You are here
Home > Berita Nasional >

Resep Sop Buntut yang Enak, Empuk dan Rendah Lemak

Resep Sop Buntut
Bagikan Artikel Ini

Dari banyaknya bagian tubuh sapi, buntut sapi adalah salah satu bagian yang dijadikan makanan. Salah satu diantaranya ialah sop buntut. Sayangnya, Anda mesti teliti dalam memasak buntut. Kandungan lemak pada buntut yang dipergunakan dalam resep sop buntut bisa menyebabkan makanan ini menjadi alot dan kurang enak. Tetapi jika diolah dengan cara yang tepat, buntut sapi dapat menjadi amat empuk dan enak.

Tidak hanya enak, ternyata buntut sapi pun mempunyai kandungan gizi yang banyak. Setiap 100 gram buntut sapi mengandung 30,93 protein dan 3.6 mg zat besi sehingga buntut sapi dapat dikatakan menjadi sumber protein dan zat besi yang baik. Meski demikian, kadar kolesterol dan lemak dalam buntut sapi pun lumayan tinggi. Setiap 100 gr buntut sapi memiliki kandungan 14,34 gr lemak dan 141 mg kolesterol. Jumlah ini memang relatif tak terlampau tinggi, tetapi supaya hidangan buntut sapi tak terlampau tinggi kadar lemaknya, buntut sapi mesti diolah dengan jeli.

Bila Anda tengah ingin mencoba membuat resep sop buntut, simaklah dahulu hal-hal berikut ini supaya sop buntut buatan Anda tak cuma empuk dan enak, tetapi rendah lemak.

1. Gunakan Buntut Sapi yang Tepat

Buntut sapi yang terlampau besar mengandung lemak yang juga lebih besar. Oleh sebab itu, pilihlah buntut sapi dengan ukuran kecil sampai sedang lantaran bisa lebih sedikit lemaknya.

Di samping itu, Anda dapat memilih buntut sapi lokal yang lebih tebal dagingnya, namun lebih sedikit lemaknya ketimbang buntut sapi impor yang banyak memiliki kandungan lemak. Anda pun dapat meminta tukang daging untuk membuang lemak yang terlampau tebal pada buntut sapi.

2. Masak Buntut Dengan Panci Tekan

Persoalan dengan buntut sapi ialah sulitnya menjadikan buntut sapi yang empuk dan enak. Untuk mensiasatinya Anda dapat memakai panci tekan untuk mempercepat waktu masak dan menjadikan buntut sapi lebih empuk dengan lebih singkat.

Rebuslah buntut sapi bersama dengan berbagai bumbu dan rempah dalam panci tekan selama kira-kira 40 menit (waktu masak dihitung sesudah panci mulai mengeluarkan bunyi berdesis). Gunakan air yang cukup sehingga buntut sapi terendam sempurna. Untuk setiap 1 kg buntut sapi gunakanlah kira-kira 2 liter air.

3. Gunakan Bumbu yang Tepat

Beragam bumbu yang dipakai berfungsi utama untuk menghasilkan kuah kaldu pada sop buntut yang enak dan banyak mengandung rasa. Gunakanlah bumbu-bumbu alami seperti garam, sereh, cengkeh, lada hitam, bawang bombay, pala, dan jahe dapat digunakan untuk membuat kuah sop buntut.

Ketika membuat kuah sop buntut Anda pun dapat membubuhkan sedikit tulang sapi pada rebusan tersebut. Sumsum yang terdapat pada tulang sapi akan menyebabkan kaldu menjadi lebih gurih dan kental.

4. Buang Lemak yang Mengendap di Permukaan Kuah Kaldu

Langkah ini harus dilakukan bila Anda mengingini sop buntut yang lebih rendah lemak. Caranya adalah sesudah buntut sapi direbus sampai empuk, biarkan buntut selama beberapa waktu sampai mencapai suhu ruangan. Simpanlah buntut dan kuahnya di dalam kulkas sampai lemak pada kuah sop tersebut mengambang di atas permukaan kuah sop.

Umumnya buntut dan kuahnya butuh disimpan dalam kulkas selama semalam sampai lemaknya terkumpul di permukaan. Sesudah lemak pada kuah terkumpul dan mengambang di permukaannya, ambillah sendok dan buanglah lemak itu. Dengan cara ini kandungan lemak pada sop buntut buatan Anda jadi berkurang.

Siapa bilang sop buntut sulit menjadi empuk dan tinggi lemak? Dengan beberapa langkah di atas, siapa saja bisa membuat sop buntut yang enak dan rendah lemak. Tak kalah enak dengan sop buntut buatan resto. Tak usah ragu lagi untuk mencoba membuat sop buntut favorit dengan resep sop buntut di atas.

Leave a Reply

Top