You are here
Home > Teknologi >

Microsoft Windows 10 Rencana Diberhentikan Tahun 2025 Mendatang

Microsoft Windows 10 Rencana Diberhentikan Tahun 2025 Mendatang
Bagikan Artikel Ini

Microsoft Windows 10 dikabarkan akan segera pensiun di tahun 2025 mendatang. Tepatnya pihak Windows akan memberhentikan pada tanggal 14 Oktober 2025.

Hal ini juga memunculkan berita baru jika akan muncul Windows versi terbaru yaitu versi 11. Dikutip dari situs Engage datang informasi dimana menemukan rencana pemberhentian Windows 10.

Bahkan termasuk beberapa fitur baru yang datang dari situs resmi Microsoft itu sendiri. Microsoft Windows merupakan sistem operasi komputer.

Dimana dikembangkan oleh Microsoft dengan penggunaan antarmuka pengguna grafis. Dari awal mula terbentuknya sistem operasi Windows sudah memiliki revolusi dari MS-DOS.

Sistem operasi tersebut berbasis modus teks dan command-line. Untuk versi pertamanya beberapa seperti versi Windows XP, 2007, hingga kini yang terakhir Windows 10.

Namun sayangnya kini ada berita jika Windows 10 akan diberhentikan. Windows 10 akan pensiun di tahun 2025 mendatang.

Sistem Operasi Microsoft Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yang sudah masuk dalam pengembangan Microsoft. Bahkan sistem operasi Microsoft ini masuk dalam bagian keluarga Windows NT.

SO (sistem operasi) yang satu ini diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014 dan dirilis sejak tanggal 29 Juli 2015. Sedangkan untuk rilis ke publik Windows 10 muncul pada bulan November 2015.

Windows 10 diperkenalkan pertama kali pada Konferensi Build. Sistem operasi yang satu ini diperkenalkan untuk tujuan mengatasi kekurangan dalam penggunaan Windows 8.

Windows 10 merupakan bentuk penyempurnaan akan Windows 8 dan 8.1. Transisi antara Windows 7 ke 8 tidak mengalami keberhasilan seperti yang diinginkan.

Sehingga Microsoft Windows 10 memperbaiki tampilannya. Sebab, banyak keluhan dari pengguna jika Windows 8 saat perilisan mengeluh tombol startnya hilang.

Lebih tidak membuat pengguna nyaman yaitu tampilan antarmukanya memiliki menu aplikasi satu layar full. Karena itulah muncul Windows 10.

Sehingga tampilan dari keduanya hampir sama. Sebab, Windows 10 merupakan penyempurna Windows 8. Meski demikian belum ada layar sentuh seperti laptop maupun komputer.

Jenis-Jenis Windows 10

Tahukan Anda jika Microsoft Windows 10 memiliki beberapa jenis. Bahkan untuk setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis yang bisa Anda ketahui tentang sistem operasi Windows 10 yaitu:

Windows 10 Pro

Pada jenis pertama yang bisa Anda ketahui yaitu Windows 10 Pro. Sistem operasi yang satu ini khusus untuk Anda yang lebih mengutamakan bidang profesional.

Sehingga kurang tepat untuk pengguna rumahan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan banyaknya fitur yang dimiliki Windows 10 Pro.

Adapun fitur yang ada antara lain Group Policy, Mobile Device Management, Enterprise State Roaming with Azure Directory, Windows Store for Business, Assigned Access, dan masih banyak lagi.

Fitur tersebut cukup berfungsi bagi Anda yang bekerja secara profesional.

Windows 10 Home

Untuk jenis Microsoft Windows 10 selanjutnya yaitu biasa digunakan untuk umum. Jenis yang satu ini cocok digunakan untuk area perumahan.

Bahkan versinya mudah ditemukan pada sebagian besar laptop baru. Sebab, banyak yang hadir dengan Windows seri yang satu ini.

Adapun fitur-fitur yang bisa anda dapatkan adalah browser baru yang belum pernah ada. Fitur tersebut yaitu Microsoft Edge. Untuk fitur lain yang ada pada Windows 10 Home Edition yaitu Cortana.

