You are here
Home > Olah Raga >

Dampak Olahraga Berlebihan yang Membahayakan Tubuh

Dampak Olahraga Berlebihan yang Membahayakan Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Olahraga biasa dikenal sebagai bagian dalam menjalani gaya hidup sehat, termasuk menghindari berbagai risiko penyakit. Tetapi jika Anda melakukan olahraga berlebihan dan sembarangan justru membahayakan tubuh. Pada informasi kali ini akan membahas tentang dampak olahraga berlebihan. Simak untuk memperoleh informasi secara detail.

Dampak Olahraga Berlebihan Membahayakan Tubuh

Biasanya orang yang berolahraga secara berlebihan memiliki tujuan supaya target tercapai. Tanpa disadari hal itu justru membahayakan tubuh, berikut dampaknya.

Sulit Tidur

Olahraga yang dilakukan melebihi batas normal bisa mengakibatkan Anda susah tidur atau insomnia. Karena berolahraga terlalu banyak membuat tubuh stress dan memproduksi kortisol berlebih.

Mudah Marah

Olahraga berlebih bisa membuat Anda lebih mudah marah dan uring-uringan.

Stress

Overthinking bisa mengakibatkan hormon stress dan kadar kortisol pada tubuh meningkat. Karena itu olahraga berlebihan sangat berbahaya dan tidak boleh disepelekan.

Nyeri Otot

Berolahraga secara berlebihan menyebabkan otot pada tubuh kesakitan, sendi tulang dan beberapa anggota juga merasa nyeri. Pastikan beri waktu untuk tubuh Anda beristirahat supaya bisa pulih kembali.

Kelelahan

Olahraga dengan berlebihan membuat tenaga habis dan tubuh terasa lemas. Jika Anda tetap melanjutkan berolahraga akan membebani tubuh dan bisa mengalami sindrom kelelahan kronis.

Sakit Punggung

Jika Anda melakukan olahraga yang melibatkan otot punggung akan memberi tekanan yang besar pada tulang punggung sehingga menyebabkan sakit punggung.

Kegiatan yang Harus Dilakukan Saat Olahraga Berlebihan

Jeda sejenak adalah cara paling tepat saat Anda sudah merasakan jika olahraga mengganggu kesehatan. Olahraga yang berlebihan memang tak dianjurkan dan bisa memperburuk kondisi tubuh. Berikut ini ini beberapa hal yang bisa menjadi panduan.

Cukupi Konsumsi Makanan dan Air Putih

Konsumsilah air mineral dengan cukup dan makanan yang bernutrisi. Jangan lupa untuk menghindari konsumsi makanan kurang sehat.

Mengganti Jenis Olahraga

Coba lakukan olahraga lain seperti yoga, senam untuk memulihkan kondisi energi tubuh, pikiran dan fisik, jika Anda bosan dengan olahraga yang dilakukan secara rutin. Selain itu Anda bisa melakukan olahraga bersama teman karena bisa menjadi solusi untuk menikmati olahraga.

Berhenti Berolahraga Sejenak

Sarankan untuk Anda berhenti berolahraga setidaknya 1 sampai 2 minggu. Supaya tubuh Anda menjadi lebih segar bugar dan siap untuk berolahraga kembali.

Cukupi Waktu Istirahat

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup, berikan jeda waktu untuk istirahat jika ingin melakukan olahraga kembali. Jika Anda berolahraga setiap minggu meluangkan waktu untuk beristirahat tanpa olahraga. Hal ini bertujuan agar tubuh kembali pulih dan berenergi.

Kurangi Frekuensi Olahraga

Coba kurangi frekuensi olahraga Anda yang awalnya setiap hari menjadi dua sampai tiga kali seminggu. Hal yang perlu diingat adalah menghindari olahraga saat cuaca sedang panas Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan heat stroke.

Itulah dampak olahraga berlebihan yang membahayakan tubuh. Ada baiknya Anda berolahraga dengan secukupnya. Semoga bermanfaat!

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top