You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Bandrek yang Praktis untuk Menghangatkan Tubuh

Resep Bandrek yang Praktis untuk Menghangatkan Tubuh
Bagikan Artikel Ini

Indonesia memiliki beragam minuman tradisional yang lezat dan menghangatkan. Salah satunya adalah bandrek, minuman hangat yang kaya akan rempah-rempah dan rasa manis yang cocok untuk menghangatkan tubuh di cuaca sejuk. Untuk itu banyak orang mencari resep bandrek yang praktis untuk menghangatkan tubuh.

Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi resep bandrek yang praktis yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan:

500 ml air
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun salam
4 sdm gula merah, sisir halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt cengkeh
2 sdm susu kental manis (opsional)
Es batu (opsional)

Cara Membuat

Siapkan Bahan Utama: Siapkan semua bahan yang diperlukan sesuai dengan ukurannya.

Rebus Air: Panaskan air dalam panci besar. Setelah air mendidih, tambahkan serai, daun pandan, jahe, dan daun salam. Biarkan rempah-rempah tersebut mendidih dalam air selama sekitar 5-7 menit agar aromanya meresap ke dalam air.

Tambahkan Gula Merah: Setelah rempah-rempah mendidih, tambahkan gula merah yang sudah disisir halus ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan gula merah larut sepenuhnya. Gula merah akan memberikan rasa manis alami dan warna yang khas pada bandrek.

Tambahkan Rempah-Rempah: Masukkan bubuk kayu manis dan cengkeh ke dalam campuran. Aduk kembali untuk meratakan rasanya.

Saring dan Tuang: Gunakan saringan atau saringan kopi untuk menyaring campuran bandrek ke dalam gelas atau cangkir. Proses ini akan menghilangkan serai, daun pandan, jahe, dan daun salam yang sudah digunakan sebagai penyedap.

Tambahkan Susu Kental Manis (Opsional): Jika Anda menyukai bandrek dengan sedikit sentuhan manis ekstra, tambahkan susu kental manis ke dalam minuman ini. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

Penyajian

Sajikan bandrek hangat-hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa es batu jika ingin mencoba versi dinginnya.

Bandrek adalah minuman yang cocok dinikmati di pagi atau sore hari, terutama saat cuaca dingin atau hujan. Rasa hangat dari jahe, aroma harum dari serai dan daun pandan, serta rasa manis alami dari gula merah membuatnya menjadi minuman yang sangat menggugah selera. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam bandrek memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Selain itu, bandrek juga dapat dimodifikasi sesuai dengan selera pribadi. Beberapa orang lebih suka bandrek dengan rasa lebih manis, sementara yang lain lebih menyukai rasa rempah yang lebih kuat. Anda dapat mengatur jumlah gula merah dan rempah-rempah sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan resep bandrek yang praktis ini, Anda dapat dengan mudah membuat minuman yang lezat dan menghangatkan tubuh di rumah. Jadi, nikmati sejuknya cuaca dengan secangkir bandrek hangat yang lezat dan menyehatkan. Semoga artikel ini membantu Anda untuk menciptakan minuman yang lezat ini dan menjadikannya sebagai favorit keluarga Anda saat cuaca dingin tiba. Selamat menikmati!

 

Leave a Reply

Top