You are here
Home > Berita Nasional >

5 Tips Dine In 20 Menit di Tengah Aturan PPKM Darurat

Tips Dine In 20 Menit
Bagikan Artikel Ini

Baru-baru ini ramai diperbincangkan aturan dine in 20 menit di tengah masa PPKM. Peraturan ini ramai jadi obrolan dan bahkan banyak dijadikan bahan candaan. Sebenarnya aturan ini masih bisa dipatuhi dengan penerapan tips dine in 20 menit selama PPKM. Berikut adalah 5 tips makan dine in dengan waktu singkat 20 menit anti tersedak dan makanan habis disantap:

1. Pilih Warung yang Tepat

Agar tak kena razia satpol PP, maka aturan dine in 20 menit ini harus benar-benar dipatuhi. Tips pertama yang bisa dilakukan adalah pilih tempat makan yang tepat dengan pelayanan serba cepat. Jangan sampai waktu 20 menit habis terbuang untuk menunggu makanan disajikan.

Tempat makan yang paling cocok dengan aturan 20 menit ini adalah warteg atau warung makan prasmanan. Tempat-tempat ini sudah punya pilihan menu yang siap disantap. Jadi tak perlu menunggu makanan diolah dulu baru bisa makan. Waktu 20 menit bisa dipakai untuk ambil makanan dan langsung menyantapnya.

2. Langsung Makan

Tak perlu menunggu lama, kalau makanan sudah ada di meja langsung santap saja. Disarankan juga untuk tidak makan bersama teman karena pasti akan lebih banyak mengobrol dan waktu makan jadi lebih lama. Jika memang ingin makan bersama teman maka acara mengobrol bisa ditunda dulu dan fokus menghabiskan makanan.

Sebelum aturan PPKM dine in 20 menit ini diberlakukan, biasanya orang-orang akan menikmati makanan sambil bersantai dengan main HP. Di masa PPKM ini, kalau memang ingin makan dine in di tempat makan jangan menyentuh HP dulu. Singkirkan HP dan fokus habiskan makanan supaya waktu 20 menit bisa dimanfaatkan dengan baik.

3. Porsi Secukupnya

Pesan makanan dengan porsi yang sewajarnya. Semakin sedikit porsi makanan yang akan disantap maka semakin cepat juga waktu makan yang dibutuhkan. Makan saja sesuai kebutuhan dan pastikan porsi makanan tersebut bisa habis dimakan dalam waktu 20 menit sesuai aturan PPKM yang berlaku.

Sebenarnya prinsip makan secukupnya ini tak hanya bisa diterapkan saat PPKM. Ini juga bisa jadi kebiasaan sehari-hari. Jangan makan berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan. Apalagi kalau waktu makannya dibatasi. Lebih baik pilih porsi secukupnya asalkan bisa dikunyah dan ditelan sempurna.

4. Jangan Coba Menu Baru

Tips dine in 20 menit berikutnya yang bisa dicoba adalah hindari memilih menu makanan yang baru. Jika ada menu makanan yang belum pernah dicoba dan tidak tahu rasanya sama sekali sebaiknya dihindari saja. Pilih makanan yang sudah terbiasa dikonsumsi supaya lebih cepat dimakan. Kalau ingin coba-coba, lebih baik datang dine in setelah masa PPKM selesai jadi bisa lebih leluasa.

5. Hindari Minuman Panas

Selain pilihan makanan, jenis minuman juga penting untuk diperhatikan. Selama masa PPKM dengan aturan dine in 20 menit ini, pilihlah jenis minuman yang tidak panas. Minuman panas pasti butuh waktu untuk bisa diminum dengan nyaman. Akan jauh lebih baik memesan minuman dingin atau suhu normal supaya lebih mudah ditelan. Pastikan juga jenis minuman yang dipesan sesuai selera supaya cepat habis.

Itulah 5 tips dine in 20 menit yang bisa dicoba. Jika memang ingin dine in, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Pilih tempat makan yang nyaman dan tidak ramai agar tetap bisa menjaga jarak dari orang lain. Selain itu pastikan mencuci tangan dan hanya melepas masker saat makan. Jangan sekali-kali memegang mata, hidung dan mulut di tempat umum karena akan meningkatkan resiko virus masuk ke dalam tubuh.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top