You are here
Home > Berita Nasional >

Inilah Alasan Larangan Susu Kental Manis Diseduh

inilah alasan larangan susu kental manis diseduh
Bagikan Artikel Ini

Larangan susu kental manis diseduh ternyata sudah dianjurkan oleh BPOM sejak lama. Karena susu kental manis tidak memiliki kandungan gizi. Bahkan justru sebaliknya, susu ini bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Ada salah satu anggota BPOM yang mengatakan, “Tipikal dari Susu kental manis ini adalah susu yang mengandung gula berlebihan, dan memang tidak dianjurkan untuk anak-anak usia di bawah 1 tahun”.

BPOM menyarankan agar menggunakan SKM hanya untuk topping atau sebagai bahan pelengkap makanan saja.

Beberapa Alasan yang Harus Anda Ketahui Larangan Susu Kental Manis Diseduh

Ada beberapa alasan mengapa susu kental manis tidak boleh diseduh. Sebenarnya mengkonsumsi susu kental manis dengan cara diseduh sudah menjadi kebiasaan pada umumnya masyarakat. Karena selain mudah dibuat susu ini juga enak untuk dijadikan minuman. Inilah beberapa alasan susu kental manis tidak boleh diseduh.

Tidak Memiliki Kandungan Nutrisi

Ada beberapa dokter yang menjelaskan bahwa susu ini sudah muncul sejak saat masa kolonial. Pada saat itu banyak orang yang mencari dan berusaha menemukan sebuah makanan yang tidak mudah kadaluarsa.

Nah, pada saat itu seseorang menemukan cara pengolahan susu agar tidak mudah kadaluarsa dengan cara berbagai proses. Kemudian susu sapi ini dikentalkan dengan berbagai proses serta ditambahkan gula. Hal ini menyebabkan susu sapi mengalami penurunan nutrisi.

Kandungan Gula Tinggi

Dalam proses pembuatan susu kental manis ini memerlukan gula, guna untuk membuatnya lebih kental dan lengket. Sehingga susu ini dapat mengakibatkan gangguan pada mulut dan gigi. Beberapa ahli mengatakan bahwa gula yang menempel di gigi dapat berubah menjadi asam dan merusak gigi. Karena zat asam dapat mengikis lapisan enamel pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Seperti itulah alasan larangan susu kental manis diseduh

Tidak Cocok untuk Anak-Anak

Terkadang beberapa orang tua ingin memenuhi kebutuhan kalsium untuk anak melalui susu kental manis. Mereka tidak tahu bahwa kandungan kalsium yang dikandung susu kental manis sangat rendah dibanding susu sapi murni. Maka dari itu, sebagai orang tua, dianjurkan untuk tetap berhati-hati dan tidak sembarangan memberikan minuman kepada sang anak jika masih di bawah umur.

Di kemasan susu kental manis juga sudah diberikan keterangan bahwa susu ini tidak untuk anak dibawah umur.

Untuk anak, ASI Jauh Lebih Baik

Larangan susu kental manis diseduh juga karena susu ini seperti yang sudah dikatakan di atas, tidak memiliki nutrisi melainkan memiliki kadar gula yang tinggi. Susu ini tidak bisa disejajarkan dengan ASI. Menurut analisa gula yang dikandung asi berbeda dengan gula biasa, karena asi mengandung gula laktosa. Laktosa merupakan gula yang paling rendah tingkat kemanisannya dibandingkan dengan gula lainnya. Sehingga sangat cocok untuk usia balita.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top