You are here
Home > Teknologi >

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer Sebelum Menggunakannya

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer Sebelum Menggunakannya
Bagikan Artikel Ini

Keberadaan air fryer akan mempermudah setiap orang yang ingin mengkonsumsi makanan enak tanpa minyak berlebih. Tetapi, sebaiknya cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kekurangan air fryer sebelum memilih untuk memakai alat ini.

Segala macam makanan yang digoreng memang tak pernah gagal menyajikan kenikmatan. Tetapi sayangnya, kenikmatan itu tidak luput dari risiko terkena penyakit. Pasalnya, makanan itu kayan akan  minyak. Untungnya sekarang sudah hadir suatu alat berteknologi air fryer yang akan mempermudah kita. Air fryer sendiri adalah alat penggoreng dengan menggunakan udara panas. Dengan bantuan alat itu, makanan akan garing tanpa mesti digoreng dengan minyak.

Dipercaya kalau alat ini lebih sehat sebab cuma memerlukan sedikit minyak saja atau malahan tidak butuh sama sekali, tergantung jenis makanannya. Lalu apakah alat ini memang betul-betul sehat atau malah membahayakan? Sebelum memakainya, yuk cari tahu kelebihan dan kekurangan air fryer ini.

Kelebihan Air Fryer

1. Mengurangi Kandungan Lemak pada Makanan

Biasanya saat menggoreng makanan akan memerlukan minyak minimal 750 ml. Terlampau banyak minyak, tentunya akan berbahaya bagi kesehatan. Tetapi, lain halnya saat Anda memakai air fryer, alat ini cuma memerlukan 1 sendok makan minyak saja.

2. Multifungsi

Air fryer amat multifungsi. Anda dapat memakai air fryer tidak hanya untuk menggoreng saja, tetapi sebagai alat pemanggang makanan. Entah memanggang daging maupun kue. Karena konsep dari air fryer ialah mematangkan makanan dengan udara yang amat panas serta mengurangi kandungan air.

3. Makanan yang Digoreng dengan Air Fryer Bisa Mengurangi Berat Badan

Saat tengah menjalani program diet, tentunya kita mesti menjauhi makanan tinggi lemak, seperti gorengan. Tetapi, dengan memakai air fryer, Anda tidak usah cemas lagi. Lantaran tak memakai banyak minyak goreng, maka kandungan lemak dan kalorinya juga rendah. Maka dari itu, memasak dengan alat ini bisa membantu mengurangi berat badan Anda.

4. Tidak Ada Risiko Kebocoran Gas

Ketika memakai alat ini, Anda tidak usah khawatir terjadi kebocoran gas yang berakhir pada ledakan atau keracunan udara. Lantaran alat ini cuma akan bekerja dengan tenaga listrik. Walau begitu Anda tetap harus berhati-hati. Jangan meletakkannya di dekat sumber air dan cabutlah kabelnya saat sudah tak dipakai lagi.

5. Lebih Cepat Matang

Menggoreng dengan menggunakan minyak memerlukan waktu yang lumayan. Kelebihan dari penggunaan air fryer ini adalah Anda tidak usah menunggu lama sampai makanan matang. Lantaran waktu yang diperlukan relatif singkat. Namun kelebihan ini akan merugikan jika Anda terlampau lama memasang timer karena bisa-bisa makanan menjadi terlampau kering atau gosong.

6. Mengurangi Pembentukan Zat Berbahaya pada Makanan

Saat menggoreng makanan tinggi karbohidrat, maka akan tercipta suatu zat yang dinamakan akrilamida yang memiliki sifat karsinogenik.  Yakni bisa menyulut timbulnya kanker. Penggunaan air fryer ternyata bisa mengurangi zat itu sampai 90%.

Kekurangan Air Fryer

1. Kapasitas Kecil

Salah satu kekurangan air fryer ialah kapasitasnya kecil, tak seperti penggorengan umumnya. Kecuali itu, makanan yang akan digoreng pun tak dapat ditumpuk sembarangan. Pasalnya tak ada alat pengaduk di bagian dalamnya. Jadi Anda mesti memakai rak susun untuk mengatur makanan dalam jumlah yang banyak. Janganlah lupa untuk membolak-balik ke sisi lainnya di sela-sela  proses penggorengan supaya bisa matang dengan merata.

2. Daya Listrik yang Cukup Besar

Walau alat ini irit minyak, tetapi tidak demikian pada listrik. Alat ini memerlukan daya listrik yang lumayan besar, minimal 1.000 watt. Angka ini  harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli air fryer.

3. Pembentukan Senyawa Kimia

Alat ini tidak bebas dari senyawa kimia berbahaya. Setiap makanan yang diolah pada suhu tinggi secara langsung akan membentuk senyawa  hidrokarbon aromatik polisiklik, amina heterosiklik, dan aldehida yang bisa menyulut kanker. Jadi pertimbangkanlah secara matang sebelum membelinya.

4. Tidak Menjamin Menyehatkan

Walau alat ini bisa membuat makanan jadi mengandung lebih sedikit minyaknya. Tetapi yang namanya gorengan tetaplah gorengan. Ketika memasak dengan minyak, baik dalam jumlah banyak maupun sedikit, tentunya akan ada pengaruh kesehatan yang timbul.

Dari sejumlah kelebihan dan kekurangan air fyrer ataupun teknik menggoreng dengan menggunakan minyak, tentu saja mempunyai risikonya tersendiri. Bila ingin mencegah risiko itu, maka kurangilah konsumsi makanan berminyak dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Tetapi bila Anda ingin menikmati gorengan, entah yang digoreng dengan menggunakan minyak ataupun air fryer, pastikanlah membatasi jumlah serta frekuensinya.

Leave a Reply

Top