You are here

Tren Kuliner Dunia Tahun 2021, Masyarakat Lebih Sering Masak Sendiri

tren kuliner dunia
Bagikan Artikel Ini

Tren kuliner memang selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Meski berubah-ubah, rasanya tren kuliner dunia saat pandemi lah yang paling berubah. Banyak orang yang semakin memperhatikan, kesehatan dan kehigienisan makanannya. Untuk mengetahui tren kuliner lainnya, simak pembahasannya dibawah ini.

1. Antusiasme Memasak Meningkat

Akibat pandemi Covid 19, hampir seluruh orang di dunia diminta untuk tetap di rumah saja. Saat berada di rumah saja, banyak yang tidak dapat keluar untuk membeli makanan. Akhirnya banyak orang yang memilih untuk memasak sendiri. Yang tadinya jarang memasak, menjadi sangat antusias begitu memasak.

Menurut survei, memasak di rumah menjadi tren kuliner dunia, yang paling digandrungi banyak orang. Sebenarnya orang tidak mengikuti tren ini, melainkan karena keterpaksaan. Jika tidak memasak, lalu mau makan apa? Jika membeli makanan diluar, dapat beresiko terkena Covid 19.

2. Resep Masakan Kembali Menjadi Tren

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang meninggalkan resep masakan. Namun kini resep masakan, kembali menjadi tren kuliner dunia. Semakin banyak orang yang memasak, maka semakin banyak juga yang menggunakan resep. Resep masakan tersebut sangat dibutuhkan, oleh orang yang baru belajar memasak. Karenanya resep kembali menjadi tren kuliner, di tahun 2021 ini.

3. Minuman Beralkohol Rendah Sedang Naik Daun

Tren kuliner selanjutnya ialah minuman beralkohol rendah. Banyak orang yang semakin memperhatikan kesehatannya, salah satunya dengan menghindari minuman beralkohol. Lalu perusahaan minuman beralkohol mulai mengeluarkan inovasi, untuk mengikuti gaya hidup tersebut. Akhirnya terciptalah minuman beralkohol dengan kadar yang rendah. Minuman ini dinilai dapat menjadi pilihan bagus, untuk para pecinta alkohol.

Jadi para pecinta alkohol, dapat tetap menikmati minuman beralkohol. Namun dengan kadar yang lebih rendah, agar kesehatan lebih terjaga.

4. Popularitas Makanan Pedas Melonjak

Tren kuliner selanjutnya ialah makanan pedas. Makanan pedas memang tidak pernah mengecewakan. Rasanya yang dapat membuat ketagihan, membuatnya semakin disukai banyak orang. Tidak heran jika popularitas makanan pedas semakin naik, dan makanan pedas menjadi salah satu tren kuliner dunia tahun ini.

Salah satu makanan pedas yang sedang hits ialah Sriracha. Sriracha merupakan makanan yang mirip seperti sambal, untuk pelengkap masakan. Saking hits nya, penjualan Sriracha meningkat hingga 700 persen. Sangat fantastis bukan?

5. Menanam Buah dan Sayuran Sendiri

Menanam buah dan sayuran sendiri, menjadi tren kuliner saat ini. Akibat Covid 19, banyak orang yang semakin berhati-hati dalam memilih makanan. Salah satunya ialah dalam memilih buah dan sayuran. Karena khawatir akhirnya banyak orang, yang memilih untuk menanam buah dan sayuran sendiri. Hal tersebut dinilai lebih sehat dan higienis. Menanam buah dan sayur sendiri, juga dapat mengurangi resiko tertular Covid 19.

6. Mengolah Limbah Makanan

Tren kuliner terakhir ialah mengolah limbah makanan. Mengolah limbah makanan merupakan kegiatan, untuk mengurangi food waste atau makanan sisa. Kegiatan ini sebenarnya sudah populer pada tahun 2020, namun belum memiliki banyak peminat. Lalu pada tahun 2021, mulai banyak yang melirik kegiatan ini. Banyak orang yang mengolah limbah makanan, untuk mengurangi sampah.

Contoh kegiatan mengolah limbah makanan, ialah dengan memasak makanan baru, dari sisa makanan lain. Seperti misalnya sisa nasi, yang dapat dibuat menjadi nasi goreng. Namun tetap dengan memperhatikan kebersihannya. Jangan sampai sisa makanan yang sudah terkontaminasi kotoran, dipaksakan menjadi bahan untuk dimasak.

Itulah tadi tren kuliner dunia pada tahun 2021. Mungkin setelah pandemi Covid 19 berakhir, tren kuliner dapat berubah drastis. Namun bisa dikatakan berkat pandemi, tren kuliner menjadi lebih sehat.

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top