You are here
Home > Berita Nasional >

Gara-gara Pinjol Ilegal, Seorang Ibu Gantung Diri

Seorang Ibu Gantung Diri
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Kontroversi kembali terjadi gegara Pinjol Ilegal. Kali ini, seorang Ibu Gantung diri sebab terlilit hutang kepada pinjaman online yang ilegal. Insiden ini terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah. Akhir-akhir ini, kasus yang menjerat Pinjol memang sedang trend. Banyak sekali modus yang dilakukan.

Namun kali ini, Pinjol Ilegal memakan korban. Diduga stress akibat ditagih hutang bersama bunganya yang terlalu besar, seorang Ibu di Wonogiri meninggal gantung diri. Tentu, lilitan hutang ini bukan perkara yang sepele. Terlebih bagi seorang ibu rumah tangga yang setiap hari memiliki banyak urusan.

Tersangka Ditangkap oleh Bareskrim Polri

Saat ini, kasus tersebut sudah dibawa ke ranah hukum. Sebanyak tujuh tersangka pinjaman online ilegal akhirnya ditangkap di beberapa wilayah sekitar Jakarta dan Tangerang. Pelaku tersebut mengaku sudah bekerja lama untuk pinjol ilegal.

Pelaku tersebut mengaku jika gaji yang mereka terima sebagai debt collector adalah 15 juta per bulan. Sebuah gaji yang besar tentunya untuk sebuah pekerjaan semacam itu. Namun karena tekanan yang diberikan terlalu besar, akhirnya ibu di Wonogiri tersebut memutuskan bunuh diri.

Tidak heran jika saat ini, berbagai kasus yang dilakukan oleh Pinjol Online sangat meresahkan masyarakat. Awalnya mereka menawarkan sebuah pinjaman yang sangat bersahabat. Mulai dengan kecepatan cair, bunga rendah, dan kemudahan-kemudahan lain.

Namun lambat laun, mereka memberikan sebuah keputusan yang merugikan peminjam. Akhirnya, peminjam terlilit hutang yang tidak bisa terbayarkan. Maka tidak heran jika akhirnya banyak orang yang stress terlilit hutang pada pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab.

Selama tidak ada ketegasan hukum yang diberikan oleh pihak berwajib terkait Pinjol Ilegal ini, maka tidak mustahil jika kasus-kasus serupa akan terjadi kembali. Lilitan hutang adalah masalah yang serius bagi seseorang, maka dari itu, pinjol ilegal yang tidak memiliki dasar hukum dan izin harus diberantas hingga ke akar-akarnya.

Masyarakat Harus Cerdas Memilih

Kebutuhan setiap manusia tentu beragam. Sehingga tidak heran jika suatu saat, seseorang membutuhkan uang secara mendadak. Akhirnya, mereka mengambil keputusan untuk meminjam uang.

Kondisi seperti itu dimanfaatkan oleh para Pinjol Ilegal. Mereka menawarkan dana dengan cepat dan mudah. Namun ketika sudah berhasil mendapatkan nasabah, mereka akan mencekik dan memberikan banyak tekanan yang membuat nasabah stress.

Maka dari itu, masyarakat dituntut untuk cerdas memilih platform pinjaman yang benar-benar resmi dan terdaftar OJK. Selain itu, harus ada mekanisme ataupun SOP yang jelas terkait pinjaman yang dilakukan.

Kasus seorang ibu gantung diri akibat terlilit hutang pada Pinjol Ilegal ini harus dijadikan pelajaran bagi semua pihak. Saat ini, banyak sekali oknum-oknum yang memanfaatkan kesukaran orang lain tanpa rasa kasihan. Maka dari itu, masyarakat perlu berhati-hati.

 

Leave a Reply

Top