You are here

Korea Utara menembakkan rudal ke laut saat kapal induk AS tiba dipantai timurnya

Korea Utara menembakkan rudal ke laut saat kapal induk AS tiba dipantai timurnya
Bagikan Artikel Ini

Korea Utara telah menembakkan rudal ke laut di lepas pantai timurnya tak lama setelah sebuah kapal induk Amerika Serikat tiba di wilayah tersebut.

Reuters melaporkan pada hari Sabtu bahwa rudal balistik yang tidak ditentukan ditembakkan ke Laut Jepang oleh Korea Utara tetapi rincian lebih lanjut tentang lintasan rudal tidak diketahui.

Peluncuran itu dilakukan saat kapal induk AS tiba di Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam latihan gabungan dengan pasukan Korea Selatan, dan beberapa hari sebelum kunjungan yang direncanakan minggu depan oleh Wakil Presiden Kamala Harris.

Korea Utara telah menguji lebih dari 30 rudal balistik sepanjang tahun ini, termasuk peluncuran pertama rudal balistik antarbenua sejak 2017. Komando Pasifik mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Meskipun kami telah menilai bahwa peristiwa ini tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap personel atau wilayah AS, atau sekutu kami, peluncuran rudal tersebut menyoroti dampak destabilisasi dari program rudal balistik dan WMD yang melanggar hukum DPRK. Republik Korea dan Jepang tetap ketat.”

USS Ronald Reagan dan kapal-kapal dari kelompok penyerang yang menyertainya tiba di sebuah pangkalan angkatan laut di kota Busan sebelum latihan bersama dengan militer Korea Selatan pada hari Jumat.

Komandan kelompok penyerang Laksamana Muda Michael Donnelly mengatakan kepada wartawan di kapal bahwa kunjungan itu dimaksudkan untuk membangun hubungan sekutu dan meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut.

Ketika ditanya tentang mengirim pesan ke Korea Utara, Donnelly berkata,

“Kami meninggalkan pesan kepada diplomat.” Dia menambahkan bahwa latihan bersama akan memastikan sekutu dapat menanggapi semua ancaman.

Wakil Presiden Harris akan mengunjungi kawasan itu minggu depan untuk bertemu dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan dalam perjalanan yang akan fokus pada keamanan Taiwan.

Leave a Reply

Top