You are here
Home > Olah Raga >

4 Jenis Olah Raga Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Nyenyak

4 Jenis Olahraga Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Nyenyak
Bagikan Artikel Ini

Disamping bagus dilakukan di pagi hari, olah raga pun bisa dilakukan menjelang tidur. Olah raga sebelum tidur dipercaya bisa menaikkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Anda dapat tidur lebih nyenyak dari lazimnya. Melakukan olah raga memang amat berguna bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik ataupun kesehatan mental seseorang.

Oleh sebab itu tak ada salahnya bila melakukan olah raga di malam hari. Khususnya untuk Anda yang mempunyai aktivitas padat dari pagi sampai sore hari. Tetapi olah raga sebelum tidur hendaknya tidak dilakukan oleh seseorang yang menderita gangguan tidur sebab malah menambah buruk kualitas tidur mereka. Bila Anda tak mempunyai gangguan tidur dan ingin bisa tidur lebih nyenyak, lakukanlah olah raga ringan yang dapat memperbaiki kualitas tidur berikut ini.

Yoga

Bila Anda ingin melakukan olah raga ringan yang dapat melatih konsentrasi serta menunjang tidur jadi lebih berkualitas alias nyenyak. Untuk memulainya Anda dapat melakukan gerakan bernama pranayama breathing. Caranya yakni dengan menarik napas dari hidung hingga Anda melihat tulang dada. Lantas hembuskan secara pelan-pelan dari mulut. Lakukanlah secara berulang-ulang selama 1-2  menit.

Setelah itu Anda dapat melakukan gerakan downward facing dog. Gerakan ini amat bagus untuk melatih otot tangan dan pernapasan. Ketika melakukan ke bawah yang bernama downward umumnya diteruskan dengan melakukan plank dan kedua gerakan itu diulangi 2-3 kali.

Sesudah dianggap tubuh cukup panas dapat diteruskan dengan melakukan child pose. Lantas untuk gerakan penutupnya Anda dapat melakukan kapalbhati breathing, yakni gerakan duduk bersila dengan mengembuskan napas keras lewat mulut.

Squat dengan Beban

Melakukan squat dengan membawa beban pun dapat dijadikan pilihan melakukan olah raga sebelum tidur. Olah raga satu ini akan menyajikan hasil yang optimal bila dilakukan secara benar. Berat beban yang dipergunakan mesti disesuaikan. Anda dapat memakai beban dengan berat 1-3 kilogram di setiap tangan. Cara yang tepat saat melakukan squad yakni dengan mengencangkan bokong dan menahannya pada posisi terendah selama kira-kira 1 menit. Ulangi gerakan itu 2-3 kali setiap 2 menit untuk hasil yang maksimal.

Stretching

Biasanya orang menganggap kalau stretching adalah gerakan untuk pendinginan. Tetapi sesungguhnya stretching ini dapat dijadikan sejenis gerakan olah raga yang dapat dilakukan sebelum tidur. Gerakan stretching ini amat cocok dilakukan untuk Anda yang tidak gemar olah raga sedikit berat dan serius. Anda dapat melakukan stretching dengan mengangkat kedua tangan lurus dengan telinga, lalu tulang belakang dikencangkan.

Selanjutnya gerakan tangan ke kanan serta ke kiri sampai Anda merasa punggung mulai merenggang. Gerakan stretching yang sederhana seperti mencium lutut pun dapat dilakukan. Untuk melakukan cium lutut Anda dapat melakukannya dengan posisi duduk ataupun berdiri. Tetapi pastikan posisi berdiri atau duduk Anda telah benar sebab bila salah malah akan menyebabkan punggung membungkuk.

Melakukan Latihan HIIT

High Intensity Interval Training (HIIT) dapat dijadikan salah satu alternatif olahraga sebelum tidur untuk membakar lemak dengan cukup. Salah satu contohnya dengan melakukan skipping selama kira-kira lima menit. Diteruskan dengan menjalankan sit up, lari di tempat, jumping jack, kemudian squat.

Cukup dilakukan 2 kali runtutan gerakan HIIT itu untuk membakar kalori dalam tubuh. Guna memperoleh manfaat yang lebih optiimal, sesudah usai melakukan HIIT Anda hendaknya mandi memakai air hangat.

Itu dia 4 jenis olah raga sebelum tidur yang dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Mempunyai kualitas tidur yang baik bisa menunjang Anda lebih segar dan bersemangat menjalani kegiatan di pagi hari.

Leave a Reply

Top