You are here
Home > Otomotif >

Hasil Free Practice 2 MotoGP Spanyol, Francesco Bagnaia Peringkat 1

Hasil Free Practice 2 MotoGP Spanyol Francesco Bagnaia Peringkat 1
Bagikan Artikel Ini

Hasil free practice 2 MotoGP Spanyol yang berlangsung pada Jumat 30 April 2021, menjadi sorotan. Berlangsung di Sirkuit Jerez dengan hasil sosok Francesco Bagnaia sebagai juara.

Pembalap asal Ducati ini berhasil memimpin hasil gabungan dari kedua sesi yang berlangsung.  Latihan bebas pada FP1 dan FP2 MotoGP Spanyol 2021.

Inilah Hasil Free Practice 2 MotoGP Spanyol

Mencatatkan namanya sebagai pemenang dalam latihan bebas kali ini, Francesco Bagnaia. Menjadi tercepat di FP 2 MotoGP Jerez 2021.

Dalam waktu 1 menit 37.209 detik pria asal italia tersebut mencatatkan namanya. Bahkan legend Marc Marquez dan Valentino Rossi tertinggal kali kali.

Pada latihan kali ini lebih unggul  0,178 detik dari pembalap monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sebagai nomor dua. Sedangkan dari tim Aprilia Racing yang juga berhasil ia kalahkan yaitu Aleix Espargaro.

Perwakilan dari Tim Aprilia Racing tersebut menempati peringkat ketiga dalam latihan gabungan. Dalam mengukir catatan waktu lap 1 menit 37, 646 detik, hanya terpaut 0,437 detik saja.

Tujuan Latihan

Setelah mengetahui hasil free practice 2 MotoGP Spanyol, sama seperti latihan sebelumnya. Latihan seperti ini akan mempengaruhi peluang peserta pembalap untuk langsung ke kualifikasi 2.

Hal ini akan mempengaruhi kualifikasi atau Q2, tanpa harus mengikuti kualifikasi 1 atau Q1. Setelah mengikuti gabungan latihan pada FP1 sampai FP3 seorang yang menempati hasil 10 besar akan langsung lolos pada Q2.

Nah sedangkan pada pembalap yang tidak ikut dalam peringkat 10 besar harus mengikuti Q1. Semacam seleksi namun dalam nama latihan bebas.

Latihan Bebas

Dengan akumulasi pada tiga kali latihan dan menghasilkan 10 peringkat teratas untuk melaju pada Qualification Practice 1 atau QP 2. Maka para pembalap tersebut secara otomatis akan masuk dalam empat grid terdepan saat race start.

Keistimewaan Peringkat

Hasil free practice ini akan menjadi gengsi tersendiri juga bagi para pemenangnya. Pasalnya jika memulai balapan pada garis depan sudah bisa memperlihatkan kualitasnya.

Maka saat latihan ini juga harus menggunakan usaha maksimal. Jika nanti pada pertandingan para kelas atas akan bersanding dengan kelas bawah yang ada di grid belakang.

Sedangkan par peringkat 11 kebawah sendiri akan beradu kembali pada Qualification Practice 1 atau QP 1. Para pembalap akan bersaing memperebutkan waktu tercepat kembali untuk masuk QP 2 menyusul 10 peringkat atas.

Hasil dari QP 1 tadi tidak akan diakumulasikan dengan QP 2. Hasil akhir yang akan digunakan jadi tidak berpengaruh sama sekali.

Pelaksanaan F4

Setelah mengetahui hasil free practice akan ada F4. Pelaksanaannya sebelum QP 1 dan juga QP2. Hal ini bertujuan untuk menemukan settingan motor terbaik dalam race day.

F4 sendiri tidak akan menjadi perhitungan dalam kualifikasi, namun ikut menentukan limit 107%. Nah jika para pembalap tidak bisa masuk dalam 107% maka mereka akan otomatis gagal mengikuti race day.

Waktu Latihan Bebas

Untuk mendapatkan hasil free practice, maka kita harus mengetahui waktu latihannya. Dalam latihan bebas pertama menggunakan durasi 45 menit untuk menentukan kualifikasi.

Sama dengan FP 1, pada FP 2 akan menggunakan durasi sama untuk menentukan waktu kualifikasi. Hal ini dilaksanakan dalam satu hari yang sama

Pada hari kedua dilaksanakannya Latihan bebas (FP 3) masih berdurasi sama. Namun pada FP 4 akan menggunakan durasi 30 menit, tetapi tidak menentukan waktu hanya terdapat limit 107%.

