You are here
Home > Berita Nasional >

10 Cara Hindari Cedera Saat Olahraga yang Harus Dilakukan

cara hindari cedera saat olahraga
Bagikan Artikel Ini

Olahraga merupakan hal penting yang bisa dilakukan oleh banyak orang untuk memberikan kondisi sehat pada tubuh. Dalam berolahraga harus perhatikan agar tidak cedera, lalu bagaimana cara hindari cedera saat olahraga? Maka lakukan beberapa hal ini agar sesuai dan aman untuk tetap berolahraga dengan baik:

1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan Sebelum Berolahraga

Pada saat memulai olahraga maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan pemanasan. Pemanasan dalam olahraga ini bertujuan untuk memicu detak jantung agar terbiasa dengan gerakan. Kemudian merangsang otot untuk lebih lemas dan siap dalam menjalankan aktivitas olahraga.

Selanjutnya dalam mengakhiri olahraga juga harus melakukan pendinginan dengan cara baik dan benar. Agar tubuh mulai terasa rileks setelah melakukan aktivitas olahraga yang berat. Jadi pendinginan ini sebagai media untuk menetralisir kondisi tubuh dan menormalkan kembali ke kondisi semula.

2. Pilih Olahraga Yang Sesuai Dengan Kondisi Tubuh

Saat akan berolahraga cara hindari cedera saat olahraga yaitu dengan memilih apa yang sesuai dengan kondisi tubuh. Jika seseorang masih dalam masa penyembuhan maka harus memilih olahraga yang ringan. Jika kondisi prima maka bisa memilih beberapa alternatif olahraga lainnya yang ada dan sesuai.

Kondisi tubuh juga berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang dalam menjalankan aktivitas olahraga. Misalnya saja untuk wanita hamil, lansia dan sebagainya maka disarankan untuk melakukan olahraga ringan. Agar tubuh tetap terjaga dan tidak akan mengalami kendala dan bisa tetap lancar berolahraga.

3. Siapkan Perlengkapan Olahraga Yang Tepat

Tidak hanya mengemudi saja yang perlu persiapan keselamatan. Dalam berolahraga juga penting untuk siapkan perlengkapan olahraga. Misalnya untuk berenang harus memakai pakaian renang dan kacamata renang hingga penutup kepala.

Jika berolahraga seperti sepak bola, senam, basket dan sebagainya maka harus menyesuaikan penggunaan alas kaki. Hal ini dilakukan agar berolahraga sesuai prosedur dan tetap aman tanpa cedera. Juga bisa tetap menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik dan hati-hati.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pentingnya asupan cairan ketika berolahraga juga merupakan cara hindari cedera saat olahraga. Pasalnya jika tubuh dehidrasi efeknya akan mengganggu konsentrasi olahraga, selanjutnya akan mengalami masalah. Sebelum hal tersebut terjadi, maka tetapkan kondisi tubuh dengan sering minum ketika olahraga.

Minum air putih ketika berolahraga ini sangat penting, selain sebagai asupan cairan juga mensuplai oksigen dalam darah. Jadi jangan khawatir saat sering minum air putih ketika berolahraga. Hal ini justru sangat baik untuk kondisi tubuh terhidrasi secara sempurna.

5. Pelajari Teknik Olahraga

Dalam melaksanakan olahraga, apapun bentuknya maka perlu memahami teknik olahraga yang sedang dijalani. Hal ini dilakukan guna menghindari cedera yang dialami ketika berolahraga. Misalnya saja saat senam lantai harus perhatikan tekniknya dengan benar agar tidak mengalami keseleo.

Hal ini terjadi juga untuk olahraga lainnya yang ada dan dipilih, misalnya untuk olahraga yang menggunakan alat fitness. Penggunanya juga harus paham teknik dan caranya secara detail. Supaya tubuh tidak salah dalam melaksanakan proses aktivitas tersebut.

