You are here
Home > Berita Nasional >

8 Makanan Khas Gresik yang Lezat dan Unik

Makanan Khas Gresik
Bagikan Artikel Ini

Selain diketahui menyimpan banyak pilihan tempat wisata, Gresik adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang pula menyajikan banyak pilihan kuliner lezat. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Gresik, tak ada salahnya bila Anda memutuskan untuk berburu makanan khas Gresik sebelum pulang.

Tak usah bingung, inilah 8 rekomendasi makanan khas Gresik yang jangan Anda lewatkan.

1. Pudak

Pudak adalah makanan khas Gresik yang terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Dijajakan dengan tampilan yang unik dan menarik dengan dibungkus memakai pelepah pinang. Makanan ini dibuat dengan memakai bahan dasar berupa tepung beras yang ditambahi gula jawa dan santan. Ketika mencicipinya Anda akan dimanjakan dengan rasa manis dan teksturnya yang khas.

2. Kue Jubung

Kue jubung adalah salah satu makanan khas Gresik yang terkenal dan dapat Anda cicipi. Makanan satu ini adalah kue tradisional yang disuguhkan dengan dibungkus memakai daun pisang atau pelepah pinang. Walaupun menjadi makanan tradisional, namun kue jubung masih banyak dicari sampai sekarang.

Dihidangkan dengan tampilan berwarna cokelat kehitaman karena kue jubung memang terbuat dari bahan dasar ketan hitam. Kue ini pada bagian permukaannya ditaburi wijen sehingga terlihat kian membangkitkan selera.

3. Kue Bonggolan

Kue ini diketahui menawarkan cita rasa yang unik dan khas yang cuma bisa Anda temui di kota semen, Gresik. Bahan dasar pembuatan kue bonggolan ialah dengan memakai daging ikan yang dipadukan dengan beragam rempah. Tampilan kue ini masih amat sederhana dengan dibungkus oleh daun pisang sebagai ciri khas tersendiri.

4. Keripik Bayam

Tak cuma diolah jadi sayur untuk makan, bayam pun bisa diolah jadi cemilan lezat yaitu keripik bayam. Seperti namanya, keripik bayam cuma dibuat dengan menggunakan bahan pokok berupa bayam serta tepung untuk lapisan luarnya. Cita rasanya yang terbilang gurih dan teksturnya yang renyah membuat Anda  tak dapat berhenti mengonsumsinya.

5. Kopi Gresik

Jenis kopi robusta yang disuguhkan dengan cita rasa dan aroma yang khas ini berhasil menarik animo masyarakat setempat maupun wisatawan untuk menikmatinya. Sering kopi ini dicari-cari untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

6. Petis Gresik

Petis udang terkenal sebagai salah satu bahan masakan khas Jawa Timur yang identik dengan rasa dan aromanya yang khas. Gresik merupakan salah satu daerah tempat dimana Anda bisa membeli petis udang berkualitas terbaik. Cita rasa serta aroma khasnya membuat petis udang ini jangan Anda lewatkan.

7. Bandeng Asap

Salah satu olahan bandeng yang terkenal di Gresik ialah bandeng asap. Makanan khas Gresik satu ini tak cuma banyak digemari masyarakat setempat, namun banyak dicari wisatawan. Seperti julukannya, bandeng asap adalah olahan bandeng yang dibuat lewat proses pengasapan. Lantaran lewat proses itu, bandeng mempunyai aroma khas dan lebih awet. Di samping cocok untuk disantap langsung, bandeng asap pun dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat masakan.

8. Otak Otak Bandeng

Kuliner satu ini mempunyai cita rasa enak dan amat cocok untuk disantap langsung atau dipilih sebagai lauk ketika makan. Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih, otak otak bandeng khas Gresik akan membuat Anda ketagihan sesudah mencicipinya.

Demikianlah 8 makanan khas Gresik yang terkenal dan wajib Anda tahu. Bila berkesempatan datang dan menghabiskan waktu liburan di Gresik, makanan khas manakah yang paling ingin Anda  bawa pulang?

Leave a Reply

Top