You are here

Ketahui 5 Cara Menghilangkan Phobia Ketinggian yang Jitu

Ketahui 5 Cara Menghilangkan Phobia Ketinggian yang Jitu
Bagikan Artikel Ini

Takut pada sesuatu hal adalah hal yang lazim. Tetapi jika ketakutan menjadi sesuatu yang berlebihan pastinya hal itu tidak biasa. Salah satu ketakutan yang biasa dirasakan seseorang ialah phobia ketinggian. Phobia ketinggian atau akrofobia adalah keadaan seseorang yang sangat takut pada ketinggian. Bagaimanakah cara menghilangkan phobia ketinggian yang jitu?

Orang yang memiliki phobia ketinggian akan takut ada di tempat yang tinggi seperti berdiri di atas lift yang berkaca bening, di atas loteng rumah, di atas gedung bahkan melihat bukit tinggi atau tebing saja telah merinding. Mereka pun menjauhi mengemudi di atas jembatan layang sebab bisa menyebabkannya pusing dan beragam gejala lain. Oleh karena itu, amat tidak menenangkan memiliki phobia ketinggian bila dihadapkan dengan kehidupan setiap hari.

Asalkan dengan niatan yang kuat dan mau berproses dalam waktu yang lama, pelan-pelan akan normal dan tidak takut parah pada ketinggian. Berikut adalah 5 cara menghilangkan phobia ketinggian yang jitu memakai terapi kognitif.

Mencari Pengobatan

Pertama kali yang mesti dilakukan ialah mendalami mengenai phobia ketinggian lalu mencari tips ataupun terapi pada ahlinya. Mungkin seseorang berupaya mengobatinya sendiri, tetapi bila memang telah terlampau parah dianjurkan berobat pada ahlinya. Hal itu dikarenakan phobia ketinggian tidak sama dengan phobia lainnya. Saat seseorang dengan phobia ketinggian terpaksa mesti ada dalam ketinggian, ia dapat bereaksi yang justru mengancam keselamatan dirinya sendiri. Khususnya jika seseorang dalam kesehariannya mesti berhadapan dengan tempat tinggi. Contohnya gedung perkuliahan di lantai 3 malahan lebih tinggi dari itu.

Mencoba untuk Santai

Santai dapat seseorang laksanakan dengan relaksasi seperti pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, meditasi, dan yoga. Berolahraga dengan rutin pun bisa membantu dalam terapi kognitif menangani Phobia ketinggian. Hal ini bisa membantu untuk mengatasi cemas dan stres.

Membentuk Toleransi Ketinggian Secara Bertahap

Bisa jadi hal ini akan sulit dilakukan, tetapi bila dilaksanakan secara pelan-pelan dapat membuat seseorang sedikit-sedikit bisa mentoleransi phobianya pada ketinggian. Tanggapan kecemasan tubuh akan turun secara pelan-pelan dengan menggunakan terapi paparan bertingkat yang menggunakan gangguan cemas yang bersifat temporer.

Misalnya saja Anda bisa pergi ke tempat yang lebih tinggi menurut kemampuan Anda. Pelan-pelan naik lebih tinggi sedikit demi sedikit. Tidak mesti menggunakan jangka lebih lebar supaya meraih ketinggian di luar batas Anda. Lakukanlah dengan santai.

Menantang Diri Sendiri dengan Ketinggian

Seseorang yang phobia ketinggian condong memikirkan hal-hal secara berlebihan atas hal-hal di luar dugaannya. Misalnya seseorang akan takut jatuh ke sungai saat ia berkendara di atas jembatan layang. Terapi kognitif melatih seseorang untuk percaya bahwa yang terjadi kelak lebih aman dari yang dibayangkannya.

Virtual Reality

Teknologi Virtual Reality pada beberapa tahun belakangan ini digunakan beberapa ahli sebagai cara yang potensial untuk terapi beragam macam phobia. Tak terkecuali phobia ketinggian. VR dibuat supaya pengidap Phobia memiliki pilihan rasa lebih aman ketimbang yang dipikirkan penderita. Perangkat lunak komputer ini pun memberi pilihan supaya segera berhenti bila dirasa ada hal yang membebani. Terapi ini cukup dilaksanakan di ruangan tertutup lalu dipraktikkan di kehidupan yang nyata.

Demikianlah cara menghilangkan phobia ketinggian yang jitu menurut beberapa pakar di bidangnya. Janganlah segan untuk bercerita pada orang terdekat dan bertukar pikian kepada ahlinya. Dengan demikian Anda bisa menjalankan hari-hari lebih nyaman tanpa ada rasa takut lagi karena reaksi tubuh ketika Phobia ketinggian justru bisa membahayakan penderita.

Leave a Reply

Top