You are here

Penuh Perjuangan, Novak Djokovic Juara French Open 2021

Novak Djokovic Juara French Open
Bagikan Artikel Ini

Petenis  berkebangsaan Serbia, Novak Djokovic, baru saja meraih prestasi memuaskan di laga terbarunya. Setelah melewati serangkaian pertandingan, Novak Djokovic juara French Open 2021. Pencapaian ini tentu berhasil diraih dengan kerja keras dalam menghadapi lawan demi lawan. Namun Djokovic berhasil melewati perjalanan panjang tersebut dengan raihan podium pertama.

Taklukkan Tsitsipas

Djokovic dinyatakan sebagai juara setelah berhasil mengalahkan lawannya, Stefanos Tsitsipas. Dalam laga final tersebut, Djokovic menunjukkan pencapaian skor yang sangat memuaskan yakni 7-6 (8-6), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4. Begitu bersemangat, petenis berusia 34 tahun tersebut menumbangkan lawannya dengan penuh kerja keras.

Pertandingan yang berlangsung di Roland Garros, Paris tersebut mungkin terlihat mudah bagi para penonton dan pendukung Djokovic. Namun bagi sang petenis sendiri, laga final ini sama sekali tidak mudah untuk dilalui. Diakuinya bahwa ia harus bekerja keras untuk memenangkan laga tersebut dan meraih posisi pertama di French Open 2021.

Percaya Diri

Setelah keluar sebagai juara, Djokovic mengungkapkan bahwa fisiknya benar-benar lelah untuk menghadapi pertandingan tersebut. Disebutkan bahwa ia telah bermain hampir selama 9 jam dalam 48 jam terakhir. Dalam waktu tersebut ia telah bertanding melawan dua pemain hebat yang baginya sangat sulit ditaklukan. Pertandingan tersebut begitu menguras energi dan kekuatan fisiknya.

Meskipun merasa lelah, Djokovic mengaku bahwa ia selalu percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Ia percaya bahwa dirinya bisa melakukannya. Pria yang juga menjuarai Wimbledon pada tahun 2019 silam itu benar-benar bisa menaklukkan pertandingan final tersebut.

Dalam sesi wawancara setelah menjuarai French Open, Djokovic mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan fisioterapis yang menangani dirinya. Ia juga berterima kasih kepada semua orang yang mendampingi dirinya dalam perjalanan meraih gelar tersebut. Tentu tanpa ada dukungan dari keluarga, tim, juga suporter, tak akan ada pencapaian Novak Djokovic juara French Open 2021.

Sempat Melemah

Laga final yang berlangsung tanggal 14 Juni 2021 lalu tersebut memang tidak sepenuhnya mulus bagi Djokovic. Pada dua set pertama, ia empat dikalahkan oleh Stefanos Tsitsipas. Set pertama berlangsung sengit karena keduanya masih punya energi penuh. Bahkan keduanya mendapatkan skor imbang. Pada babak tie break, Tsitsipas kemudian unggul 8-6 dan memenangkan set pertama.

Di set kedua, Djokovic seolah kehilangan arah. Bahkan Tsitsipas bisa mengalahkannya dengan begitu mudah. Skor 6-2 atas keunggulan Tsitsipas menutup set kedua dan membuat posisi Djokovic semakin tertinggal. Barulah pada set ketiga, Djokovic berhasil membangkitkan semangat dalam dirinya.

Set ketiga menjadi awal mula bagi Djokovic memegang kendali permainan. Tak sulit bagi dirinya untuk memenangkan pertandingan. Lanjut ke set keempat giliran Tsitsipas yang performanya melemah. Tampak jelas bahwa pemain Yunani tersebut terlihat lelah menghadapi lawannya. Kondisi ini terus berlanjut hingga set penentu berakhir dan membuat Djokovic keluar sebagai juara.

Menambah Gelar

Praktis, catatan prestasi Djokovic kali ini menambah gelar yang dimilikinya. Pasca menjuarai French Open, Djokovic genap memiliki 19 gelar di ajang Grand Slam. Tahun lalu dirinya juga sempat menempati posisi pertama pada laga Australia Open. Kini hanya butuh satu gelar Grand Slam untuk bisa melampaui rekor raihan 20 gelar yang tercatat dimiliki oleh Nadal serta Roger Federer.

Novak Djokovic juara French Open bukan untuk pertama kali. Sebelumnya ia telah memenangkan ajang pertandingan ini pada tahun 2016 lalu setelah melawan Andy Murray di babak final. Setelah capaian gelar ini, Djokovic siap untuk mencatatkan prestasi lainnya di dunia tenis.

 

 

lilik sumarsih
Petualang,photographer dan penulis artikel tentang traveling dan alam liar

Leave a Reply

Top