You are here
Home > Berita Nasional >

Apa Itu Zombieing? Temukan Jawabannya di Sini agar Lebih Waspada!

Apa Itu Zombieing
Bagikan Artikel Ini

Ghosting menjadi salah satu hal menakutkan yang terjadi dalam sebuah hubungan. Namun ternyata ada lagi yang lebih menakutkan daripada ghosting yakni zombieing. Apa itu zombieing? Kabarnya hal ini disebut sebagai ghosting tingkat lanjut yang harus diwaspadai oleh semua orang dalam menjalin hubungan.  Yuk, cari tahu lebih jauh tentang zombieing agar bisa lebih waspada!

Kebalikan Ghosting

Secara mudahnya banyak orang mengartikan zombieing sebagai kebalikan dari ghosting. Jika ghosting adalah keadaan dimana seseorang tiba-tiba hilang padahal telah menjalin hubungan dekat maka zombieing kebalikannya. Zombieing merupakan kondisi dimana seseorang yang dulunya sempat menghilang lalu kini kembali lagi seolah tidak terjadi apa-apa.

Agar lebih mudah memahami apa itu zombieing, artikan saja sebagai level atau tingkatan lanjut dari ghosting. Orang yang telah menjadi ghost alias hantu dan menghilang tiba-tiba kembali lagi tanpa merasa bersalah sedikitpun. Fenomena ini tentu tidak bisa dipandang ringan dan sama beratnya seperti ghosting. Tidak mudah bagi  seseorang untuk menghadapi fenomena zombieing ini dalam sebuah jalinan hubungan.

Fenomena zombieing ini marak terjadi terutama di kalangan anak muda. Seolah pergi dan datang kembali adalah hal yang biasa. Orang yang melakukan zombieing seolah-olah tidak pernah melakukan kesalahan apapun. Padahal sebelumnya ia telah meninggalkan orang lain yang merasa dekat dengannya dan tindakan ini bisa saja menimbulkan luka mendalam.

Penyebab Zombieing

Meskipun sulit untuk dipahami dan dimaklumi, namun kenyataannya ada faktor yang bisa memicu orang melakukan zombieing. Saat menjalin sebuah hubungan rasa bosan bisa menjadi faktor utama seseorang melakukan tindakan zombieing ini. Sebelumnya orang tersebut pergi juga karena rasa bosan dan kembali lagi karena penyebab yang sama.

Selain itu, ternyata zombieing ini juga bisa terjadi karena penyebab yang bersifat positif. Seseorang melakukan zombieing karena merasa ingin mengenal pasangannya dengan lebih baik. Bisa juga karena seseorang merasa tidak cukup baik untuk menjalin hubungan sehingga terpaksa harus pergi dulu. Baru mereka akan kembali lagi setelah merasa siap untuk memulai hubungan yang lebih baik.

Apapun penyebab zombieing sebenarnya hal ini bisa saja menimbulkan efek psikologi yang buruk bagi diri seseorang. Tidak semua orang bisa menerima orang lain pergi dan datang begitu saja sesuka hati. Tentu akan ada dampak psikologi yang terjadi dan tingkat keparahannya berbeda-beda tergantung individu masing-masing.

Menyikapi Fenomena Zombieing

Agar zombieing ini tidak memberikan efek buruk yang berkepanjangan, maka cobalah untuk menyikapinya dengan cara yang tepat. Tanyakan kepada diri sendiri apakah orang yang melakukan zombieing itu memang layak untuk diterima kembali atau tidak. Jika tidak, maka cobalah secara tegas mengatakan bahwa sudah tidak tertarik untuk menjalin hubungan lagi.

Sebaliknya, jika dari lubuk hati terdalam merasa ingin menerima kembali dan ingin membuka kesempatan lagi maka lakukanlah. Komunikasikan baik-baik dan pahami apa yang menjadi alasan orang tersebut pergi sebelumnya. Jika memang alasannya mengarah ke hal yang positif dan bisa diterima maka tidak masalah untuk memulai kembali. Ingat, ikuti kata hati dan cari solusi terbaik tanpa menyakiti diri sendiri.

Penting untuk mengenal apa itu zombieing dalam sebuah hubungan agar bisa lebih waspada. Fenomena ini bisa saja memberikan dampak psikologi yang buruk dan berkepanjangan. Cari tahu dulu apa penyebabnya dan cobalah untuk berkomunikasi dengan baik agar bisa menemukan solusi yang menguntungkan semua pihak.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top