Dimana merupakan virtual assistant milik Microsoft. Jika cukup mendukung jenis yang satu ini ada juga fitur Hello dengan face Recognition. Bahkan ada beberapa sistem pengenalan biometrik lain.

Tidak hanya itu saja, Windows 10 Home juga bisa di-upgrade menjadi Windows 10 Pro. Hanya saja Anda perlu melakukan pembayaran terlebih dulu.

Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise merupakan jenis yang biasa digunakan untuk sebuah organisasi. Microsoft Windows 10 juga bisa digunakan secara umum.

Salah satu jenis ini baik digunakan untuk sebuah perusahaan yang bonafit. Maka dari itu, jenis Windows yang satu ini hanya bisa didapat melalui Volume Licensing.

Jika tidak Anda harus membelinya dalam jumlah banyak. Ada banyak fitur yang dimiliki Windows 10. Namun, ada yang beda versi lainnya yaitu AppLocker.

Hal ini memberikan kemungkinan Anda membatasi penggunaan beberapa aplikasi. Ada juga Direct Access memberikan kemungkinan mampu mengakses jaringan internet melalui VPN.

Windows 10 Education

Jenis Windows 10 lain yang bisa digunakan secara umum yaitu Windows 10 Education. Seperti namanya jenis Windows 10 ini khusus untuk sekolah atau pendidikan.

Pembelian Windows ini hanya bisa didapatkan secara partai atau dalam jumlah banyak.

Windows 10 Mobile

Selain jenis Microsoft Windows 10 untuk pribadi dan umum juga ada yang digunakan pada perangkat tertentu. Seperti jenis yang satu ini biasa digunakan pada smartphone dan tablet.

Namun, tidak semua ponsel menggunakannya. Sebagai contoh Nokia Lumia menggunakan sistem operasi Windows 10.

Sayangnya jenis Windows ini tidak terlalu banyak digunakan dan peminatnya pun sedikit. Sistem Operasi yang satu ini kalah dengan Android atau IOS.

Windows 10 Pro Workstation

Untuk jenis Windows yang satu ini biasa ditujukan untuk komputer server. Dimana penggunaan prosesor seperti Intel Xeon ataupun AMD Epyc.

Bahkan untuk jenis yang satu ini sering digunakan berbagai perusahaan pengembangan game besar. Video editor berat pun banyak yang menggunakan jenis Microsoft Windows 10 Pro Workstation.

Bahkan perusahaan perfilman besar seperti Hollywood.

Microsoft Windows 10 Berakhir di Tahun 2025

Berita yang beredar dari halaman Kebijakan Siklus Hidup Windows 10 Home dan Pro jika usianya hanya tinggal 4 tahun lagi.

Informasi yang beredar ini mulai muncul awal bulan dimana hadir versi Windows selanjutnya. Namun, hal ini bukan menjadi alasan jika pemberhentian Windows 10 untuk tahun 2025 mendatang.

Bisa karena ada versi terbaru, atau justru hanya hadir pembaruan desain saja. Namun, jika memang akan diberhentikan maka kemungkinan besar sudah ada pengerjaan sistem operasi versi berikutnya.

Seharusnya berita gambaran Microsoft berikutnya juga akan muncul dengan segera. Sebelumnya catatan akan versii spesifikasi Windows 10 berakhir.

Hal ini memberikan kemungkinan jika tidak akan pensiun secara keseluruhan. Hal ini juga bisa menjadi tanda generasi baru sedang on the way.

Jenis Windows 10 yang cukup beragam membuatnya tidak bisa berhenti begitu saja. Apalagi setiap jenis mulai dari yang pribadi, umum, maupun untuk perangkat lain memiliki fungsi masing-masing.

Meski demikian penggunaannya cukup membantu sebagian besar orang. Hanya saja berita yang muncul jika usianya sudah tidak lama lagi.

Berita yang beredar jika Microsoft Windows 10 akan pensiun di tahun 2025 mendatang.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top