You are here

Cara Membuat Kue Bulan untuk Festival Musim Gugur Khas Tiongok

Cara Membuat Kue Bulan untuk Festival Musim Gugur Khas Tiongok
Bagikan Artikel Ini

Cara membuat kue bulan sebenarnya sangat mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membuatnya. Kue bulan merupakan salah satu makanan khas dari Tiongkok, Vietnam, dan negara lain bagian Asia.

Mengenal Cara Membuat Kue Bulan

Pada dasarnya kue bulan merupakan makanan tradisional Tiongkok yang sangat populer. Biasanya kue tersebut disajikan saat musim Gugur atau Zhong Qiu Jie. Selain itu festival tersebut sering disebut sebagai festival Kue Bulan.

Kue ini memiliki bentuk silinder dengan ukuran yang beragam. Isian dari kue bulan berbeda-beda tergantung dari wilayah masing-masing. Beberapa dari isi tersebut seperti biji lotus, daging, kacang merah, vanila, es krim, dan lain sebagainya.

Bahan pembuatan kue tersebut juga bervariasi. Sehingga bisa menghasilkan kue bulan yang lezat dengan cita rasa khas. Berikut adalah bahan pembuatan kue bulan yang wajib kamu ketahui.

– Golden syrup

– Air lye

– Telur

– Minyak Sayur

– Tepung

Golden Syrup merupakan bahan dari campuran glukosa dan fruktosa. Biasanya bahan tersebut bisa dibuat dari gula biasa yang dipanaskan bersama perasan lemon. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan membeli dari Supermarket atau menggantinya dengan madu.

Isian:

– Kuning telur asin

– Isian sesuai dengan selera (coklat, vanila)

Proses Pembuatan Kue Bulan

Ada baiknya Anda memperhatikan cara membuat kue bulan yang simpel. Hasilnya sangat lezat dan menimbulkan candu. Perhatikan cara-cara di bawah ini.

– Langkah pertama Anda bisa mencampurkan semua bahan kue bulan dan mengaduknya hingga merata. Jika sudah bisa mendiamkan bahan tersebut selama kurang lebih 5 jam. Anda bisa meletakkan bahan tersebut ke dalam wadah plastik tertutup.

– Selanjutnya ambil adonan kulit dan beri isian sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk menambahkan satu butir kuning telur asin.

– Kemudian bungkus isian tersebut dengan kulit hingga rapat.

– Lumuri hasilnya dengan terigu tipis-tipis dan cetak menggunakan cetakan kue bulan atau mooncake.

– Cara membuat kue bulan berikutnya dengan memanggang adonan selama kurang lebih 12 menit dalam oven. Sebelumnya Anda harus memanaskan oven tersebut hingga suhu 175 derajat Celcius.

– Jika sudah matang keluarkan kue tersebut dari dalam oven. Diamkan selama 2 menit dan oleskan menggunakan kuning telur untuk yang kedua kalinya.

– Panggang lagi kue bulan selama 10 menit.

– Keluarkan kue dari dalam oven dan oles lagi menggunakan salad oil atau varian lainnya.

– Setelah itu Anda bisa mendinginkan kue bulan selama 2 hari.

– Jika sudah dua hari Anda bisa menyajikan kue tersebut dan pasti rasanya sangat lezat.

Keunikan dari kue bulan ini akan lebih lezat jika disajikan setelah dua hari dari proses pembuatannya. Hal tersebut memberikan cita rasa yang khas asli dari Tiongkok.

Itulah cara membuat kue bulan yang mudah dan nikmat. Anda bisa mencobanya dengan berbagai varian terbaru.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top