You are here
Home > Berita Nasional >

Inilah 3 Teknik Mengolah Paru Sapi yang Enak dan Sehat

Inilah 3 Teknik Mengolah Paru Sapi yang Enak dan Sehat
Bagikan Artikel Ini

Ada sejumlah teknik mengolah paru sapi yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh sajian paru sapi yang variatif dan enak. Bagi Anda yang belum tahu, paru sapi merupakan salah satu jenis jeroan yang ada pada daging sapi atau daging merah lainnya. Jeroan ini merupakan yang paling disukai sebab mempunyai tekstur yang kenyal dan cita rasa gurih. Kecuali enak, ada berbagai manfaat paru sapi yang dapat Anda peroleh bila mengonsumsinya dalam jumlah yang normal. Ada berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalamnya seperti lemak, protein, zat besi, dan beragam mineral utama lainnya.

Cara Mengolah Paru Sapi yang Sehat

Anda mesti tahu bagaimana mengolah paru sapi untuk dapat memperoleh manfaatnya secara optimal sebelum mengolahnya jadi beraneka macam variasi menu masakan. Di bawah ini cara pengolahan paru sapi yang tepat agar tekstur kenyalnya tetap ada dan bau amisnya menjadi hilang.

1. Pilih Paru Sapi yang Memiliki Kualitas Baik

Anda harus memilih paru sapi berkualitas baik sebelum mengolahnya agar hasil masakannya pun berkualitas. Ciri-ciri daging sapi berkualitas baik, diantaranya:

Punya Tekstur Kenyal dan Tak Berlendir

Tekstur merupakan salah satu penentu untuk memastikan kualitas dari paru sapi yang akan dimasak. Paru sapi yang dengan kualitas baik dan segar akan mempunyai tekstur yang kenyal seperti spons ketika disentuh. Disamping itu, cermati pula permukaan paru sapi ketika menyentuhnya. Pastikan di bagian permukaannya tak berlendir. Bila memiliki lendir, sebaiknya janganlah membeli paru itu sebab kualitasnya tentu sudah tak baik lagi.

Berwarna Merah Segar

Paru yang memiliki kualitas baik tentu mempunyai warna merah segar. Tidak boleh sesekali membeli daging berwarna biru kehitaman. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa daging itu tidak lagi segar dan kualitasnya pun jelek.

Lihat Bagian Tengah Paru Bila Membeli yang Telah Direbus

Di samping dijual dalam kondisi mentah, paru sapi pun umumnya dijual dalam kondisi telah direbus. Bila membeli paru dalam kondisi telah direbus, Anda pun mesti tetap memerhatikan kualitasnya sebab bisa saja paru yang dijual itu dimasak dari paru yang tak segar. Pastikan kalau bagian tengah paru rebus mempunyai warna cokelat kemerah-merahan. Bila mempunyai warna cokelat cenderung hitam, maka jauhilah untuk membelinya. Karena kualitas paru itu buruk.

2. Bersihkan Sebersih Mungkin

Sebelum memasak daging sapi jangan lupa mencucinya terlebih dahulu. Tak dapat asal membersihkan sebab paru mempunyai banyak sekali otot-otot berlubang dan serat yang jadi tempat penting kotoran. Cucilah di bawah air yang mengalir sambil menggosoknya dengan pelan-pelan agar kotorannya rontok. Ingat, berilah perhatian ekstra pada otot berlubang sebab di sanalah bermacam kotoran menimbun sehingga mesti dibersihkan.

3. Cara Memasak Paru Sapi

Sekarang waktunya Anda mulai memasak paru sapi dengan cara yang tepat. Berikut ini panduannya.

  • Hendaknya paru direbus terlebih dulu sebelum diberi bumbu dan dimasak untuk melenyapkan bau dan menyebabkan tekstur daging jadi lebih empuk saat disantap.
  • Potonglah jadi 2-4 bagian agar tekstur kenyal pada paru terus terjaga. Di samping itu, cara ini menyebabkan proses masak jadi kian cepat.
  • Rebuslah paru sampai menyusut dan jangan lupa bubuhkan daun jeruk dan daun salam guna mengusir bau amisnya.
  • Bila telah matang, paru itu dipotong dadu atau diiris tipis. Dibuang saja jika masih terdapat bagian yang keras.
  • Akhirnya silakan dibumbui dan diolah menurut selera Anda sendiri.

Demikianlah cara-cara mengolah paru sapi yang tepat. Walau makanan ini enak dan kaya manfaat, sebaiknya Anda tak terlalu banyak menyantapnya sebab mengandung kolesterol yang relatif tinggi. Alhasil konsumsilah dalam batas yang wajar saja dan imbangilah dengan makanan yang mengandung gizi lainnya.

Leave a Reply

Top