Jam Istirahat

Dalam sebuah latihan bebas juga terdapat istirahat untuk para pembalap. Kualifikasi atau QP 1 selama 15 menit, dengan peringkat 2 tercepat akan maju pada QP 2. Lalu sisanya akan memperebutkan posisi ke 13 dan seterusnya.

Pada kualifikasi atau QP 2 mendapatkan istirahat 15 menit, dalam rangka menentukan pole position sampai pada posisi 12.

Peringkat 1 Sampai 10

Francesco Bagnaia Ducati Team menjadi peringkat pertama (GP21). Dengan durasi 1 menit 37.209 detik, 17/18. Peringkat kedua terdapat Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1). Dengan selisih 0.178 detik dari peringkat pertama, 18/19.

Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP), dengan perbedaan 0.437 detik, 16/17. Disusul oleh Maverick Viñales Monster Yamaha (YZR-M1), dengan durasi perbedaan 0.517 detik, 20/20.

Lalu pada peringkat enam terdapat Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V). Dengan perbedaan 0.566 detik, 17/19. Miguel Oliveira Red Bull KTM (RC16). Berdurasi 0.607 detik, 17/19. Pada peringkat ke tujuh berjaya.

Sedangkan Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR). Dengan perbedaan durasi 0.638 detik, 18/19. Selanjutnya Johann Zeco Pramac Ducati (GP 21). Berbeda 0. 679 detik, 16/17. Lalu pada peringkat 10 Brad Binder Red Bull KTM (RC16). Berdurasi 0.607 detik, 19/19.

Nah dengan 10 peringkat atas tersebut sudah termasuk dalam kualifikasi 2. Para pembalap dengan grid race day terdepan, atau tidak usah lagi mengikuti QP 1.

Maka disinilah pentingnya latihan bebas 2 ini. sedangkan para pembalap yang berada di 11 kebawah akan mengikuti   QP 1 untuk menentukan posisi mereka saat race day nantinya.

Yamaha Dominasi Hasil Free Practice 2

Kabar ini menjadi angin segar bagi penggemar Yamaha. Pasalnya, dominasi kuat pada kualifikasi kali ini masuk dalam jajaran pembalap andalannya.

Meskipun Francesco Bagnaia yang berasal dari Ducati Racing yang akhirnya berhasil menduduki peringkat pertamanya. Namun beberapa pembalap Yamaha cukup mempertahankan prestasinya.

Francesco Bagnaia Peringkat Pertama

Pemuda asal Italia ini terkenal sebagai murid dari Valentino Rossi. Pada FP 2 berhasil menyabet peringkat pertama sekaligus mengalahkan gurunya tersebut.

Lahir pada tahun 1997, masih muda dan sudah memiliki track record dalam dunia balapan yang bereputasi baik. Pada tahun 2009 ia memenangkan kejuaraan Eropa MiniGP, sebagai peringkat kedua.

Pada tahun 2017 setelah 4 musim membalap di Moto3. Francesco Bagnaia naik kelas ke Moto2. Lalu berada di Tim SKY Racing Team VR46.

Hanya pada balapan keempatnya di Jerez Francesco. Bagnaia menempati podium 2. Bahkan hingga finis ke 2 di balapan berikutnya di Le Mans, Prancis.

Lalu naik podium ketiga di Sachsenring, berhasil menjadi posisi ketiga di belakang Franco Morbidelli. Yang pada saat itu memenangi balapan dan Miguel Oliveira yang berada di posisi kedua.

Hingga akhirnya dinobatkan sebagai Moto2 Rookie of The Year setelah Grand Prix Jepang di Motegi. Bagnaia menyelesaikan musim dengan 174 poin. Sehingga menempati posisi ke-5 di Kejuaraan Moto2. Mengambil poin dalam 16 dari 18 balapan.

Dalam kejuaraan Moto3 CEV 2012 dengan Honda Moto3 NSF250R posisi ke 3. Sempat menjadi Juara Dunia Moto 2 pada tahun 2018.

Berbagai prestasinya dari tahun ke tahun semakin gemilang. Hingga pada 2019 bergabung dengan kelas utama MotoGP, dengan Tim Pramac Ducati.

Ia menggantikan Danilo Petrucci yang pindah ke Mission Winnow Ducati. Kemudian ia akhirnya berpasangan dengan Jack Miller pada tahun 2021, bersama naik ke pabrikan.

Hasil free practice 2 pada MotoGP 2021 Spanyol kali ini ia juga berhasil mengamankan kembali namanya. Pada usia mudanya ia membuktikan kualifikasinya.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top