You are here
Home > Berita Nasional >

5 Jajaran Aplikasi Konsultasi Dokter Sebagai Pilihan Konsultasi Di Masa Pandemi

Aplikasi Konsultasi Dokter
Bagikan Artikel Ini

Ternyata di masa pandemi seperti sekarang ini tidak hanya sekolah dan juga kegiatan bekerja saja yang beralih dengan cara virtual. Pasalnya dunia kesehatan juga turut mengadopsi cara tersebut hingga hadirkan beberapa pilihan aplikasi konsultasi dokter yang bisa dicoba. Mengingat banyaknya kegiatan yang dilakukan di rumah, tidak menutup kemungkinan seseorang merasa kelelahan hingga jatuh sakit.

Maka dari itu orang yang mengalami beberapa keluhan dapat melakukan konsultasi secara online melalui sejumlah aplikasi tersebut. Cara memperoleh aplikasinya cukup terbilang mudah. Pasalnya pengguna smartphone hanya perlu melakukan pengunduran baik lewat Google Playstore ataupun App Store. Berikut jajaran aplikasi dapat dipakai untuk konsultasi dalam bidang kesehatan:

1. Alodokter

Pilihan pertama jenis aplikasi konsultasi dokter kali ini menyediakan lebih dari angka 500 orang baik dalam kategori umum maupun spesialis. Keberadaan para dokter tersebut akan siap melayani para pengguna yang berkeinginan melakukan konsultasi via chat. Apabila pengguna kiranya membutuhkan tindakan lebih, maka pengguna bisa melanjutkannya dengan melakukan booking terhadap dokter serta rumah sakit melalui cara online.

Lewat Aplikasi ini pengguna juga berkemungkinan untuk melakukan penambahan perlindungan atas kesehatan dengan cara membayar premi. Adapun kisaran yang ditetapkan adalah sekitar 95 ribu rupiah setiap bulannya. Dengan itu pengguna juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan santunan untuk rawat inap sebesar 1 juta rupiah per malamnya.

2. Halodoc

Salah satu hal yang menarik dalam aplikasi ini adalah menawarkan bagi para pengguna waktu 24 jam guna melayani konsultasi. Di sini pengguna hanya perlu memilih saja mana dokter yang diinginkan untuk menjadi teman konsultasi. Pasalnya jumlah dokter yang terdapat pada Halodoc ini mencapai lebih dari 2000 orang.

Bagi para pengguna yang merasa enggan konsultasi lewat fitur chatting. Tersedia juga bentuk konsultasi untuk para pengguna melalui panggilan video atau bisa juga lewat panggilan suara bersama dokter yang telah dipilih tersebut.

3. YesDok

Jika pengguna memakai aplikasi ini, maka pengguna tidak perlu lagi pergi ke tempat medis hanya untuk melakukan konsultasi saja. Sama dengan Aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memberikan pelayanan konsultasi via chat, serta Video Call, bahkan panggilan suara sekalipun. Beragam keluhan dapat diutarakan oleh pengguna kepada dokter.

Misalnya dengan keluhan alergi, bisa juga tentang vaksinasi, serta juga mengenai kehamilan dan lain sebagainya. Nilai tambah dari aplikasi ini adalah sistem chat yang dipakai. Yakni dapat melakukan penyimpanan dengan sendirinya. Oleh karena demikian pengguna dapat mengulang-ulang dalam hal pembacaan saran maupun nasihat yang diberikan oleh dokter.

4. Go-Dok

Dalam aplikasi ini telah tersedia fitur yang namanya ‘tanya dokter’. Dengan berbekal fitur tersebut pengguna bisa mengajukan sejumlah pertanyaan kepada dokter. Kemudian dokter akan memberikan respon dengan cara menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu masih terdapat fitur bernama ‘informasi kesehatan’ yang isinya berupa kumpulan dari beberapa artikel maupun video mengenai diet yang sehat, beragam obat dan lainnya.

5. Lokadok

Tidak jauh berbeda dari beberapa aplikasi untuk konsultasi yang lain. Lokadok juga memberikan layanan berupa kemudahan dari kebutuhan konsultasi kepada dokter yang dapat dilakukan dimana pun. Di aplikasi ini pengguna dapat menemukan dokter dengan spesialisasi masing-masing secara lebih gampang. Mulai latar belakang dari sang dokter hingga jadwal praktiknya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah bentuk aplikasi konsultasi dokter dalam bidang kesehatan. Pasalnya sehat merupakan sebuah anugerah serta nikmat terindah tiada tara yang diberikan oleh sang pencipta kepada para hambanya. Untuk itu sebagai manusia, menjaga nikmat tersebut cukup penting untuk dilakukan. Selain olahraga, konsultasi adalah hal penting supaya jika terindikasi penyakit tidak terlewatkan parah untuk ditangani.

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top