You are here
Home > Berita Nasional >

3 Cara Cek Sertifikat Vaksin Di Laman Pedulilindungi Dengan Mudah

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Bagikan Artikel Ini

Vaksin merupakan salah satu program yang digagas oleh pemerintah sebagai bentuk bagian dari penanganan kasus pandemi virus Corona. Bagi warga masyarakat yang telah menjalani vaksinasi nantinya akan memperoleh sertifikat yang dapat dilakukan cek ulang. Sementara bagi yang belum mengetahui cara cek sertifikat vaksin, dapat mencoba lewat 3 cara pada peduli lindungi.

Laman tersebut tergolong bersifat resmi yang telah disediakan oleh pemerintah guna memberikan bantuan terhadap instansi yang bersangkutan guna melakukan pelacakan. Serta pedulilindungi vaksin juga dijadikan oleh pihak pemerintah sebagai syarat yang harus dimiliki oleh orang yang hendak bepergian. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa sertifikat vaksin:

Melalui Website

Salah satu pilihan cara yang dapat dikerjakan guna cek sertifikat dari vaksin adalah lewat sebuah website dengan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Kunjungi Website

Orang yang hendak cek vaksin dapat membuka website resmi yang telah disediakan oleh pihak pemerintah. Adapun situs website tersebut memiliki alamat https://www.pedulilindungi.id/periksa-sertifikat. Kemudian lanjutkan dengan melakukan pengisian terhadap info login seperti yang ada di petunjuk. Apabila belum mempunyai akun, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

2. Memasukkan Data

Jika telah berhasil masuk dalam laman yang telah disebutkan sebelumnya. Maka bisa lanjut pada tahap berikutnya, yaitu dengan memasukkan sejumlah data vaksinasi yang diperlukan. Diantara data tersebut seperti Nama Lengkap, kemudian ada NIK atau bisa juga memakai No. Paspor, baru isi Tanggal Lahir. Selain itu juga ada Tanggal Vaksinasi dan terlahir adalah Jenis Vaksinasi yang telah diterima.

3. Melakukan Pemeriksaan

Sesudah melakukan pengisian data dengan sesuai dan benar, cara cek sertifikat vaksin dapat berlanjut untuk mengklik tombol bertuliskan ‘Periksa’. Langkah ini diperlukan untuk menampilkan hasil pengecekan. Namun jika yang terjadi adalah sertifikat tidak ditemukan. Maka bisa menghubungi Call Center 119.

Melalui Aplikasi

Selain lewat website, pengecekan sertifikat dari program vaksinasi juga bisa memakai sebuah aplikasi. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasi pedulilindungi dari smartphone. Setelah berhasil, buka aplikasi dan dianjurkan untuk mengaktifkan GPS. Bagi pengguna baru di aplikasi, lakukan pembuatan akun terlebih dahulu dengan mengisi nama lengkap layaknya yang tertera di KTP beserta nomor hp aktif.

Baru setelah tahapan aktivasi selesai dilakukan, maka bisa menuju ke tahap berikutnya yaitu masuk di dashboard aplikasi ini. Lalu pilih masuk pada akun pribadi, letaknya ada di sisi kanan sebelah atas. Selanjutnya pilih pada sertifikat vaksin sekaligus isikan nomor NIK beserta nama lengkap dari pemilik. Langkah terakhir adalah mendownload sertifikat berbentuk digital tersebut.

Melalui SMS

Ternyata pesan singkat juga dapat dipakai untuk melakukan pengecekan sertifikat dari program vaksinasi. Akan tetapi cara yang satu ini hanya dapat dijalankan ketika seseorang sudah mendapatkan sebuah notifikasi yang berasal dari pihak pedulilindungi. Umumnya pemberitahuan tersebut akan dikirimkan pada nomor hp yang sudah didaftarkan ketika seseorang menjalankan program vaksinasi.

Untuk lama waktu pengiriman SMS notifikasi tersebut lumayan beragam. Dimana sebagian langsung memperoleh kiriman SMS sesaat setelah menjalankan vaksinasi. Namun tidak sedikit yang baru mendapatkan kiriman SMS tersebut berselang 1 hingga 2 hari sesudah divaksin. Baik untuk vaksinasi tahap 1 maupun tahap 2.

Demikian ulasan mengenai pilihan cara cek sertifikat vaksin berdasarkan 3 media dengan beberapa tahapan. Dimana setiap cara memiliki langkah yang berbeda, mengingat media yang dipakai juga tidak sama. Cara pertama bisa memakai website yang telah disediakan oleh pemerintah, sementara cara kedua bisa melalui sebuah aplikasi khusus. Serta terakhir adalah lewat sms bagi yang telah mendapatkan kiriman notifikasi.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top