You are here

Hubungan Politik UEA Dan Israel Hingga Berujung Kesepakatan

Hubungan Politik UEA Dan Israel
Bagikan Artikel Ini

Pada tahun lalu lebih tepatnya di hari Kamis tanggal 13 bulan Agustus 2020 hubungan politik UEA dan Israel membuahkan kesepakatan diplomatik. Sementara kabar menyebutkan bahwa UEA baru saja meresmikan dibukanya Kedutaan Besar Israel di UEA. Dimana perkara ini terjadi di hari selasa tanggal 26 bulan Juni lalu. 

Kemudian sebaliknya Kedutaan Besar UEA juga dilakukan pembukaan secara resmi di Tel Aviv pada hari Rabu tanggal 14 bulan Juli kemarin. Dengan kejadian ini secara tidak langsung UEA menjadi anggota Negara Teluk pertama yang melakukan pembukaan Kedutaan yang bertempat di Israel. Berikut informasi mengenai hubungan yang terjadi antara negara UEA dan negara Israel:

Negara Arab Ketiga Yang Membuka Hubungan Diplomatik

Ternyata dari Negara Arab, tidak hanya UEA saja yang melakukan pembukaan terhadap hubungan secara diplomatik dengan Israel. Pasalnya sebelum ini terdapat dua negara lain yang juga melakukan hal sama. 

Dua negara tersebut yaitu Mesir di tahun 1979 dan satunya lagi adalah negara Yordania pada tahun 1994 silam. Kabar yang menyebutkan hubungan politik UEA dan Israel melakukan kesepakatan memunculkan respon dari beberapa pihak. Diantaranya seperti Ron Dermer yang merupakan seorang duta besar Israel untuk Washington memberikan tanggapannya. 

Dengan menganggap bahwa kesepakatan tersebut adalah “hari besar untuk perdamaian”. Ditambahkan pula dengan pihak Israel yang merasa sangat menghargai akan hal tersebut. Presiden Mesir juga memberikan pendapat bahwa ikut menyambut akan kesepakatan yang dimaksud. Dengan harapan bisa menghentikan pencaplokan tanah yang dilakukan oleh pihak Israel atas Palestina. 

Palestina Sebut Kesepakatan Tersebut Sebagai Pengkhianatan 

Dari berlangsungnya kesepakatan yang dilakukan oleh UEA dengan Israel membuat Presiden Palestina menganggapnya sebagai sebuah pengkhianatan. Untuk itu pihak otoritas dari Palestina memberikan pengumuman bahwa Kedutaan Besar untuk wilayah UEA akan dilakukan penarikan dengan segera. Hal ini dilakukan oleh Palestina sebagai bentuk protes dari kesepakatan UEA dan Israel. 

Dari penuturan yang dilakukan oleh Riyad al-Maliki bahwa Kementerian Luar Negeri Palestina melakukan penarikan Duta Besarnya untuk wilayah UEA. Tindakan tersebut dilaksanakan atas perintah yang diberikan oleh Mahmud Abbas selaku Presiden Negara Palestina. Bahkan menurut Jubir Hamas, normalisasi yang dilakukan tersebut merupakan sebuah tusukan yang diberikan pada punggung rakyat Palestina. 

Peresmian Dubes

Sebelumnya diketahui bahwa negara UEA melakukan normalisasi akan hubungan diplomatiknya dengan negara Israel di tahun 2020 lalu. Setelah hal tersebut berlangsung, beberapa negara juga ikut melakukan hal yang sama. Diantaranya seperti negara Bahrain, dilanjutkan dengan Sudan beserta Maroko. 

Al Khaja selalu Dubes UEA untuk Israel yang baru saja diresmikan memberikan penjelasan mengenai diskusi yang dilakukan bersama dengan pihak Israel. Diantaranya seperti membicarakan tentang peluang dalam sektor ekonomi yang meliputi perdagangan serta investasi. Beberapa perjanjian pun telah ditandatangani yang meliputi sejumlah bidang. 

Seperti perjalanan udara, ada juga bidang teknologi serta tidak terlewatkan bidang budaya. Bahkan dengan dibukanya Kedutaan UEA yang bertempat di wilayahnya membuat Presiden Israel menilai hal tersebut sebagai tonggak yang cukup penting guna menuju pada masa depan. Disebutkan bahwa setelah terjadinya normalisasi dunia perdagangan yang dilakukan oleh kedua negara tersebut melebihi angka 675 juta US dollar. 

Demikian pembahasan terkait kabar hubungan politik UEA dan Israel hingga melakukan kesepakatan atau normalisasi. Beberapa hal dapat diketahui dari ulasan di atas. Seperti pihak Palestina yang merasa dikhianati sehingga memilih untuk menarik Dubesnya yang ditempat di UEA. Adapun Presiden Mesir memberikan sambutan atas kesempatan yang terjadi supaya Israel berhenti untuk mencaplok tanah yang ada atas negara Palestina.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top