You are here
Home > Berita Nasional >

Kenali Secara Mendalam Apa Itu Skizotipal

Kenali Secara Mendalam Apa Itu Skizotipal
Bagikan Artikel Ini

Tidak sedikit masyarakat umum yang masih kurang mengetahui mengenai apa itu skizotipal. Padahal  gangguan ini bisa saja terjadi pada orang-orang di sekitar kita. Karena tidak mengenalinya secara baik, maka akan dikira biasa-biasa saja. Oleh sebab itu, amat penting guna mengetahui dan memahami hal ini dengan lebih baik. Terutama berbagai gejala umum yang sering terjadi. Pasalnya ciri-ciri dari gangguan kepribadian ini kerapkali terlupakan sehingga akan terus berkepanjangan.

Apa Itu Skizotipal?

Gangguan kepribadian ini bisa membuat pengidapnya mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Walau cuma sebatas sahabat atau teman. Hal itu lantaran kepribadian yang menentukan cara pandang terhadap orang lain telah terganggu.

Jadi kerapkali berpikiran yang tak seharusnya sehingga takut untuk terlampau dekat dengan orang lain. Cara berpikir pengidap inipun kadang-kadang agak aneh dan berbeda dari umumnya.

Pengidap gangguan kepribadian ini amat percaya dengan takhayul dan berbagai hal mistis. Setiap peristiwa yang menurut orang lain dibilang wajar, pengidap itu memandang tidak wajar. Di samping itu pun akan selalu dihubungkan dengan beberapa mitos tertentu.

Bila dibiarkan terjadi secara kontinue maka akan amat menyiksa dan kian sulit untuk keluar dari pemikiran itu. Faktor kekerasan di waktu kecil kemungkinan dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Gejala-gejala Skizotipal yang Umum Terjadi

Tiap-tiap orang perlu mengenali gejala gangguan kepribadian ini. Tujuannya untuk mengantisipasi timbulnya gangguan secara berkepanjangan pada orang lain ataupun diri sendiri.

1. Mempunyai Kepercayaan Kuat Pada Hal Magis

Hal mistis atau magis memang benar ada. Tetapi bila semuanya dihubungkan dengannya, maka perlu dipersoalkan. Ada kemungkinan orang itu mengalami gangguan kepribadian.

2. Tidak Nyaman pada Situasi Sosial

Pengidap gangguan kepribadian ini sulit ada di tempat yang ramai atau banyak orang. Dirinya seolah-olah merasa terancam dengan kehadiran orang lain itu. Jadi, tak aneh bila pengidap gangguan ini lebih senang menyendiri.

3. Memiliki Sedikit Teman

Ketidaknyamanan terhadap situasi sosial menyebabkan penderita gangguan kepribadian ini akan sulit mendapatkan teman. Bila pengidapnya berusia remaja, maka akan lebih senang dengan aktivitas seorang diri.

Pengidap ini cenderung cuma dekat dengan keluarga yang tinggal seatap dengannya saja. Agak berbeda dengan anak-anak yang condong mengalami kesulitan belajar di sekolah.

Hal ini dapat bertambah parah bila ada teman-temannya kerap mem-bully sebab lebih senang menyendiri dan tak mau berinteraksi. Bukan mustahil keadaan seperti ini akan tetap berlanjut sampai dia dewasa.

4. Cara Bicaranya Aneh

Gejala yang lain dari gangguan ini ialah kerap berbicara aneh. Baik perkataannya tidak jelas, melantur, atau memakai pola yang ganjil. Kadang-kadang ia pun kerap mengoceh di luar topik pembicaraan.

5. Cara Berpakaian yang Aneh

Nyatanya bukan cuma pada gaya bicaranya saja yang tidak biasa. Pengidap kepribadian ini pun mempunyai gaya berpakaian yang cenderung tidak biasa dan aneh. Misalnya mengenakan baju sembarangan atau tidak klop antara bagian atas dan bawahnya.

Bila menemui orang dengan penampilan seperti itu, kemungkinan menderita gangguan kepribadian. Tetapi tak semua dengan penampilan sembarangan dapat diklaim mengalami gangguan. Jadi tetap mesti melihat gejala yang lainnya sebelum menentukan kesimpulan.

6. Sering Curiga pada Orang Lain

Kekhawatiran tingkat tinggi pada pengidap gangguan ini menjadikannya susah percaya terhadap orang lain. Dengan demikian kecurigaannya lebih besar sehingga susah menjalin hubungan.

Tak terlampau percaya pada orang lain memang hal yang wajar guna mengantisipasi timbulnya pengkhianatan. Tetapi, bila tak percaya dan sikap curiganya melampaui batas normal dan tak pada orang seharusnya. Kemungkinan orang itu mengalami gangguan kepribadian skizotipal.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu skizotipal. Skizotipal adalah gangguan kepribadian yang menyebabkan penderitanya sulit berhubungan dengan orang lain dan mempunyai kepercayaan kuat pada hal magis. Bila Anda atau orang sekitar Anda menderita kondisi ini, maka uapaya terbaik yang dapat diambil ialah berkonsultasi dengan psikiater atau dokter.

Leave a Reply

Top