You are here
Home > Berita Nasional >

Begini Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Online

BLT BPJS Ketenagakerjaan
Bagikan Artikel Ini

Di tengah situasi wabah dan aturan PPKM, pemerintah memberikan beragam jenis program bantuan untuk mendukung finansial masyarakat. Salah satunya melalui program BLT atau bantuan langsung tunai. Ada beberapa jenis BLT yang diturunkan oleh pemerintah, di antaranya ada BLT BPJS Ketenagakerjaan. BLT ini diberikan kepada warga yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Jumlah Penerima Menurun

Adanya program BLT ini memang bertujuan untuk membantu memperbaiki kondisi ekonomi pasca gempuran COVID-19. Bantuan yang diturunkan diharapkan bisa menjadi penolong bagi masyarakat untuk menyambung kebutuhan hidup. Besar BLT yang dicairkan sebesar Rp500.000,00 per bulan selama dua bulan.

Program ini sudah dijalankan juga tahun lalu sehubungan dengan merebaknya wabah Corona. Namun, di tahun 2021 ini jumlah penerima BLT harus mengalami penurunan. Dibandingkan program tahun lalu, jumlah penerima bantuan lebih sedikit. Salah satu penyebabnya adalah ada batasan gaji yang jauh lebih sedikit serta penerima BLT dibatasi cukup di daerah PPKM.

Cek Nama Penerima

Kabar pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan ini tentu menjadi kabar gembira. Masyarakat berbondong-bondong memeriksa apakah namanya termasuk ke dalam daftar penerima. Cara memeriksa nama penerima BLT ini cukup mudah dan bisa dilakukan secara online. Berikut adalah 2 pilihan cara memeriksa nama penerima BLT ini:

1. Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan

Pemeriksaan nama penerima BLT bisa dilakukan lewat situs BPJS Ketenagakerjaan. Langsung saja masuk ke bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. Di sana dapat ditemui menu cek calon penerima BSU yang bisa ditemui dengan scroll ke bawah. Nantinya bisa dilakukan pengisian kolom identitas meliputi NIK, nama lengkap, serta tanggal lahir.

Jika identitas sudah diisi lengkap dan dipastikan benar, langsung centang kode captcha yang ditampilkan. Hanya dengan klik menu lanjutkan nantinya sistem akan bekerja secara otomatis. Hasil pencarian bisa terlihat dan langsung bisa diketahui apakah termasuk sebagai calon penerima BLT atau tidak.

2. Melalui Laman SSO BPJS Ketenagakerjaan

Pemeriksaan nama penerima BLT ini juga bisa dilakukan melalui sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Langsung login saja dengan akun yang sudah dimiliki dan jika belum ada akun bisa mendaftar terlebih dahulu. Setelah berhasil login nantinya bisa diklik di bagian dashboard Bantuan Subsidi Upah. Sistem secara otomatis akan menampilkan hasil pencarian.

Apabila tercantum sebagai penerima BLT, maka segera ikuti prosedur pencairan bantuan ini. BLT dapat dicairkan melalui berbagai bank seperti BRI, BTN, Mandiri, juga BNI. Daftar bank yang bisa membantu proses pencairan ini adalah layanan bank BUMN.

 Syarat Penerima

Tentu saja tidak semua masyarakat akan menerima bantuan tunai ini. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi calon penerima BLT. Pihak penerima harus merupakan WNI dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan terhitung sampai tanggal 30 Juni 2021. Penerima juga harus merupakan pekerja atau buruh yang mendapatkan upah.

Syarat lain yang harus dipenuhi oleh penerima BLT adalah bekerja di daerah yang mengalami PPKM level 3 dan 4. Diutamakan penerima bekerja di bidang industri transportasi, barang konsumsi, properti, serta perdagangan dan jasa. Gaji yang diterima paling banyak Rp3,5 juta per bulan. Namun syarat minimal ini bisa lebih besar menyesuaikan jumlah UMK masih-masih wilayah.

BLT BPJS Ketenagakerjaan diharapkan bisa menjadi program yang memberikan uluran bantuan dan bisa bermanfaat. Khususnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang dimana kondisi finansial sebagian besar masyarakat mengalami kesulitan. Segera cek nama penerima dan lakukan pencairan secepatnya untuk menikmati bantuan tunai ini.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top