya, Anda dapat membubuhkan keju yang dilumurkan di atasnya.

Sebelum mengolah jagung jadi makanan lezat seperti yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya Anda mengetahui cara memilih jagung yang bagus untuk diolah. Yaitu yang masih segar, jagung yang masih segar atau tidak, dapat dilihat menurut rambutnya. Bila warnanya cokelat dan terasa lengket, artinya jagung itu masih segar. Jauhi jagung dengan rambut yang telah kering dan warnamya cenderung hitam.

Leave a Reply

Top