You are here
Home > Otomotif >

Kelebihan dan Kekurangan, Posisi Gigi Mobil Matic Yang Tepat

Kelebihan dan Kekurangan Posisi Gigi Mobil Matic Yang Tepat
Bagikan Artikel Ini

Posisi gigi mobil matic cenderung mudah namun mengecoh. Maka sebelum mencobanya secara langsung sebaiknya mempelajari teori dasar terlebih dahulu. Dengan ini ketika anda mulai mempraktekan sudah mempunyai ilmu yang bisa menjadi pedoman.

Beberapa perbedaan posisi gigi mempunyai fungsi masing masing. Misalnya bagaimana posisi yang tepat saat berhenti di lampu merah, bagaimana saat parkir, atau saat berjalan maju dan sebagainya.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya mengemudilah dengan konsentrasi. Fokuskan pikiran pada jalan dan kemudi anda.

Beberapa Posisi Gigi Mobil Matic

Mobil matic merupakan kepanjangan dari automatic, atau mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Berbeda dengan transmisi manual yang lebih ribet.

Perkembangan pada mobil matic ini dinilai lebih canggih dan mudah untuk digunakan. Meskipun pengoprasiannya lebih mudah namun meiliki tingkat keamanan yang lebih baik dari pada mobil manual.

Tuas P (Park)

Pada posisi gigi mobil matic ini biasanya digunakan untuk parkir. Namu bisa juga jika mobil berada dalam kondisi macet, yang lebih dari 10 menit tidak bergerak sama sekali. Jadi pastikan posisi yang tepat saat berhenti di lampu merah pada tuas P.

Tuas R (Return)

Memiliki sebutan return dalam bahasa Inggris yang artinya kembali atau mundur. Posisi tuas ini akan digunakan akan aman jika untuk mundur.

Tuas N (Neutral)

Pada saat mobil dalam kondisi berhenti posisi gigi sebaiknya pada N. Bisa juga dalam posisi macet yang parah menggunakan posisi N ini. Pada saat posisi gigi N ini sebaiknya dibantu dengan rem tangan agar berhenti total. Sedangkan posisi kaki anda harus melepaskan pedal rem maupun gas.

Ketepatan ini sebaiknya anda perhatikan dengan konsentrasi. Jangan sampai gagal fokus karena sekali salah akan berakibat fatal.

Tuas D (Drive)

Posisi gigi mobil matic akan digunakan untuk berjalan maju. Saat mengendarai akan ada beberapa tuas khusus, yaitu D1, D2, dan D3. Hal ini akan mempengaruhi kecepatan dan kestabilan laju yang akan anda gunakan.

Penggunaan tuas D1 dan D2 biasanya digunakan pengendara pada jalanan yang menurun dan panjang. Hal ini biasa dipakai saat engine brake juga dalam tanjakan yang curam.

Sedangkan pada tuas D3, tuas persneling ini merupakan posisi tertinggi dari mobil matic. Maka fungsinya sebenarnya sama hanya levelnya yang berbeda.

Tuas L

Pada posisi ini biasanya digunakan untuk jalan yang menanjak. Biasakan untuk selalu menginjak rem untuk saat akan melakukan perpindahan tuas agar lebih aman.

Kelebihan Mobil Matic

Setelah membahas posisi gigi mobil matic akan lebih baik jika kita mengetahui apa saja yang menjadikannya pilihan anak muda. Karena pada perkembangan teknologi ini pertimbangan dari kelebihannya menjadi pilihan.

Pemakaian Mudah

Dengan transmisi matic ini akan memudahkan pengemudinya. Maka dengan inilah para kawula muda memilih mobil ini karena praktisnya. Keefisienan penggunaannya inilah yang membuat kenaikan peminatnya.

Banyak sekali pengguna mobil manual yang beralih ke matic. Apalagi para kaum perempuan, seperti ibu-ibu yang cenderung memilihnya karena mudah.

Penggunaan Nyaman

Alasan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna yang mementingkan kenyamanan. Pasalnya pada saat posisi gigi mobil matic melakukan perpidahan tidak membuat kaki menjadi mudah pegal.

Pengemudi mobil matic hanya memerlukan satu kaki yang berfungsi ganda untuk menginjak gas dan rem. Maka kenyamanan dan kemudahan inilah yang lebih menjadikna pertimbangan membelinya.

Lebih Aman dalam Berbagai Medan

Dengan perpindahan tuas pada mobil matic tidak menimbulkan kekhawatiran pada pengemudinya. Tidak rawan saat mobil mundur, tidak seperti transmisi manual.

Pada saat menghadapi kemacetan juga lebi membuat pengean. Apalagi saat terjadi kemacetan padat yang membuat pengemudi beberapa kali melakukan oper pada tuas gigi.

Dibalik beberapa kemudahan dan kenyamanannya, mobil matic juga memiliki kekurangan. Nah berikut ini merupakan beberapa contohnya.

Bahan Bakar Lebih Boros

Pada kemudahan dalam mengganti posisi gigi mobil matic namun juga terdapat kekurangan dalam hal bahan bakarnya. Perputaran mesin saat pemakaian cenderung tidak teratur dan membuatnya lebih boros bil automatic ini bahan bakar.

Spesifikasi transmisi pada mobil matic ini yang menjadi pengaruhnya. Torque Converter pada mobil automatic ini menjadi penyebab terjadinya tingkat RPM. Daripada mobil manual yang cenderung lebih hemat bahan bakar.

Biaya Perawatan

Sudah bisa dipastikan dalam sebuah kemudahan akan ada kesusah, begitu pula sebaliknya. Hal ini juga terjadi pada mobil matic, jika kelebihannya mudah dalam pemakaiannya mobil ini juga mempunyai kekurangan dalam hal perawatan.

Biaya dalam mengganti suku cadang juga lebih mahal. Apalagi jika terjadi kerusakan teknis tidak semua teknisi bisa memperbaiki mobil canggih yang satu ini.

Mengganti oli secara rutin dengan jadwal intensitas yang lebih sering. Perputaran mesinnya membuat tidak bertahan lama untuk bahan bakar oli.

Tidak Bisa Engine Brake

Posisi gigi mobil matic yang mudah namun mengecoh ini berdampak pada yang satu ini. sistem pengereman tidak bisa melakukan engine brake.

Pasalnya tidak tersedia persneling seperti pada mobil biasa atau manual. Maka itu menjadikan mobil ini harus melakukan pengereman saat kondisi jalan menurun.

Harga Jual dan Beli

Dengan kekurangan yang satu ini sering menjadi pertimbangan utama. Pasalya harga beli dari mobil ini cenderung mahal. Dari pertimbangan harga dan perawatannya saja sudah mahal.

Ditambah lagi harga belinya yang cenderung lebih tinggi. Kenyamanan dan kelebihan yang ia tawarkan memang sebanding dengan harga belinya.

Namun apabila dijual kembali mobil matic ini cenderung menjadi lebih murah. Maka hal inilah yang membuatnya menjadi mengurungkan para konsumen membelinya.

Setelah pembahasan kelebihan dan kekurangan mobil matic. Juga telah kita ketahui posisi gigi mobil matic yang tepat agar tidak membahayakan pengemudi dan para penumpangnya.

Setiap tipe memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tidak bisa dipukul rata. Maka mencari referensi sebanyak mungkin dan menjadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Mobil sendiri merupakan kebutuhan yang penting dan tidak melakukan pergantian dalam waktu yang cepat. Maka memepertimbangkan posisi gigi mobil matic dengan lebih baik dan tidak gegabah akan membuat anda tidak salah membeli.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top