You are here
Home > Berita Nasional >

Daftar Menu Makanan Khas Kalimantan Barat yang Menggoda Selera

Makanan Khas Kalimantan Barat
Bagikan Artikel Ini

Provinsi Kalimantan Barat memang menyajikan berbagai macam keunikan tersendiri bagi wisatawan. Entah itu wisata alam, wisata kuliner, sampai wisata budaya yang khas banyak menarik perhatian pendatang. Salah satunya adalah dari segi makanan khas Kalimantan Barat yang memiliki banyak penggemar. 

Mulai dari makanan ringan atau sejenis camilan sampai dengan makanan berat yang bisa disantap bersama keluarga. Pilihannya pun cukup beragam sehingga para pecinta kuliner bisa merasakan sensasinya sendiri. Berikut ulasan mengenai makanan khas asal Kalimantan Barat yang bisa dijadikan rekomendasi ketika berkunjung kesana:

1. Bubur Pedas 

Jenis menu makanan khas Kalimantan Barat yang pertama ini memang terbilang unik. Pasalnya bagi yang belum pernah mencoba atau mengetahui jenis kudapan yang satu ini. Pasti mengira bahwa rasa dari bubur yang disajikan memiliki cita rasa pedas layaknya nama yang tersemat. 

Akan tetapi rasa yang dihadirkan justru kebaikan dari anggapan tersebut. Pasalnya nama pedas yang diusung tidak lain hanya sebuah perumpamaan semata. Hal ini dikarenakan bubur asal Kalimantan ini diracik menggunakan berbagai macam bumbu rempah serta beragam sayuran yang khas. Adapun sayuran yang dipakai seperti kangkung, jagung, daun kunyit serta lainnya.

2. Lek Tau Suan 

Pilihan makanan lainnya adalah terbuat dari bahan dasar kacang hijau. Jika dilihat dari nama akan terdeteksi, dimana Lek Tau Suan mengandung arti butiran mutiara kacang hijau. Nama tersebut di ambil dengan alasan sebuah kacang hijau yang tampak berkilau saat menjadi makanan ini. 

Cara memasaknya adalah dengan membuang kulit dari kacang hijau terlebih dahulu. Baru dimasak dengan beberapa bahan lain seperti tepung tapioka sebagai campuran kuahnya. Selain itu juga ada tambahan bahan lain berupa gula serta daun pandan. Kebanyakan orang menikmati makanan ini bersama dengan makanan pendamping seperti cakwe.

3. Bakmi Keriting 

Makanan sejenis bakmi yang dimiliki oleh daerah Kalimantan Barat memang sedikit berbeda dari makanan bakmi pada umumnya. Pasalnya dalam porsi sajian bakmi di sana menggunakan berbagai macam bahan pelengkap. Diantaranya seperti sawi, kepiting, serta potongan ayam. 

Perbedaan lainnya terletak dari tekstur bakmi yang dibuat yakni cenderung lebih kecil dan terasa lebih kenyal. Dengan mengusung suasana seafood yang cukup kental membuat kuah yang dihasilkan juga lumayan gurih di lidah.

4. Kerupuk Basah

Makanan yang satu ini juga cukup unik dimana nama yang diberikan kurang sesuai dengan perwujudan dari makanan itu sendiri. Pasalnya makanan kerupuk basah tersebut bukan berarti kerupuk yang mempunyai ciri khas renyah dipadukan dengan kuasa sehingga menjadi basah. 

Akan tetapi makanan ini sedikit memiliki kemiripan dengan pempek asal Palembang. Dimana adonan yang akan dibuat kerupuk ikan masih dalam keadaan lonjong dimasak dengan cara dikukus. Agar lebih terasa nikmat bisa menikmati kerupuk basah ini dengan pelengkap saus.

5. Mi Sagu

Ternyata bahan sagu juga dipergunakan oleh masyarakat Kalimantan Barat untuk bahan dasar pembuatan mi yang khas. Pasalnya mi yang terbuat dari sagu cukup berbeda dengan mi kebanyakan di pasaran. Dimana bentuknya lebih besar dan tekstur yang dihasilkan juga lebih tebal. Dari segi warna pun juga berbeda dimana mi ini mempunyai warna cokelat yang cenderung kusam. 

Itu tadi pembahasan mengenai beragam jenis makanan khas Kalimantan Barat yang bisa menjadi rekomendasi. Ketika ingin berwisata atau sekedar berkunjung di tanah Kalimantan tersebut. Pasalnya selain kaya akan budaya serta keindahan alam, Kalimantan juga memiliki beragam kuliner yang menarik untuk dicoba.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top