You are here

Deb Haaland, Calon Menteri Dalam Negeri AS

Deb Haaland Calon Menteri Dalam Negeri AS dari Suku Asli Amerika
Bagikan Artikel Ini

Joe Biden, presiden terpilih Amerika Serikat, mencalonkan Deb Haaland sebagai Menteri Dalam Negeri AS sekaligus memimpin badan yang mengatur tanah publik. Haaland adalah seorang keturunan suku asli Amerika.

Bila pencalonan dirinya itu diterima, Deb Haaland akan jadi orang pertama dari suku asli Amerika yang memimpin departemen tersebut. Ia akan berperan utama dalam urusan penduduk asli Amerika.

Deb Haaland kini menduduki jabatan sebagai anggota Kongres AS. Juga akan merupakan anggota suku asli Amerika pertama yang memegang jabatan di kabinet.

Kelompok hak asasi penduduk asli dan politisi Demokrat progresif mendukung pencalonan anggota parlemen New Mexico ini dalam beberapa minggu terakhir.

Siapakah Deb Haaland?

Haaland merupakan anggota suku Laguna Pueblo berusia 60 tahun. Sebelumnya dia sudah menoreh sejarah selaku salah seorang dari dua perempuan penduduk asli Amerika yang terpilih selaku anggota Kongres pada 2018.

Nancy Pelosi yang menjabat Ketua DPR AS dari Partai Demokrat melukiskan Haaland sebagai salah satu dari anggota Kongres yang disegani.

Alexandria Ocasio-Cortez, politisi Partai Demokrat yang progresif memuji pencalonan Haaland sebagai orang bersejarah di beragam tingkatan.

Ia mengusung komitmen terhadap iklim dan keadilan pada posisi tersebut. Mempunyai seorang perempuan dari penduduk asli yang berhaluan maju dan bertanggung jawab atas tanah adalah bobot sejarah amat besar.

Bila jadi menjabat selaku menteri dalam negeri, Haaland akan menjalankan peran penting dalam menerapkan kebijakan terkait lingkungan dalam pemerintahan Joe Biden. Ini termasuk janjinya guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil.

Peran Utama Deb Haaland

Negara bagian Haaland di New Mexico merupakan salah satu bagian dari Aliansi Iklim AS dan telah menentukan tujuan iklimnya secara berani.

Haaland pun mempunyai pengalaman selama 2 tahun di komisi parlemen yang meliputi bidang sumber daya alam.

Secara umum, dia akan mengawasi 62 taman nasional dan 500 juta hektar tanah federal. Ia pun bekerja sama dengan 1,9 juta penduduk asli Amerika dari 574 suku yang diyatakan sah secara federal.

Selain itu Menteri Dalam Negeri pun mengurus Biro Administrasi Dana Perwalian yang menangani urusan keuangan penduduk asli Amerika, serta Biro Pendidikan Indian.

Penunjukannya pun akan signifikan dengan bidang budaya, sebab departemen dalam negeri mempunyai sejarah sengketa dengan kelompok penduduk asli Amerika.

Misalnya tidak sedikit lahan di beberapa taman nasional di AS, seperti Taman Nasional Yellowstone, diambil alih oleh pemerintah AS dari lahan milik masyarakat adat.

Haaland didukung olehh lebih dari 120 tetua adat bergabung dalam sebuah petisi. Disamping itu, para selebritis dan aktivis lingkungan pun mengimbau supaya Biden memilihnya.

Petisi Change.org bagi pemilihan Haaland memperoleh nyaris 40.000 tanda tangan jelang Kamis 17 Desember 2020 lalu.

Pencalonan Haaland menjadikan sebagian besar politisi dari Partai Demokrat di majelis rendah Kongres jadi berkurang. Yakni cuma 3 kursi hingga pengganti Haaland dan anggota kabinet lainnya ada yang terpilih.

Leave a Reply

Top