You are here
Home > Ekonomi >

Jenis Sistem Ekonomi Beserta Pengertiannya Simak di Sini

Jenis Sistem Ekonomi
Bagikan Artikel Ini

Jenis sistem ekonomi terbagi menjadi beberapa macam. Di dalam setiap negara, tentunya mempunyai sistem ekonomi yang berbeda-beda.

Diberlakukannya sistem ekonomi berfungsi untuk menjalankan roda perekonomian di suatu negara tersebut. Dengan begitu, semua kebijakan dan keputusan yang diambil pemerintah merupakan wujud dari sistem ekonomi yang dianutnya.

Jenis Sistem Ekonomi
intelligenteconomist.com

Jenis-Jenis Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan semua tata cara, aturan dan kebiasaan umum yang berlaku dalam masyarakat. Aturan tersebut bisa diterima dan mengatur serta mengkoordinasikan tindakan masyarakat meliputi produsen, konsumen, pemerintah, bank dan pelaku perekonomian yang lain.

Dengan adanya acuan sistem ekonomi yang berlaku, harapannya, ekonomi dapat berjalan dengan teratur, dinamis, dan jauh dari segala kekacauan. Utamanya adalah untuk mengambil keputusan yang tepat oleh pemerintah. Di bawah ini adalah macam-macam sistem ekonomi.

Tradisional

Sistem ekonomi Tradisional merupakan sistem ekonomi yang yang masih mempunyai keterkaitan dengan tradisi dan adat istiadat. Umumnya negara yang menerapkan sistem ekonomi ini adalah negara yang masih erat ketergantungannya dengan sektor pertanian.

Di sistem ekonomi tradisional ini memiliki produktivitas yang masih rendah pula. Kebanyakan masyarakatnya belum mempunyai hasrat untuk memperkaya hartanya. Artinya mereka bekerja hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Namun, terlepas dari terjaganya sumber daya alam di negara bersistem ekonomi Tradisional ini, mereka akan menjadi negara yang susah berkembang. Karena penolakan dari masyarakat yang masih memegang kuat adat itu sendiri.

Sistem Ekonomi Pasar (Bebas/Liberal)

Merupakan sistem ekonomi yang mana semua aktivitas ekonomi diserahkan langsung pada mekanisme pasar baik itu produksi, distribusi, maupun konsumsi. Ciri khas dari sistem ekonomi ini adalah perorangan bebas mengklaim barang, sekalipun barang modal.

Dengan kata lain sistem ekonomi pasar merupakan sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi. Mulai dari kepemilikan barang, penggunaan barang, hingga persaingan pasar terselenggara secara bebas.

Jenis sistem ekonomi ini bergantung pada ideologi kapitalisme dan liberalisme. Umumnya, digunakan pada negara blok barat seperti Amerika Serikat, Jerman, atau Belanda.

Sistem Ekonomi Terpusat

Merupakan sistem ekonomi yang mendominasi pemerintah sebagai pemimpin dalam mengontrol aktivitas ekonomi.

Ciri utamanya adalah semua sumber daya dan alat di bawah penguasaan pemerintah, sehingga tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi. Tidak ada kebebasan individu atau kelompok, hanya pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk mengatur.

Menerapkan sistem ekonomi terpusat ini, kerap merugikan masyarakat lantaran tidak ada kebebasan dalam memilih sumber daya dalam roda perekonomian.

Campuran

Sistem ekonomi campuran merupakan sistem ekonomi perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dan pasar. Dalam hal ini, pemerintah berkolaborasi dengan swasta dalam merampungkan masalah ekonomi.

Ciri utamanya adalah barang modal yang vital di bawah penguasaan pemerintah, namun perannya berimbang dengan swasta. Jenis sistem ekonomi ini dapat meminimalisir sistem ekonomi pasar dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top