You are here
Home > Otomotif >

Penyebab Lampu Motor Redup, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Penyebab Lampu Motor Redup Simak Penjelasannya Berikut Iniplimbi.com
Bagikan Artikel Ini

Penyebab lampu motor redup dapat dikarenakan berbagai hal. Lampu merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Terlebih pada kondisi lampu yang kurang terang di malam hari. Hal itu dapat menyebabkan pengendara kesulitan untuk berkendara.

Pastikan kinerja lampu secara optimal harus dimiliki oleh setiap kendaraan. Jangan sampai memaksakan berkendara dengan lampu yang kurang terang. Hal itu dapat membahayakan diri dan juga orang lain.

Inilah Beberapa Penyebab Lampu Motor Redup

Tidak sedikit yang mengalami kondisi berkendara dengan lampu motor kurang terang. Untuk itu ketahui beberapa penyebab lampu kurang terang berikut ini.

Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam tentunya dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu. Pastikan bohlam pada motornya sudah sesuai dengan standar. Sebaiknya menggunakan produk original untuk memperoleh hasil yang optimal.

Apabila motor Anda sudah memilih lampu LED, namun masih redup. Hal ini tentunya bukan mengenai kualitas lampu yang menjadi masalahnya.

Mika Lampu atau Reflektor Buram

Setiap produk elektronik ataupun otomotif tentunya akan memiliki masa pakainya. Salah satu kemungkinan lampu kurang terang pada bagian reflektor atau mika lampu buram. Hal ini karena pengaruh dari umur motor yang sudah lama.

Biasanya akan menjadikan warna dari mika reflektor berubah menjadi buram. Pastikan juga saat melakukan pergantiannya, Anda memilih sparepart motor yang original.

Soket Lampu Kendor

Penyebab lampu motor redup lainnya terlihat dari bagian soket lampu. Kemungkinan kondisi lampu dan soket yang dipasang kendor. Maka secara otomatis tegangan arusnya yang dikirimkan ke bohlam lampu menjadi kurang sempurna. Sehingga pada saat Anda melakukan servis, sebaiknya bagian ini juga harus perlu menjadi perhatian.

Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu termasuk komponen yang cukup penting. Namun seringkali bagian tersebut dilupakan begitu saja. Masalah yang biasanya terjadi pada saklar lampu motornya tersebut. Sepertinya sebagai salah satu penyebab redupnya sinar lampu.

Masalah ini dapat terjadi akibat masa penggunaannya yang sudah lama. Bahkan juga mungkin karena kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian dapat mengakibatkan saklar kendor. Sehingga akan menghasilkan sinar lampunya yang tidak stabil. Bahkan dapat menjadi terang redup secara bergantian.

Tidak hanya itu, adanya debu dan karat pada bagian saklar lampunya. Hal itu juga dapat menjadi pemicu kurang terang sinar lampunya. Kemungkinan adanya arus listrik yang terhambat. Masalah pada saklar lampu ini tidak memiliki pengaruhnya pada jenis motor keluaran terbaru.

Fitting Lampu Rusak

Penyebab lampu kurang terang lainnya dapat dikarenakan oleh fitting lampunya. Kemungkinan kondisi fitting tersebut yang sudah tidak layak pakai. Biasanya hal ini ditunjukkan dengan adanya dudukan lampu yang terbakar. Untuk mengembalikan kondisi nyala lampu tersebut. Sebaiknya Anda perlu melakukan penggantian pada fitting tersebut.

Perlunya mengetahui segera penyebab lampu motor redup. Hal itu dapat membahayakan setiap  orang, apabila berkendara saat malam hari.

adriana
Penulis,suka traveling dan photography

Leave a Reply

Top