You are here
Home > Olah Raga >

Kenali 3 Cara Push Up yang Tepat dan Benar Bagi Pemula

Kenali 3 Cara Push Up yang Tepat dan Benar Bagi Pemula
Bagikan Artikel Ini

Olahraga push up adalah salah satu olahraga yang lazim dipakai untuk membangun otot tubuh. Tentunya setiap orang yang mengawali olahraga ini jangan asal-asalan melakukan gerakannya. Maka dari itu, Anda mesti tahu bagaimana cara push up yang tepat dan benar bagi pemula. Dan nyatanya ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleeh dengan melaksanakan olahraga ini.

Olahraga ini termasuk mudah sekali sebab cuma memakai tubuh tanpa alat-alat khusus. Namun perlu diingat, sebagai pemula Anda tetap mesti waspada supaya tidak salah melakukan gerakan push up.

Di bawah ini ada tips gerakan push up bagi pemula. Tetapi, sebelum memulainya, lakukanlah pemanasan terlebih dulu dan pilihlah tempat datar dengan permukaannya rata. Anda pun dapat memakai matras atau alas olahraga. Mari kini ikuti langkah-langkah cara push up yang tepat dan benar bagi pemula!

Tengkurap

Untuk langkah pertama, telapak tangan ditempelkan di atas alas dan agak lebih lebar dari lebar bahu. Kaki ke belakang diluruskan dan jarak antara kedua kaki kira-kira selebar bahu atau lebih dekat. Lakukan selaras kenyamanan.

Mulai Angkat Badan

Angkatlah badan Anda ke atas. Jadi badan bertumpu pada kedua telapak tangan serta telapak jari kaki. Pastikanlah tangan tidak dilipat. Kencangkan juga bokong dan perut sampai sikap tubuh Anda lurus.

Push Up Secara Pelan-pelan

Turunkan tangan hingga siku menekuk membangun sudut 90 derajat. Tarik napas dengan pelan-pelan ketika melakukan aktivitas ini. Kemudian dorong tubuh kembali ke atas sembari mengeluarkan napas.

Lakukan Berulang Kali

Lakukan gerakan itu secara berulang menurut kemampuan. Tidak boleh sampai memaksakan bila Anda tidak kuat dalam jumlah khusus.

Pada paparan sebelumnya sudah diterangkan gerakan push up yang umum atau biasa dilakukan. Tetapi bila gerakan itu masih dirasa berat, maka Anda dapat menggunakan cara push up berikut ini. Cara ini lebih mudah sebab bentuk modifikasi dari gerakan push up kebanyakan.

1. Wall Push Up

Modifikasi push up yang paling gampang ialah wall push up. Anda tidak usah menahan tubuh dengan tangan. Jadi cocok sekali bagi pemula sebelum mencontoh gerakan push up pada umumnya.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pilihlah permukaan datar kuat yang Anda gunakan. Bisa meja, lemari, dinding, atau lainnya. Kemudian kedua telapak tangan ditempelkan ke permukaan dengan jarak selebar bahu.
  • Jarak kedua kaki selebar bahu lalu tariklah atau langkahkan kaki ke belakang kira-kira 1 hingga 2 langkah kecil.
  • Luruskanlah tubuh Anda lantas tekuklah kedua siku. Kemudian doronglah tubuh ke atas pelan-pelan. Kaki mesti lurus dan tetap pada sikap awal. Tahanlah kedudukan ini dalam beberapa detik.
  • Doronglah lagi tubuh sampai nyaris menempel dinding.
  • Ulangi berkali-kali sampai meraih batas kemampuan.

2. Knee Push Up

Cara modifikasi push up kedua yang cocok bagi pemula ialah knee push up. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Tekankan kedua telapak tangan dan lutut di atas permukaan yang datar. Posisinya seperti bayi sedang merangkak. Kedua tangan mesti sejajar dengan posisi bahu.
  • Turunkanlah dada pelan-pelan sampai siku menekuk. Usahakan nyaris mendekati permukaan, tahanlah beberapa detik.
  • Tariklah lagi tubuh seperti posisi awal.
  • Ulangilah beberapa waktu sampai meraih batas kemampuan Anda.

3. Seated Push Up

Cara push up ini dapat Anda coba lakukan cuma dengan duduk-duduk saja. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Duduklah di bangku yang keras dan panjang sebab posisi kedua telapak tangan mesti menopang ke bangku. Letakkan kaki senyaman-nyamannya.
  • Tumpukan telapak tangan supaya pinggul dan bokong agak terangkat dari bangku.
  • Kembali ke posisi awal sesudah menahannya beberapa detik.
  • Ulangi menurut batas kemampuan.

Itulah cara push up yang tepat dan benar bagi pemula. Cobalah modifikasi push up di atas bila Anda betul-betul pemula. Sesudah terbiasa, mulailah melaksanakan gerakan push up yang lazim dilakukan secara biasa.

Leave a Reply

Top