You are here
Home > Otomotif >

5 Merek Mobil Listrik yang Beredar di Indonesia Siap Merajai Pasar

Salah satu yang menjadi perhatian adalah segmen mobil ramah lingkungan atau lebih familiar, yaiut mobil listrik yang beredar di Indonesia.

Industri otomotif di Indonesia tampaknya tengah dikuasai oleh mobil listrik. Walaupun sedang dalam masa pandemi covid-19, tampaknya itu tak menghalangi industri otomotif untuk memproduksi serta melakukan impor terhadap kendaraan listrik yang tengah menjadi idola masyarakat.

Beberapa produsen bahkan berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi-inovasi baru terhadap perkembangan mobil listrik.  Salah satu yang menjadi perhatian adalah segmen mobil ramah lingkungan atau lebih familiar disebut dengan mobil listrik. Hingga saat ini telah banyak mobil listrik yang beredar di Indonesia.

Dari beberapa mobil listrik tersebut, tampaknya teknologi Hybrid sedang menjadi andalan perusahaan otomotif. Tak kalah ketinggalan ada pula mobil listrik yang ditenagai dengan full electric atau lebih dikenal dengan mobil listrik dengan energi listrik secara utuh.

Di Indonesia sendiri ada beberapa mobil listrik yang beredar di Indonesia, beberapa diantaranya mungkin telah familiar di telinga masyarakat.

1. Mobil Listrik Corolla Cross Hybrid

Perusahaan otomotif Toyota, meluncurkan Corolla Cross Hybrid sebagai varian mobil listrik nya. Mobil listrik yang diluncurkan pada 6 Agustus 2020 lalu ini cukup menyita perhatian. Hadir dengan dua varian yang memiliki transmisi continuously variable transmission (CVT).

 Kedua varian tersebut adalah Corolla Versi Gasoline dan Cross HEV. Meski diluncurkan pada agustus tahun lalu, setidaknya hingga saat ini konsumen masih berminat dengan produk Toyota yang satu ini. Untuk harganya sendiri, mobil bertipe SUV ini dibanderol dengan harga Rp 498 juta untuk versi listrik dan Rp 457 untuk versi bensin.

2. Kicks e-Power

Produk milik Nisan ini juga menjadi salah satu mobil listrik yang termasuk dalam kategori mobil hybrid. Mesin yang dihadirkan dalam body nissan Kicks ini mengusung mesin dengan tenaga 1200 cc dan ditopang motor listrik bertenaga 126 Tk.

Nissan kicks sendiri dikatakan sebagai mobil listrik yang cukup efisien. Hal tersebut terlihat dari cara pengisian dayanya yang terbilang lebih sederhana. Untuk harganya , konsumen dapat membawa pulang Nissan Kicks dengan merogoh kocek sebesar Rp 449 juta.

Kisaran harga tersebut telah sesuai dengan harga standar yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

3. DFSK Glory

Glory E3 memang terdengar cukup asing di telinga masyarakat. Mobil listrik ini merupakan produksi dari PT Sokonindo automobile (DFSK Motors) yang telah memproduksi mobil listrik dengan kapasitas baterai yang hemat.

Penggunaan nya sendiri diklaim sangat hemat, terlebih untuk mengisi daya baterai hanya diperlukan 66 kWh. Itu artinya jika membeli token listrik sebesar Rp100 ribu, maka sudah dapat mengisi daya baterai hingga penuh bahkan ada sisa yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya

4. Nissan Leaf

Nissan tampaknya mulai serius terhadap pasar mobil listrik. Sebelumnya Nissan juga mengeluarkan mobil listrik hybrid, kali pabrikan asal Jepang ini menghadirkan Nissan Leaf sebagai salah satu produknya yang memakai bahan bakar full elektrik.

Rencananya, Nissan juga akan membawa produk mobil listrik lainnya ke Indonesia sebagai pelengkap pasar mobil listrik.

5. Tesla Model 3

Siapa yang tak kenal dengan Tesla, produsen otomotif ini kerap memunculkan berbagai inovasi dalam produknya. Beberapa produk Tesla juga telah banyak yang beredar di Indonesia. Sementara itu, produk yang paling banyak diminati oleh konsumen mobil listrik di Indonesia adalah Tesla Model 3.

Hadir dalam 3 varian membuat Tesla Model 3 cukup menyita banyak atensi dari kalangan masyarakat. 3 varian tersebut adalah, Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Untuk harganya sendiri, Tesla mematok di kisaran yang sama dengan Ferrari ataupun Lambo. Konsumen juga dapat memilih spesifikasi yang akan digunakan. Sebagai mobil listrik yang beredar di Indonesia, Tesla meyakini bahwa produknya akan sukses besar.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top