You are here
Home > Berita Nasional >

5 Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan

Cara Menghilangkan Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan
Bagikan Artikel Ini

Rasa cemburu pada dasarnya memang wajar dimiliki oleh seseorang sebagai salah satu bentuk tanda sayang. Akan tetapi jika porsi cemburu tersebut berlebihan justru bisa berdampak kurang baik terhadap hubungan yang tengah dibina, bahkan berpotensi untuk menimbulkan kekacauan. Maka dari itu penting kiranya memahami cara menghilangkan cemburu berlebihan terhadap pasangan untuk menjaga keharmonisan.

Bahkan sebagian orang menganggap bahwa sikap cemburu merupakan bumbu yang ada dalam sebuah hubungan. Konon katanya rasa semacam ini hadir lantaran adanya rasa keinginan memiliki dari pasangan. Walaupun dinilai sebagai bumbu yang membuat hubungan jadi berwarna, namun jika cemburu dalam kadar tertentu dapat memicu pertengkaran. Berikut jajaran cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebih terhadap pasangan:

1. Jangan Terlalu Bergantung Dengan Pasangan

Walaupun beban untuk mencari nafkah adalah tugas dari kepala rumah tangga alias suami, namun sebagai istri sebaiknya tidak bergantung sepenuhnya kepada suami. Hal demikian juga berlaku untuk sebaliknya. Yakni meskipun memasak umumnya dibebankan kepada sang istri, suami juga sebaiknya tidak menguntungkan seluruh urusan masakan kepada istri.

Meskipun sepasang suami dan istri yang banyak menghabiskan waktu bersama, jangan sampai lupa jika keduanya adalah individu yang memiliki sejumlah perbedaan. Maka mengurus kehidupan orang lain bukan termasuk hal yang baik. Untuk itu jika terdapat sebuah masalah yang tadinya kecil dan dianggap biasa saja, akibat sering diurus tidak menutup kemungkinan untuk membesar.

2. Memberikan Kepercayaan Kepada Pasangan

Ada kemungkinan seseorang yang memiliki rasa cemburu berlebihan kepada pasangannya dipicu oleh pengalaman sebelumnya yang dibohongi ataupun disakiti oleh sang mantan. Dari pengalaman tersebut membuat seseorang menjadi susah percaya dengan orang lain yang masuk di hidupnya. Jika hal yg dikhawatirkan tidak terjadi secara nyata di depan mata sebaiknya beri kepercayaan terhadap pasangan.

3. Membicarakan Apa Yang Dirasakan

Merancang skenario seorang diri terkait pasangan dapat dibilang kurang baik untuk dilakukan. Pasalnya bisa dikatakan semakin sering seseorang berspekulasi maka kemungkaran rasa cemburu yang dirasakan juga akan semakin besar. Dari pada spekulasi yang ada di kepala semakin menjadi-jadi. Alangkah baiknya jika membicarakan apa yang diinginkan atau dirasakan kepada pasangan untuk mencari jalan keluar bersama.

4. Menghindari Mengambil Tindakan Ketika Sedang Emosi

Pilihan cara menghilangkan cemburu berlebihan berikutnya adalah tidak bertindak saat sedang dalam keadaan emosi. Mengingat kemungkinan banyak hal berakhir kurang baik jika dilakukan pada saat emosi. Cara ini memang susah-susah gampang mengingat menahan emosi bukan perkara yang mudah dilakukan.

Misalnya saja seperti ketika seseorang hendak protes terhadap pasangan mengenai permasalahan yang tergolong kecil. Bisa berubah menjadi besar karena orang tersebut tengah dalam pengaruh emosi yang memuncak. Maka dari itu solusinya adalah dengan menahan emosi, lalu membicarakan hal yang dirasakan dalam keadaan lebih tenang dan logis.

5. Menghindari Mengakses Hal Pribadi Tentang Pasangan

Membuka akses pribadi pasangan mungkin sering dilakukan seperti mengecek pesan yang dinilai untuk menghindarkan dari terjadinya perselingkuhan. Padahal tindakan tersebut berpotensi menimbulkan salah paham terhadap pesan yang dibaca hingga memunculkan rasa cemburu bahkan pertengkaran dengan pasangan. Mengingat umumnya orang yang membaca pesan pribadi dari pasangan berkemungkinan untuk mengartikannya berbeda.

Demikian ulasan mengenai 5 cara menghilangkan cemburu berlebihan terhadap pasangan. Tentu hal ini penting untuk dilakukan sebagai langkah menjaga keharmonisan hubungan yang dijalani. Pasalnya permasalahan kecil kerap menjadi salah paham hingga bisa berujung pada pertengkaran bahkan perpisahan akibat rasa cemburu yang keterlaluan.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top