You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Kepiting Saus Padang yang Lezat dan Terkesan Mewah

Resep Kepiting Saus Padang yang Lezat dan Terkesan Mewah
Bagikan Artikel Ini

Kepiting adalah salah satu jenis seafood yang paling terkenal di Indonesia. Cita rasa dari kepiting lezat yang dipadukan dengan bermacam-macam bumbu atau rempah menyebabkan hidangan dari kepiting menjadi demikian terkenal. Salah satu olahan kepiting yang terkenal di Indonesia ialah kepiting saus padang. Resep kepiting saus padang menjadi rujukan untuk bisa menikmatinya di rumah.

Bumbu saus padang yang lezat disatukan dengan daging kepiting yang lembut menjadikan makanan ini terkesan mewah. Anda dapat membikin olahan lezat ini di rumah. Inilah resep kepiting saus Padang yang dapat Anda contek di rumah.

Kepiting Saus Pedas Sederhana

Resep yang pertama ini amat mudah untuk diikuti. Pertama-tama, siapkanlah bahan-bahannya yang terdiri dari air, kecap manis, bawang bombay, serai, tomat merah, saus tiram, garam, kemiri, cabai merah besar, bawang putih, cabai rawit, dan kepiting. Untuk membikin kepiting saus padang ala rumahan ini, pertama-tama cucilah kepiting sampai bersih lalu potonglah menjadi beberapa bagian kemudian kukuslah selama kira-kira 15 menit.

Sambil menanti matang daging kepiting, haluskanlah bumbu berupa cabai merah, bawang merah, cabai rawit, dan bawang putih. Tumislah bumbu halus sampai mengeluarkan aroma harum lantas masukkanlah air secukupnya. Aduklah sampai merata, masukkan gula, saus tiram, garam, dan kecap manis. Selanjutnya angkatlah kepiting kukus, masukkanlah ke dalam bumbu yang sudah ditumis.

Setelah itu campurlah semua bahan dengan bumbu sampai tercampur dengan merata. Kocoklah telur dalam wadah khusus lalu masukkanlah ke dalam bumbu yang sudah ditumis. Masaklah selama beberapa waktu sampai bumbu meresap dan menjadi lebih kental. Kini kepiting saus pedas sederhana telah siap dihidangkan dengan nasi hangat.

Kepiting Rajungan Udang Saus Padang

Kali ini kepiting pun dapat dipadukan dengan jenis seafood lainnya seperti udang. Kepiting rajungan adalah salah satu jenis kepiting yang paling banyak digunakan. Anda dapat memakai kepiting rajungan dan udang untuk membuat hidangan ini. Bahan yang harus Anda persiapkan adalah daun bawang, telur, minyak zaitun, gula, garam, air mineral, saus tiram, serai, saus sambal, daun salam, saus tomat, jahe, bawang bombay, udang berukuran sedang, dan kepiting rajungan berukuran sedang. Siapkanlah juga bumbu halusnya berupa bawang merah, kemiri, dan bawang putih.

Sesudah semua bahan lengkap, rebuslah kepiting rajungan itu bersama dengan bawang bombay yang sudah dipotong, 2 lembar daun salam, bubuhhkan 1 sendok minyak zaitun. Sambil menanti kepiting siap, haluskanlah kemiri dan bawang merah. Lalu panaskanlah minyak goreng atu margarin kemudian masukkanlah bumbu yang sudah dihaluskan, tumislah sampai berbau harum. Berikutnya ditumis secara terus-terusan supaya bumbu tidak gosong.

Masukkanlah 2 lembar daun salam, saus tiram, bawang bombay, serai, dan jahe yang sudah digeprek. Kemudian dioseng kembali. Setelah itu, masukkanlah sambal dan saus tomat, ganti saus tomat dengan saus sambal bila ingin memperoleh rasa pedas yang lebih tajam. Masukkanlah kepiting rajungan serta udang, gorenglah pelan-pelan supaya tercampur rata. Janganlah mengaduknya terlampau kasar sebab bisa menyebabkan rajungan jadi hancur, lalu tambahkanlah air secukupnya. Tunggulah sampai ada letupan mendidih lantas bubuhkan garam dan gula.

Apabila telah mendidih, masukkanlah telur dan hancurkan pelan-pelan, osenglah kembali sampai matang. Lekas kompor dimatikan bila dianggap telah matang. Tidak boleh memasaknya sampai terlalu matang sebab bisa menyebabkan tekstur udang jadi keras. Hidangkan di atas piring saji lantas disantap bersama dengan nasi hangat.

Kepiting benar-benar bisa menjadi hidangan lezat yang membangkitkan selera. Disamping lezat, kepiting mempunyai beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Anda dapat memasaknya dengan menggunakan bumbu khas Indonesia yang populer lezat. Resep kepiting saus Padang di atas amatlah gampang untuk diterapkan di rumah.

Leave a Reply

Top