6. Mulai Secara Bertahap

Saat berolahraga yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan segala kegiatan dan aktivitas olahraga dengan bertahap. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara hindari cedera saat olahraga dan tetap bisa aman. Misalnya saja lakukan terlebih dahulu pemanasan sebelum lari dan ketika lari maka pilihlah frekuensi yang lambat terlebih dahulu.

Selanjutnya sesuaikan pula dengan jenis olahraga yang akan dilakukan menggunakan tahapan yang sesuai. Hal ini penting dilakukan agar nantinya kondisi tubuh menjadi lebih terkontrol dan tetap aman. Tahapan tersebut juga memberikan efek penyesuaian pada otot dan seluruh anggota tubuh. Bahkan memberikan efek berbeda ketika memulai untuk melakukan olahraga secara bertahap.

7. Variasi Latihan

Dalam berolahraga juga perlu adanya variasi latihan, tidak selalu harus dilakukan secara monoton. Artinya jika suka dengan jogging maka sesekali ganti olahraga yang lain seperti berenang dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar memberikan pengalaman baru untuk tubuh dalam melakukan beragam variasi gerakan.

Selanjutnya variasi latihan juga memberikan pengalaman yang menarik untuk bisa dilakukan dengan baik. Anggota tubuh pun akan merasakan latihan fisik lainnya untuk memvariasikan otot-otot tubuh. Juga melatih bagian tubuh lainnya dengan menyesuaikan olahraga yang dilakukan dan memberikan pengalaman baru.

8. Paham Kapan Berhenti

Saat berolahraga maka seseorang harus memperhatikan hal penting yaitu paham kapan harus berhenti. Hal ini merupakan salah satu cara hindari cedera saat olahraga yaitu dengan berhenti Jika berolahraga secara berlebihan maka akan memberikan efek yang tidak baik pada tubuh bahkan tubuh tidak sanggup lagi.

Misalnya saja jika seseorang memiliki penyakit penyerta seperti jantung dan melakukan jogging. Sebaiknya juga paham kapan akan berhenti untuk jogging, meskipun ringan namun jika dilakukan terus menerus maka tidak baik untuk tubuh. Efeknya akan buruk terhadap kondisi jantung dan justru akan memicu serangan.

9. Didampingi Oleh Ahli

Ketika berolahraga sebaiknya didampingi oleh ahli, misalnya saja saat berada di tempat fitness. Maka perlu adanya pertolongan dari ahlinya, yaitu dengan memberikan instruksi pada setiap aktivitas olahraga yang sedang dilakukan. Hal ini juga berlaku bagi olahraga lainnya yang ada, jadi akan tetap aman juga nyaman berolahraga.

Didampingi ahli juga akan memberikan rasa aman tersendiri dan memberikan saran terbaik saat beraktivitas olahraga. Para ahli ini tentu sudah paham dan lebih mengetahui caranya sesuai bidangnya. Maka harapannya yang berolahraga tersebut tetap aman dan nyaman saat melaksanakan berbagai jenis olahraga.

10. Konsultasi Dengan Dokter

Cedera saat olahraga merupakan hal berbahaya bagi tubuh jika mengalaminya. Maka sebelum hal tersebut terjadi serta untuk melakukan perlindungan disesuaikan dengan tubuh. Cobalah konsultasi kepada dokter terkait olahraga mana yang cocok dipilih.

Apalagi pasca sakit, konsultasi dengan dokter menjadi lebih penting agar tetap aman dan tubuh terjaga. Hal ini juga memberikan gambaran apa saja yang perlu dilakukan ketika berolahraga serta olahraga apa yang pas untuk dilakukan. Dokter akan memberikan beberapa alternatif serta merekomendasikan mana yang lebih baik.

Dengan memahami cara hindari cedera saat olahraga maka diharapkan bisa melakukan olahraga sesuai prosedur. Selanjutnya juga akan memberikan efek sehat dan bugar terhadap tubuh. Tentunya dengan melihat masing-masing kondisi tubuh agar tetap terjaga dan tidak alami cedera.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top