You are here
Home > Berita Nasional >

Dosen Unesa Lecehkan Mahasiswi Saat Bimbingan Skripsi, Kampus Langsung Mengusut

Dosen Unesa Lecehkan Mahasiswi Saat Bimbingan Skripsi
Bagikan Artikel Ini

Pojokjakarta.com – Berita menyedihkan kembali hadir dari dunia pendidikan. Kali ini dosen Unesa lecehkan mahasiswi saat bimbingan skripsi. Sebuah tindakan yang dianggap cukup bejat bagi seorang akademisi kampus.

Saat ini, tim yang berasal dari Universitas Negeri Surabaya tengah melakukan investigasi untuk menghimpun bukti-bukti terkait kasus ini. Diharapkan, kasus ini bisa segera dibeberkan dan tidak ada korban lain yang terkena.

Kronologi Kejadian

Sebuah akun instagram @dear_unesacatcallers membeberkan sebuah kronologi kejadian dimana ada dosen dari jurusan hukum yang berinisial H diduga melakukan aksi pencabulan terhadap mahasiswa bimbingan skripsinya.

Saat ini, mahasiswa yang berinisial A sedang melakukan bimbingan skripsi di lantai Gedung K1 pada awal tahun 2020. Dimana hal tersebut memang sudah sangat lumrah bagi mahasiswa akhir agar bisa cepat lulus sebelum batas waktu SPK (Surat Keputusan Kelulusan).

Namun, hal tersebut dimanfaatkan oleh sang dosen. Posisinya sebagai dosen pembimbing skripsi dimanfaatkan untuk keuntungan sesaat. Saat bimbingan, H mulai mendekat dan akhirnya berkata, “kamu cantik”.

Tidak lama setelah berkata seperti itu, dosen H tersebut mencium korban. Hal tidak senonoh tersebut dilakukan begitu saja. Sehingga mahasiswi A tentu sangat terganggu dengan hal tersebut.

Kejadian tersebut tidak berhenti disitu. Di luar kampus, dosen H juga beberapa kali berusaha untuk video call dengan A lewat Whatsapp. Namun masalahnya, H tidak menggunakan pakaian atas saat video call dengan mahasiswinya tersebut.

Tentu, hal tersebut menimbulkan sebuah masalah besar. Terlebih dia adalah seorang dosen hukum di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). Kronologi yang diungkapkan oleh akun instagram @dear_unesacatcallers tersebut akhirnya viral.

Setelah itu, pihak kampus memberikan keterangan terkait kasus tersebut. Kejadian dosen Unesa lecehkan mahasiswi saat bimbingan skripsi ini tentu menodai dunia pendidikan yang harusnya bersifat akademis dan berkarakter.

Pernyatan Sikap Unesa

Di akun instagramnya, @official_unesa, kampus memberikan pernyataan sikap yang tegas terhadap dugaan kasus kekerasan seksual. Pernyataan tersebut diterbitkan tanggal 10 Januari 2022.

Berikut adalah beberapa poin-poin pernyataan sikap dari Unesa:

  • Unesa berterima kasih atas penyintas yang sudah menyuarakan kasus ini dan berharap penyintas terus berani bersuara. Unesa memberikan perlindungan kerahasiaan identitas, pendampingan psikologis dan hukum
  • Pihak kampus Unesa membentuk tim investigasi dengan menjunjung prinsip pro-korban dan sudah menonaktifkan terduga sebagai dosen aktif di jurusan hukum
  • Mengharap kerjasama semua civitas akademika untuk melapor jika ada kasus-kasus yang serupa terlebih dalam hal kekerasan seksual di lingkungan kampus

Semoga dengan adanya tim investigasi yang dibentuk, kasus ini bisa diselesaikan sampai tuntas. Pelan namun pasti, srigala-srigala kampus terungkap. Hal ini membuktikan jika kemungkinan banyak oknum dosen yang melakukan hal semacam itu namun belum terlihat.

Leave a Reply

Top