You are here
Home > Olah Raga >

Faktor Kebugaran Jasmani Seseorang yang Bisa Mempengaruhi Tubuh

Faktor Kebugaran Jasmani Seseorang yang bisa Mempengaruhi Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Faktor kebugaran jasmani bisa didapatkan melalui pola hidup seseorang. Kebugaran jasmani adalah kemampuan dalam tubuh untuk bisa menyesuaikan suatu beban fisik yang bisa diterima ketika melakukan kegiatan. Bagi seseorang yang memiliki kesehatan jasmani yang bagus, maka akan bisa menimbang kemampuan fisik yang dimilikinya.

Faktor Kebugaran Jasmani

Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki oleh seseorang, maka semakin bagus juga dalam kemampuan fisiknya. Dengan sering melakukan olahraga, maka membuat seseorang tidak mudah lelah. Sehingga daya tahan tubuh akan lebih meningkat.

Selain itu, juga bisa menambah kekuatan pada otot. Maka dari itu, dengan berolahraga adalah cara yang paling tepat untuk kebugaran jasmani seseorang. Adapun hal yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang adalah seperti:

Usia

Usia dapat mempengaruhi kebugaran jasmani pada seseorang. Setiap tingkatan usia juga memiliki kebugaran jasmani yang berbeda pula. Pada anak-anak tingkat kebugaran jasmani bisa mencapai sampai usia 24-30 tahun.

Jenis Kelamin

Faktor kebugaran jasmani juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Kebugaran jasmani pada pria umumnya lebih baik daripada wanita. Hal tersebut karena pria lebih banyak melakukan sebuah aktivitas berat. Perbedaan tersebut biasanya terjadi pada kekuatan otot.

Makanan

Kebugaran jasmani seseorang juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsinya. Dalam pengolahan sebuah makanan itu juga sangat berpengaruh apabila dikonsumsi. Supaya kebugaran jasmani tetap terkontrol, maka perlu memakan yang memenuhi kebutuhan. Seperti protein, karbohidrat, dan juga lemak yang baik.

Keturunan

Pada faktor kebugaran jasmani yaitu faktor keturunan biasanya berpengaruh pada kapasitas jantung, postur tubuh, perut, sel darah, serat atas, dan juga obesitas. Sifat genetik tersebut juga akan mempengaruhi seseorang dalam kemampuan tubuh, seperti kelenturan, keseimbangan, kecepatan, dan masih banyak lagi.

Istirahat atau Tidur

Dengan tidur, maka kondisi tubuh akan beristirahat serta otot-otot pada tubuh akan kembali dibangun setelah berlatih. Bagi orang yang memiliki kebiasaan kurang tidur, biasanya akan merasa lemah, lesu, dan juga letih. Maka untuk menjaga kebugaran jasmani, aturlah jadwal tidur anda sebaik mungkin demi kesehatan juga.

Itulah beberapa faktor kebugaran jasmani pada seseorang yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top