You are here
Home > Berita Nasional >

Ini 6 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ini 6 Hidangan Lebaran yang Tidak Boleh Dilewatkan
Bagikan Artikel Ini

Tidak terasa, bulan Ramadhan nyaris berakhir. Perjalanan menahan lapar dan dahaga selama bulan suci akan lekas usai. Itu tandanya Hari Raya Idul Fitri telah di depan mata. Berkumpul dan bercanda bareng keluarga sambil menikmati hidangan Lebaran merupakan momen yang dinanti-nanti.

Memang berkumpul tanpa makanan yang dapat dilahap terasa kuranglah lengkap. Hidangan lebaran selalu jadi sesuatu yang menarik, sesuatu yang khas, dan sesuatu yang spesial. Walaupun tahun ini tak dapat kumpul dan tidak dapat ke mana-mana, tetapi jangan lupa untuk menyajikan beberapa makanan.

Ketupat dan Opor Ayam

Lebaran kurang afdol rasanya bila tanpa menghidangkan dua hidangan ini yaitu ketupat dan opor ayam. Maka tidak heran, saat berkunjung ke tiap-tiap rumah, sajian ini selalu dihidangkan. Ternyata ketupat dan opor ayam sudah menjadi sajian khas hari raya sejak zamannya Sunan Kalijaga pada Abad XV. Tidak cuma sebab kelezatannya saja, dua hidangan khas lebaran ini dinilai filosofis sebab ketupat sendiri mempunyai arti ‘ngaku lepat’ ataupun mengakui kesalahan.

Rendang

Sajian berbahan daging dengan cita rasa pedas ini diolah dengan beragam bumbu dan rempah-rempah. Oleh sebab itu rasanya amat khas sekali. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulangkali bersama santan kelapa. Proses mengolahnya memerlukan waktu yang tidak sekejap, tetapi beberapa jam lamanya, sampai kering dan warnanya berubah hitam tua. Rendang mampu bertahan sampai beberapa pekan lamanya dalam suhu ruangan.

Semur

Ternyata semur pun menjadi hidangan lebaran yang tak boleh terlupakan. Dengan bahan daging rebus yang dimasak dalam kuah berwarna cokelat kental yang dibuat dari cengkeh, pala, bawang bombay, bawang merah, dan kecap manis. Kecap merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan semur. Karena bermanfaat untuk meningkatkan cita rasa. Tetapi, mesti tetap terasa menyatu serasi dengan bahan-bahan lainnya. Di samping menggunakan bahan utama daging sapi dan kentang, semur pun terdiri dari beraneka macam variasi dalam menghidangkannya, seperti penambahan ikan, telur, tempe, tahu, dan bahan lain-lainnya menurut selera masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sate Ayam

Tidak cuma ada di acara pesta pernikahan saja. Sate sering menjadi sajian Hari Lebaran. Guna menjadikan bumbu kacang sate ayam lebih terasa spesial, Anda dapat menambahkan kecap yang mudah meresap, gurih, dan memiliki cita rasa manis. Tidak boleh sampai kelewatan untuk menyajikan sate ketika lebaran.

Sambal Goreng Ati

Melahap ketupat dan opor kiranya belum komplit tanpa paduan sambal goreng ati. Sajian ini merupakan makanan wajib yang harus ada di meja makan. Terlebih bila Anda adalah pecinta rasa pedas. Sambal goreng ati ini terdiri atas hati sapi dan kentang yang dipotong berupa dadu lalu dimasak dengan sambal cabe merah. Ketika menyantapnya, janganlah lupa untuk melengkapi dengan 1 atau 2 buah kerupuk udang. Tentu semakin lezat.

Sayur Godog

Sajian sayur ini selaku pelengkap ketupat. Di beberapa daerah di Indonesia sayur godog mempunyai beberapa aneka ragamnya. Bahan sayur ini dapat beraneka macam seperti buah pepaya muda, buncis, kacang panjang, daun pakis, labu siam, daun pakis, kacang panjang, buncis, buah pepaya muda dan yang lainnya. Perbedaannya cuma pada campuran beberapa bumbunya.

Nah, itulah beberapa hidangan Lebaran yang jangan terlewatkan ketika Hari Raya Idulfitri tiba. Walau saat ini tidak bisa kemana-mana, Anda tidak perlu bersedih. Karena Anda bisa tetap merasakan sensasi mudik meski cuma di rumah saja.

Leave a Reply

Top