You are here
Home > Berita Nasional >

Larangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit, Ini Fakta Sebenarnya!

Larangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit Ini Fakta Sebenarnya
Bagikan Artikel Ini

Larangan naik motor pakai sandal jepit kini sedang ramai sekali diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, di media sosial ramai sekali diperbincangkan bahwa para pengendara sepeda motor yang memakai sandal jepit akan ditilang.

Kabar ini tentunya menuai banyak pro dan kontra masyarakat, khususnya pengguna sepeda motor. Lalu apakah benar jika pengendara motor bersandal jepit akan dikenakan sanksi tilang?

Fakta Larangan Naik Motor Pakai Sandal Jepit

Tersebarnya kabar viral ini berawal dari berita adanya aturan baru dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang melarang pengendara motor pakai sandal jepit.

Harus Anda tahu, larangan ini hanyalah isu semata. Jadi, Korlantas Polri sifatnya tidak melarang pengendara memakai sandal jepit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fakta terkait kabar tersebut.

1. Bukan Larangan dan Hanya Bersifat Himbauan

Sebenarnya Korlantas hanya menghimbau untuk para pengendara agar menghindari memakai sandal jepit saat naik motor. Alasannya sebenarnya sangat baik, sebab semua ini demi keselamatan para pengendara motor.

Dengan memakai sepatu, maka meminimalisir terjadinya luka jika terjadi hal yang tidak kita inginkan, seperti terjatuh. Bahkan jika mampu, Polri menyarankan untuk menggunakan sepatu berkendara yang lebih safety.

Namun, karena harganya juga tidak murah paling tidak pengendara selalu safety dengan menggunakan sepatu saat berkendara. Jadi, sandal jepit tidak bisa memberikan perlindungan pada kaki. Maka dari itulah, Polri menyarankan untuk memakai sepatu saat berkendara.

2. Tidak Ada Sanksi Tilang untuk Pengendara

Karena hanya bersifat himbauan saja, maka tidak ada aturan penilangan ataupun larangan naik motor pakai sandal jepit. Jadi, apabila berjumpa dengan pengendara yang menggunakan sandal jepit, hanya diingatkan saja supaya bisa lebih melindungi diri. Kemudian juga tidak ada sanksi tilang untuk pengendaranya.

3. Viral di Medsos

Kabar ini cepat sekali menyebar luas di medsos. Tapi, sayangnya sebagian warganet salah dalam menyikapi kabar ini. Mereka menganggap jika larangan sandal jepit akan dikenakan sanksi tilang. Padahal, faktanya ini hanyalah himbauan keselamatan saja.

4. Aturan Ini Ternyata Sudah Tertera di UU Lalu Lintas

Aturan untuk menggunakan alas kaki yang safety ini sebenarnya sudah tertera dalam UU No 14 Tahun 1992. Dalam UU ini dijelaskan jika pengendara sepeda motor dihimbau untuk menggunakan alas kaki yang memadai untuk keselamatan.

Korlantas sangat berharap jika himbauan ini diindahkan oleh warga masyarakat. Jika masyarakat sadar akan himbauan ini dengan menggunakan alas kaki yang memadai, maka tentu saja akan meminimalisir kejadian fatal pada saat berkendara.

Korlantas mengajak masyarakat mau memaksimalkan ikhtiar. Sedangkan, apabila masih terjadi hal yang tidak diinginkan, maka kita kembalikan pada Tuhan. Sebab, Tuhan sudah punya rencana.

Namun, adanya usaha dengan himbauan ini bisa memperkecil fatalitas kecelakaan dengan memberikan perlindungan yang cukup pada anggota tubuh, khususnya pengguna roda dua. Jadi larangan naik motor pakai sandal jepit tidak ada, hanya sebatas himbauan saja.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top