You are here
Home > Berita Nasional >

Mengenal Walking Meditation untuk Membuat Pikiran Lebih Lapang

Walking Meditation
Bagikan Artikel Ini

Meditasi menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai kondisi jiwa dan pikiran yang tenang. Salah satu teknik meditasi yang bisa dicoba adalah walking meditation atau meditasi sambil berjalan. Kira-kira seperti apa cara melakukan meditasi ini dan apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh?

Cara Meditasi Berjalan

Pada dasarnya meditasi sambil berjalan memiliki konsep yang sama dengan jenis meditasi lainnya. Hanya aktivitasnya saja yang berbeda yaitu sambil berjalan. Berikut adalah langkah-langkah melakukan teknik meditasi ini:

1. Pilih Lokasi Tenang

Sebelum mulai meditasi, pilih dulu lokasi berjalan yang tenang. Meditasi adalah kegiatan yang perlu dilakukan di tempat yang tidak terlalu ramai agar pikiran jadi lebih fokus. Jika ingin berjalan di luar maka pilihlah tempat yang tenang, tidak terlalu banyak orang juga kendaraan. Jika sulit menemukan tempat seperti ini, lebih baik lakukan meditasi di dalam ruangan.

2. Kendalikan Diri

Sebelum mulai berjalan, kendalikan diri sendiri terlebih dahulu. Tarik napas dalam-dalam kemudian pusatkan perhatian pada diri sendiri. Cobalah untuk menahan diri dari semua emosi dan hawa nafsu yang mengarah ke hal negatif. Kendalikan diri agar fokus dan berpikir hal-hal yang positif.

3. Pusatkan Perhatian

Walking meditation ini tidak dilakukan sembarangan. Pikiran harus fokus ketika berjalan. Rasakan kondisi fisik ketika berjalan, ayunan langkah, juga resapi perasaan yang sedang dirasakan saat itu. Tak perlu kaku saat berjalan, biarkan saja melangkah alami dengan pikiran yang tenang.

4. Atur Kecepatan

Jangan berjalan terlalu cepat ketika melakukan meditasi berjalan ini. Atur irama langkah sehingga aktivitas ini bisa memberikan energi positif bagi jiwa. Terlalu cepat berjalan akan membuat fokus pikiran buyar dan tubuh jadi lebih cepat merasa lelah.

5. Perhatikan Postur

Selama melakukan meditasi berjalan, cobalah untuk memperhatikan postur tubuh. Kendalikan posisi tubuh saat berjalan agar tidak mudah merasa lelah. Hal ini juga akan berpengaruh pada tenangnya pikiran sehingga meditasi bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

Manfaat yang Didapat

Apa saja manfaat dari walking meditation ini? Aktivitas meditasi ini ternyata memiliki beragam jenis manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat meditasi sambil berjalan bagi tubuh:

1. Memperlancar Aliran Darah

Berjalan kaki merupakan salah satu aktivitas olahraga yang ringan dikerjakan namun kaya manfaat. Salah satunya adalah dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Aliran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan risiko hipertensi pun juga dapat diminimalkan.

2. Mengurangi Kecemasan

Meditasi sambil berjalan ini akan membantu menurunkan rasa cemas yang dirasakan oleh pikiran seseorang. Kecemasan merupakan salah satu hal yang seringkali mengganggu pikiran dan bisa saja membuat stres. Langkah meditasi ini dapat efektif memberi ketenangan dan mengurangi kecemasan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Berjalan sambil membuka pikiran dan berpikir tenang ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas. Aktivitas meditasi ini sangat efektif untuk membuka pikiran kreatif. Tak heran jika banyak pekerja kreatif yang sering melakukan meditasi sambil berjalan ini. Terbukanya pikiran membuat semakin banyak ide kreatif datang.

4. Melapangkan Pikiran

Meditasi berjalan juga akan membuat pikiran menjadi lebih lapang. Banyak sekali kasus depresi yang diawali dari sempitnya pikiran. Lewat meditasi berjalan, pikiran menjadi lebih lapang dan bisa menerima segala keadaan dengan cara yang positif. Ini akan membantu hati menjadi lebih tenang dan semakin merasa bahagia.

Walking meditation menjadi salah satu pilihan cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan hati. Ini adalah awal dari kebahagiaan yang akan dirasakan oleh diri sendiri. Saat bahagia maka segala hal yang harus dihadapi akan terasa lebih ringan dan risiko depresi dapat diminimalkan.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top