You are here
Home > Olah Raga >

Manfaat Yoga Untuk Kecantikan Hingga Membuat Wajah Awet Muda

Manfaat Yoga Untuk Kecantikan Hingga Membuat Wajah Awet Muda
Bagikan Artikel Ini

Manfaat yoga untuk kecantikan akan terasa jika rutin dilakukan. Selain untuk relaksasi, yoga juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tubuh dan membuat awet muda. Meskipun begitu, ada baiknya yoga juga diimbangi dengan pola makan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta menjauhi kebiasaan buruk.

Mengetahui Beberapa Manfaat Yoga Untuk Kecantikan

Orang yang rutin melakukan olahraga, cenderung memiliki kulit yang sehat dan cantik. Banyak jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan anda, salah satunya adalah yoga.

Mungkin dampak yang anda rasakan tidak akan serta merta anda dapatkan, akan tetapi anda dapat membentuk faktor yang dapat menjaga dan mempercantik kulit dari dalam.

Dengan melakukan olahraga yoga, sirkulasi darah anda akan lancar dan memaksimalkan supply oksigen ke dalam tubuh. Gerakan pada yoga juga dapat melepaskan hormon stres serta menyeimbangkan pikiran.

Dengan begitu, anda akan menjadi lebih rileks dan setelah melakukan gerakan yoga, produktivitas anda akan meningkat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan manfaat yoga untuk kecantikan.

Membakar Lemak dan Kalori

Untuk anda yang belum mengenal yoga, anda harus tahu bahwa ternyata dengan yoga mampu membakar lemak dan kalori dalam tubuh seperti olahraga lainnya. Ada beberapa gerakan dalam yoga yang memang dikhususkan untuk dapat membakar kalori secara maksimal.

Sehingga lemak dalam tubuh pun akan semakin berkurang. Untuk anda yang ingin menurunkan badan agar terlihat lebih cantik dan awet muda, maka olahraga yoga sangat tepat bagi anda untuk dapat membantu mendapatkan berat badan yang ideal.

Melancarkan Peredaran Darah

Jika kondisi badan anda semakin lentur, maka peredaran darah dan tentunya semakin lancar. Dampak positif lain dari yoga adalah ternyata anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Yoga juga ternyata dapat memberikan manfaat untuk organ reproduksi anda.

Hal tersebut tentunya mampu meningkatkan gairah seksual bagi pasangan suami istri. Dengan melakukan hubungan seksual yang berkualitas, dipercaya dapat membuat tubuh menjadi terlihat awet muda.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat yoga untuk kecantikan yang lainnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Dalam setiap gerakan yoga, dapat membantu proses oksigenasi.

Proses inilah yang mampu memunculkan rasa gembira dalam diri seseorang. Baik kegembiraan fisik, maupun mental sekalipun. Dengan anda melakukan olahraga yoga, tubuh anda akan merasa jauh lebih baik, dan penampilan anda pun juga akan terlihat lebih muda tidak cepat keriput.

Pernapasan Menjadi Lancar

Dengan melakukan olahraga yoga, sistem pernapasan dalam tubuh anda akan menjadi lancar. Sebab, memperlancar pernapasan merupakan salah satu tujuan utama dari yoga.

Menggabungkan olah tubuh dengan meditasi yang membuat pernapasan menjadi lebih rileks. Jika anda melakukan yoga dengan rutin, dapat diambil kesimpulan bahwa pernapasan anda  juga tentu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mengatasi Nyeri Punggung

Manfaat lain dari yoga adalah tidak hanya melancarkan sistem pernapasan saja, akan tetapi ternyata dengan yoga juga dapat mengatasi nyeri punggung. Dr. Maureen Dobbins, seorang Professor School of Nursing di McMaster University mengatakan bahwa olahraga yoga dapat membantu untuk meringankan rasa sakit.

Sebuah tulisan darinya yang dipublikasikan dalam blog McMaster Optimal Aging berisi mengenai studi yang menunjukan jika yoga berhasil menjadi terapi non-obat yang efektif dan juga aman.

Hal tersebut memang cukup beralasan, mengingat gerakan dari yoga memang memiliki tumpuan yang ada pada kekuatan otot perut, otot tangan, kaki dan punggung. Sehingga jika anda sering merasakan sakit pada bagian punggung anda, cobalah untuk melakukan gerakan yoga seperti bridge.

Cara yang harus anda lakukan cukup mudah, yaitu anda hanya perlu rebahan, tekuk bagian lutut, kemudian angkat pinggang hingga punggung anda sampai paha berada dalam satu garis yang sejajar. Tahan gerakan tersebut hingga beberapa saat. Setelah itu, anda dapat merasakan manfaat gerakan tersebut.

Menghilangkan Kotoran Pada Kulit

Salah satu gerakan yoga yaitu vinyasa dapat meningkatkan suhu tubuh serta membuatnya mengeluarkan toxin dengan melalui keringat. Toxin yang ada dan tersembunyi dibalik lapisan kulit ini dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan kulit menjadi terlihat kotor karena munculnya jerawat.

Serta sel kulit mati yang menumpuk maupun noda hitam. Jadi ketika anda melakukan gerakan tersebut, anda akan mendapatkan manfaat yoga untuk kecantikan dengan membuat kulit anda menjadi lebih sehat, bersih dan cantik.

Membantu Mengurangi Lipatan Dagu

Adanya lipatan pada dagu atau yang sering biasa disebut dengan double chin memang akan sedikit mengganggu. Wajah anda akan terlihat lebih berisi ketika anda memiliki double chin.

Tentu saja anda tidak menginginkan itu terjadi, oleh karena itu anda dapat memilih olahraga yoga untuk mempercantik wajah anda. Sebab, dengan melakukan latihan yoga, ada beberapa gerakan yang fokus untuk menghilangkan lemak pada area leher, sehingga dapat menghilangkan double chin pada dagu.

Membuat Wajah Menjadi Merona

Salah satu manfaat yoga untuk kecantikan adalah untuk membuat kulit wajah tampak lebih merona. Gerakan-gerakan yang ada pada yoga wajah dapat membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah, sehingga akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan merona.

Efek dari wajah merona itu sendiri bisa anda dapatkan dengan melakukan gerakan shoulder stand, child’s pose, fish pose, triangle pose dan plough pose. Gerakan-gerakan tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah anda sehingga akan mendapatkan hasil yang positif untuk kulit wajah anda.

Perhatikan Ini Sebelum Memulai Yoga

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai olahraga yoga. Dari penjelasan mengenai beberapa manfaat yoga di atas, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian anda. Apalagi untuk anda yang baru pertama kali akan melakukan yoga.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, mencari informasi sebanyak mungkin terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga yoga. Seperti contoh memilih tempat untuk melakukan yoga, memilih instruktur yoga, dan  mencari tahu sebanyak mungkin info mengenai yoga.

Sebagai langkah awal, jangan melakukan gerakan-gerakan yoga yang terlalu ekstrim. Sebab, tanpa pemanasan dan ilmu yang memadai akan berakibat fatal dan menyebabkan cedera.

Dan untuk anda yang sedang hamil atau memiliki riwayat darah tinggi, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sehingga kegiatan yoga yang akan anda lakukan memberikan rasa aman dan nyaman.

Mengingat banyaknya manfaat pada olahraga yoga, yang salah satunya adalah manfaat yoga untuk kecantikan. Tentu membuat anda ingin sekali melakukan olahraga tersebut. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, juga mendapatkan manfaat awet muda dari olahraga yoga.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top