You are here
Home > Berita Nasional >

6 Masalah Umum dalam Hubungan Percintaan dan Cara Tepat Mengatasinya

Masalah Umum dalam Hubungan
Bagikan Artikel Ini

Menjalin hubungan asmara memang selalu penuh tantangan. Berbagai masalah bisa saja terjadi dan menghambat kelancaran hubungan sepasang kekasih. Ada banyak jenis masalah umum dalam hubungan percintaan yang dapat terjadi. Berikut adalah 6 masalah yang sering ditemui oleh pasangan dan bagaimana cara tepat untuk mengatasinya:

1. Cemburu pada Pasangan

Ini menjadi salah satu masalah yang sangat umum terjadi mengganggu keharmonisan pasangan. Rasa cemburu pada pasangan memang sangat sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika memang sudah terbiasa mencurigai pasangan dan mudah muncul sikap cemburu. Sebenarnya kecemburuan ini bukanlah suatu hal yang buruk dan sudah biasa terjadi karena didasari oleh rasa sayang.

Jika tak ingin rasa cemburu ini merusak hubungan dengan pasangan, maka usahakan untuk tidak berlebihan. Ketahui kapan waktu yang tepat merasa cemburu. Pastikan untuk memiliki kepercayaan kepada pasangan dan tidak mudah tersulut cemburu tanpa alasan yang jelas. Apabila memang sudah saling yakin dan mencintai satu sama lain, maka masalah kecemburuan ini tidak akan terjadi.

2. Keterbatasan Waktu

Masalah berikutnya yang juga sangat sering terjadi pada pasangan adalah keterbatasan waktu untuk bertemu. Apalagi jika keduanya sudah memiliki kesibukan masing-masing. Padahal ketersediaan waktu untuk bertemu dan berkomunikasi sangatlah penting dalam sebuah jalinan hubungan.

Masalah ini tentunya bisa diatasi dengan landasan kesadaran masing-masing. Jika memang saling mencintai maka akan selalu ada waktu yang bisa diluangkan. Jika ada waktu berharga untuk bertemu dan berkomunikasi maka manfaatkan sebaik mungkin. Terutama bagi pasangan LDR, usahakan untuk memiliki waktu yang berkualitas bersama pasangan.

3. Perbedaan Pendapat

Dua orang yang menjalin hubungan sangat mungkin mengalami perbedaan pendapat. Ini juga menjadi salah satu masalah umum dalam hubungan percintaan. Masalah ini memang tidak bisa dihindari karena bagaimanapun juga setiap orang memiliki pendapat dan pendirian masing-masing. Namun, agar tak menimbulkan perpecahan maka penting sekali untuk saling memahami satu sama lain.

Dalam menjalin sebuah hubungan, beri landasan rasa saling percaya dan memahami. Jadilah pendengar yang baik dan utarakan pendapat dengan cara yang bijak. Jika pasangan punya pendapat lain maka hargai dan cari solusi bersama agar perbedaan pendapat ini tidak menimbulkan konflik yang dapat berujung perpisahan.

4. Tidak Percaya

Rasa tidak percaya yang berlebihan bisa menimbulkan kecurigaan. Hal ini juga menjadi suatu masalah yang sangat umum terjadi di antara sepasang kekasih. Wajar memang jika ada rasa tidak percaya tapi jangan berlebihan. Usahakan untuk selalu jujur dengan pasangan dan jadikan kejujuran ini sebagai sebuah kebiasaan. Jika satu sama lain selalu jujur dan terbuka maka hubungan pasti bisa berjalan lancar.

5. Terlalu Banyak Janji

Jangan mudah membuat janji kepada pasangan. Janji-janji ini bisa saja menjadi konflik yang kemudian membuat pasangan merasa kecewa. Hindari membuat terlalu banyak janji bahkan menjanjikan hal-hal yang belum pasti. Ini bisa menimbulkan ekspektasi yang berlebihan dan jika tidak terpenuhi dapat menyebabkan kekecewaan yang kemudian berakhir fatal.

6. Gengsi

Masalah lain yang juga sering terjadi pada pasangan kekasih adalah tingginya rasa gengsi. Sikap gengsi yang berlebihan akan membuat pasangan sulit untuk mengerti satu sama lain. Singkirkan gengsi dan ungkapkan rasa sayang kepada pasangan. Jangan malu untuk memulai dan tak perlu merasa yang paling berharga dalam sebuah hubungan. Bersikap adil dan terbuka satu sama lain akan menjadi solusi terbaik.

Itulah 5 masalah umum dalam hubungan percintaan serta solusinya. Bangun rasa percaya dan pahami pasangan dengan segala kekurangannya. Komunikasi juga menjadi kunci penting untuk menjaga hubungan tetap harmonis.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top