You are here
Home > Ekonomi >

Contoh Ekonomi Kreatif yang Ada Saat Ini, Perlu Untuk Dicoba

Contoh Ekonomi Kreatif yang Ada Saat Ini Perlu Untuk Dicoba goodnewsfromindonesia.id
Bagikan Artikel Ini

Contoh ekonomi kreatif yang ada saat ini beragam. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi yang mementingkan ide, kreativitas, serta pengetahuan manusia. Ekonomi kreatif ini sebagai bentuk inovasi pada era industri 4.0.

Tentunya tidak mengherankan apabila banyak yang tertarik untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Bahkan konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian saat ini.

Inilah Beberapa Contoh Ekonomi Kreatif yang Perlu Anda Ketahui

Banyak sekali jenis usaha yang dapat dijalankan menggunakan konsep ekonomi kreatif. Berikut ini beberapa usaha di bidang ekonomi kreatif tersebut.

Film dan Konten Kreator

Industri film sudah ada sejak dahulu, tentunya berbeda dengan film saat ini. Saat ini film sudah menjadi lebih menarik dan lebih menjual. Dengan banyaknya inovasi dan kreativitas baru dari para pembuat film.

Tidak hanya film, konten kreator juga menjadi industri yang sangat populer dan menjanjikan. Banyak konten kreator yang berhasil dan terkenal hingga seluruh dunia. Sehingga dapat dijadikan contoh bagi calon pelaku ekonomi kreatif.

Advertisement

Advertising atau periklanan memang sangat dibutuhkan saat ini. Hal karena dapat menjangkau banyak orang. Namun dalam pembuatan iklan yang menarik tidaklah mudah. Tentunya membutuhkan keahlian dan kreativitas yang mumpuni. Advertisement sebagai salah satu contoh dari ekonomi kreatif yang ada. Terlebih keberadaannya saat ini memang sangat dibutuhkan.

Fashion

Konsep ekonomi kreatif juga dapat mencakup dalam dunia fashion. Biasanya para perancang busana membutuhkan ide dan masukkan kreatif. Hal itu mengenai busana yang akan dirancangnya.

Mulai dari ide merancang busana hingga berbagai aksesoris yang akan digunakannya nanti. Sehingga para perancang busana perlu untuk berpikir inovatif. Hal itu agar rancangannya dapat terlihat berbeda dengan perancang lainnya.

Craft (Kerajinan)

Para pengrajin dapat memasukkan konsep ekonomi kreatif dalam pembuatan kerajinan. Meskipun biasanya kerajinan diproduksi dalam jumlah yang relatif sedikit. Namun hal tersebut tidak menghalangi para pengrajin untuk menggunakan konsep ekonomi kreatif.

Bahkan kualitas dari kerajinan tersebut nantinya dapat mengangkat nama pengrajin. Umumnya contoh ekonomi kreatif ini masih menggunakan cara tradisional. Sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan ide kreatif. Hal itu agar dapat menciptakan kerajinan yang berkualitas.

Kuliner

Saat ini kuliner menjadi usaha yang banyak diminati oleh calon pengusaha. Hal ini karena  peluang untuk mendapatkan penghasilan semakin lebar. Namun, menjalankan usaha kuliner tidak hanya menyajikan makanan di meja dan menikmatinya. Sebaiknya usaha kuliner harus mampu mencakup keseluruhan aspek kenyamanan yang dibutuhkan. Sehingga akan membuat tempat kuliner lebih menarik.

Bidang Arsitektur

Arsitektur menjadi bidang yang sangat bergantung pada ide. Sehingga bidang ini sangat cocok dengan ekonomi kreatif. Saat ini banyak milenial yang ingin memiliki hunian dengan konsep minimalis dan unik. Tentunya membutuhkan adanya ide-ide baru.

Berbagai contoh ekonomi kreatif dapat Anda coba jalankan. Pastinya untuk selalu mengembangkan ide dan kreativitas dalam setiap bidang usaha.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top