You are here
Home > Berita Nasional >

6 Pilihan Kuliner Khas Lembang yang Layak Dicoba

Kuliner Khas Lembang
Bagikan Artikel Ini

Lembang jadi salah satu pilihan destinasi liburan yang layak dikunjungi. Tersedia banyak pilihan objek wisata yang menarik dan menyejukkan hati. Selain itu, kuliner khas Lembang juga begitu beragam dan tentunya kaya akan rasa. Berikut adalah 6 pilihan kuliner asal Lembang yang sangat layak untuk dinikmati:

1. Ketan Bakar

Salah satu kuliner yang sangat populer di Lembang adalah ketan bakar. Makanan ini bisa ditemui dengan mudah sebagai jajanan pinggir jalan. Meskipun hanya jajanan pinggir jalan, tapi makanan ini punya cita rasa yang sangat nikmat. Harganya pun murah meriah sehingga mudah sekali untuk didapatkan

Ketan bakar di Lembang biasanya disajikan dalam bentuk potongan persegi dan diolah dengan cara dibakar. Biasanya ketan bakar Lembang akan disajikan bersama sambal oncom. Selain oncom, ketan bakar juga akan disajikan bersama serundeng yang akan membuat cita rasanya menjadi semakin kaya.

2. Tahu Tauhid

Pilihan kuliner lain yang juga sangat populer di Lembang adalah tahu tauhid. Jajanan tahu ini memiliki tekstur yang lembut juga kenyal. Cara terbaik menikmati tahu tauhid ini adalah setelah selesai digoreng. Tahu tauhid bisa jadi camilan terbaik untuk dinikmati di Lembang yang cuacanya cenderung selalu dingin.

3. Tahu Susu Lembang

Masih berupa tahu, jajanan selanjutnya yang juga khas wilayah Lembang adalah tahu susu. Tahu susu khas Lembang ini bahkan sudah mengalahkan popularitas dari tahu sumedang. Tahu ini memiliki tekstur yang super lembut dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh sehabis jalan-jalan ke Lembang. Selain teksturnya lembut, tahu ini juga memiliki rasa yang enak sehingga cocok dijadikan camilan maupun pendamping nasi.

4. Gepuk Cilampeni

Pilihan kuliner khas Lembang lainnya yang juga layak dicoba adalah gepuk Cilampeni. Gepuk ini merupakan jenis makanan olahan daging sapi yang dipotong persegi empat kemudian digeprek atau dipukul. Daging sapi ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah sekali untuk dicerna, tak heran jika banyak yang menggemarinya.

Gepuk Cilampeni ini biasa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi hangat. Selain teksturnya lembut, gepuk ini juga memiliki rasa yang kuat. Bumbu rempah yang digunakan bisa meresap sempurna hingga ke bagian daging terdalam. Biasanya menu makanan ini juga disantap berdampingan dengan serundeng.

5. Surabi

Menu makanan satu ini memang sudah sangat populer di Jawa Barat. Surabi bisa jadi pilihan jajanan yang enak disantap saat jalan-jalan ke Lembang. Makanan ini juga sangat cocok dinikmati di tengah cuaca dingin apalagi jika baru saja diangkat dari tungku. Varian rasa surabi yang tersedia juga sangat beragam dan pilihan makanan ini pun begitu mudah untuk ditemukan di jalanan Lembang.

6. Susu Murni KPSBU

Penggemar susu segar, wajib hukumnya untuk mengunjungi susu murni KPSBU. Lokasinya berada di kompleks Pasar Panorama Lembang. Di sana terseda susu murni dengan kualitas yang sangat bagus sehingga rasanya pun begitu nikmat. Selain susu murni, ada banyak produk olahan susu yang juga bisa ditemui di sana. Mulai dari tahu susu, kerupuk susu, permen susu, yogurt, dan masih banyak lagi.

Itulah 6 pilihan kuliner khas Lembang yang wajib untuk dicoba. Tak sulit untuk menemukan aneka pilihan kuliner ini dan beberapa di antaranya cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain pilihan makanan yang sudah disebutkan di sini, masih ada banyak lagi pilihan kuliner di Lembang yang harus dicoba.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top