You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Olahan Pare dengan Rempah Alami yang Nikmat

Resep Olahan Pare dengan Rempah Alami yang Nikmat
Bagikan Artikel Ini

Pare mempunyai rasa pahit yang unik sehingga sayuran ini sedikit disukai. Padahal bila diolah memakai resep olahan pare yang benar, Anda tentunya dapat merasakan keenakannya. Sayuran ini akan menyajikan beragam manfaat kesehatan. Datang dari India, pare tidak cuma banyak mengandung nutrisi, tetapi juga diyakini sanggup menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, dan mengurangi kolesterol.

Sebelum dimasak Anda dapat menambahkan sejumput garam pada pare untuk mengurangi rasa pahit. Atau dengan menggunakan saus tiram ketika memasaknya. Pahitnya rasa pare akan hilang dengan rasa gurih dari ekstrak tiram. Di bawah ini ada beberapa resep olahan pare yang amat cocok untuk Anda coba sebab pengolahannya yang relatif mudah untuk ditiru.

1. Tumis Pare dan Udang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak tumis pare dan udang antara lain garam, cuka beras, ½ sdm gula merah, 1 sdm air dan kecap manis, cabai 1 buah dicacah halus, 2 siung bawang, udang kering 2 sdm, dan 2 buah pare.

Pertama-tama, tambahkanlah garam pada irisan pare dan diamkan selama 15 menit. Ambillah mangkuk kecil lantas hancurkanlah potongan cabai bersama bawang putih cacah. Berikutnya 2 sdm minyak dipanaskan dalam wajan dengan suhu yang sedang. Sesudah panas lalu masukkanlah bawang putih dan cabai tadi, tumislah hingga harum. Paling akhir masukkanlah garam, gula merah, air, udang, kecap dan pare. Masaklah selama 1-2 menit sampai pare menjadi lebih empuk.

2. Pare Balado Ikan Teri

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep olahan pare balado ikan teri yang nikmat antara lain:

  • 2 buah pare,
  • 1 papan tempe,
  • 100 gram teri kering,
  • 1 sdt gula pasir,
  • kaldu bubuk,
  • 10 buah cabai merah keriting,
  • 6 buah bawang merah,
  • 2 siung bawang putih,
  • 1 buah tomat ukuran sedang,
  • garam, gula dan minyak secukupnya

Cucilah pare yang sudah diiris tipis dan beri sejumput garam lantas remas-remaslah sejenak. Teruslah ulangi sebanyak 4-5 kali. Panaskan minyak dan gorenglah teri, pare, dan tempei sampai kering. Setelah itu buatlah bumbu balado dari tomat, bawang putih, cabe merah, dan bawang merah. Masaklah seluruh bahan sampai matang.

3. Tumis Pare Saus Tiram

Beberapa bahan yang dibutuhkan sesungguhnya tidak berbeda, cuma perlu tambahan air, saus tiram, udang rebon, daun salam, dan lengkuas. Tumislah bumbu, lalu tambakhan lengkuas dan daun salam. Kemudian masukkanlah udang rebon dan pare lantas tuanglan air dan saus tiram lalu aduklah sampai merata. Masaklah sampai air berkuang dan hidangkan Tumis Pare sewaktu masih hangat.

4. Tumis Pare Pedas

Bahan-bahan untuk memasak tumisan ini sama dari resep-resep sebelumnya. Maka oleh sebab itu kita langsung saja pada proses atau langkah pembuatannya. Langkah yang pertama, belahlah pare lantas buanglah bijinya. Berikutnya irislah pare lantas remas-remaslah dan berilah garam kemudian biarkan beberapa waktu. Selanjutnya dicuci bersih dan ditiriskan. Tumislah bawang sampai harum.

Langkah selanjutnya tambahkanlah garam, kaldu bubuk, gula, tempe, pare, tomat, daun salam, lengkuas dan 4 macam cabai (merah, merah keriting, rawit, hijau). Tuanglah sedikit air lantas masaklah sampai mendidih dan pare matang. Koreksi rasanya, kemudian angkatlah dan kini siap untuk dihidangkan.

Demikian 4 resep olahan pare yang tentu saja dapat Anda coba praktikkan di rumah. Layaknya obat yang umum kita konsumsi ketika sakit, pare mempunyai sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Terlebih untuk saat ini ketika masa pandemi ini, kita mesti melindungi sistem kekebalan tubuh supaya tidak terkena virus mematikan dengan mengkonsumsi asupan yang sehat.

Leave a Reply

Top